Jumat, 14 Agustus 2009

7 alasan mengapa sebaiknya kita punya account email lebih dari satu

alasan punya account email

7 alasan yang saya maksud ini sangat penting diperhatikan jika anda adalah pemakai internet, entah hanya sebagai pengkonsumsi informasi dari internet, seorang blogger maupun internet marketer yang menggantungkan pekerjaannya lewat internet. Apa saja 7 alasan tersebut? Mari kita simak bersama alasan- alasan dibawah ini.

1. Nomor ponsel lebih dari satu
Alasan pertama adalah hampir sama dengan alasan mengapa orang sekarang banyak yang mempunyai nomor ponsel lebih dari satu. Yaitu karena masing-masing nomor punya peruntukan dan komunitas yang berbeda. Sama seperti email, jika anda buka email di Yahoo atau Hotmail tentu ada yang kurang bila belum buka account email di GMail agar bisa menikmati segala fasilitas gratis yang diberikan Google semacam Google Maps Latitude, Gtalk, Google Adsense, Blogspot dll.

2. Menggunakan Push Email
Bagi anda yang mengaktifkan aplikasi push email di ponselnya apalagi yang sudah berlangganan Blackberry Internet Service tentu amat sayang jika biaya berlangganan yang anda keluarkan tidak dimanfaatkan maksimal. Karena apa? Karena biaya berlangganan BlackBerry termasuk tidak murah untuk rata-rata kantong orang indonesia, apalagi BlackBerry sudah support sampai 10 accout emal (ditambah 1 lagi email dari operator) kedalam satu ponsel, maka sangat beralasan jika kita memasukkan lebih dari satu account email kedalam perangkat BlackBerry kita.

3. Menyelamatkan Email dari SPAM
Kalau boleh saya bilang hampir semua aktifitas di internet membutuhkan persyaratan meninggalkan jejak account email jika kita ingin melakukan hal-hal berikut: Contoh untuk download software freeware atau game gratis dari website pembuatnya, untuk berkomentar di Blog, untuk sign up ke website komunitas dll. Nah, seiring dengan tingginya aktifitas anda di internet maka alamat email anda tanpa bisa dihindari akan menjadi terkenal sehingga ujung-ujungnya bisa menjadi sasaran SPAM. Karena di internet alamat email adalah aset bagi para internet marketer, sama seperti pada bisnis offline yang berusaha mengumpulkan nomor telepon pelanggan karena bisa menjadi list tujuan SMS blasting promo-promo mereka. Karena SPAM sulit dihindari maka jalan terbaik adalah buat account email baru yang terpisah dari email utama anda yang berfungsi seperti keranjang sampah untuk menampung email SPAM ini.

4. Aktif di mailing list
Kalau anda pernah atau aktif ikut di mailing list, terutama bila anggotanya sampai mencapai ribuan, maka saya yakin anda pernah mengalami serbuan email masuk sampai puluhan bahkan bisa ratusan perhari. Nah, jika anda tidak punya email khusus untuk menampung email ini bisa dibayangkan betapa sesaknya tumpukan email yang masuk ke inbox anda jika anda hanya punya satu account email untuk menampung semua aktifitas surat menyurat di dunia maya.

5. Punya account di Paypal
Aktifitas di internet sekarang sudah merambah E-Commerce, maka aktifitas finansial seperti internet banking menjadi sesuatu yang tidak bisa dihindari jika ingin melakukan pembayaran di internet, salah satunya bertransaksi lewat Paypal. Meski Paypal sangat aman bukan berarti tidak ada celah untuk dibobol. Kalau anda pernah mendaftar account di Paypal maka alamat email yang dulu dibuat untuk ngedaftar selanjutnya akan menjadi Username anda. Bayangkan, jika anda tidak punya email khusus dan hanya memakai satu email yang dipakai untuk semua aktifitas anda di internet. Username anda akan menjadi sangat mudah ditebak oleh orang yang mau berniat jahat kepada anda. Dan ini tentu berbahaya karena pertahanan tinggal hanya satu lapis saja yaitu tinggal di password anda.

6. Bisnis online
Kalau anda seorang pelaku bisnis online di internet, tentu sangat paham dengan apa yang saya maksud. Dengan memiliki account email khusus maka akan memudahkan anda dalam memilah-milah mana email pribadi dan mana email yang terkait dengan bisnis anda sehingga tidak campur aduk menjadi satu.

7. Aktif di FaceBook
Jika anda cukup aktif di micro blogging seperti FaceBook, apalagi setting alertnya masih dalam kondisi default maka jangan salahkan kalau inbox anda dijejali banyak alert yang masuk ke email anda. Dan tentu ini sangat merepotkan jika anda hanya punya satu account email untuk menunjang semua aktifitas anda di internet. Dan satu lagi, ini yang lebih penting, Username anda yang berupa alamat email jika sudah terkenal di internet bisa menjadi sasaran hack orang yang berniat usil. Kalau sudah demikian, jangan harap bisa login lagi ke account Facebook.

Demikian posting saya kali ini. Mudah-mudahan info ini bermanfaat. Kalau ada yang bermaksud menambahkan atau mengoreksi saya persilahkan.


Bookmark and Share

7 komentar:

  1. punya 4 email
    tapi yang sering saya buka ya cuman dua
    masalahnya ga rajin mriksa satu-satu

    BalasHapus
  2. Analoginya mungkin hampir sama kalau kita punya beberapa blog, susah ngurusnya. Tapi kalau email rasanya lebih gampang, tinggal dipush aja pakai push email.

    BalasHapus
  3. Hai ..aq pngin bgt belajar adsense Google.Aq sdh daftar tp ampe skarng gak di approved...hik..hik..hik...Kenapa ya? Nisa bantu aq gak?

    Toko Laptop, Personal Weblog

    BalasHapus
  4. Mbak Weti, ini sekedar sharing pengalaman aja. Sebelum daftar Google Adsense sebaiknya harus punya blog, lebih disukai dan mudah diapprove pakai blogspot, isi blognya dengan beberapa postingan dulu di dalamnya.

    Kalau isi artikel blognya bisa pakai bahasa inggris akan lebih baik. Dan jangan lupa isi juga blognya dengan beberapa program affiliate lain seperti dari Amazon, LinkShare, CJ dll dan pasang widgetnya dalam blog.

    Dan setelah itu, cobalah mendaftar lagi ke Google Adsense. Mudah2an bisa diterima.

    Ada lagi cara lain yang cukup ampuh, tapi pakai cara ini agak mahal karena harus keluar duit dulu. Yaitu daftar dan beriklan dulu lewat Google Adword, baru kemudian daftar Adsense. Yang pakai cara ini lebih mudah disetujui.

    Demikian sharing dari saya, semoga bisa sedikit membantu.

    BalasHapus
  5. hmm..
    nice info bro..
    saat ini punya banyak email..
    kadang sampe lupa username nya apaan..hehehhe

    BalasHapus
  6. punya blog 21, tapi yang hidup cuma 7,,,

    yang lain males.. biar jadi zombie aja hehe

    Tutorial dan rahasia blogger

    BalasHapus
  7. punya blog 21, tapi yang ane urus cm 7 ajah, males hehe
    yang lain biar jai zombie

    tIPS Blogger

    BalasHapus