Selasa, 08 September 2009

Where am I

Google Maps latitude

Jika anda sudah mengaktifkan Google Maps Latitude di ponsel anda- jika belum dan bermaksud mengaktifkannya silahkan baca dulu posting Bagaimana Memantau Orang Yang Anda Cintai- mungkin suatu ketika terlintas suatu keinginan bagaimana kalau saya ingin share location ke orang lain tapi tanpa harus approve dan menjadi teman lebih dulu dalam Google Maps Latitude? Jawabannya bisa. Nah berikut adalah cara untuk mengaktifkannya di internet agar your location anda bisa dilihat orang lain.

Caranya sangat mudah, anda tinggal ambil kode htmlnya dari Google. Ambil kodenya di link berikut ini: http://www.google.com/latitude/apps/badge kemudian silahkan login dulu dengan account Google anda lalu pasang widget Google Maps Latitude ke Blog anda. Kalau anda ingin meresize besar widgetnya, anda tinggal reduce, rubah dimensinya sesuai kehendak anda.

Nah, dengan begitu nantinya dimana pun posisi anda akan selalu terupdate dan bisa dilihat orang lain dengan jalan mengakses URL yang ada di Blog anda tempat widget tersebut berada.

Kalau ingin lihat contohnya silahkan lihat image My Position saya di Google Maps Latitude dibawah ini.



Namun bagaimana kalau anda ingin share location tapi ingin agar position anda tidak ditampakkan secara detil lokasi daerahnya dimana? Maaf, mungkin ini khusus orang yang menghendaki privacy. Jawabnya bisa. Google Maps Latitude memberikan 3 (tiga) pilihan setting sebagai berikut:

1. Disable Google Public location Badge
2. Enable and show city-level only
3. Enable and show best available location.


Pada pilihan setting yang ke-3 ini adalah opsi jika anda ingin share location secara best available location. Yaitu Google Maps Latitude menunjukan posisi keberadaan anda secara detil lokasi daerahnya berada dimana. Dan pada pilihan setting yang ke- 2 adalah bilamana anda hanya ingin share location pada kedalaman atau level kotanya saja, tidak ditunjukkan lokasi daerahnya dimana.

Namun satu hal yang ingin saya sampaikan sebelumnya, Google Maps Latitude mempunyai deviasi (penyimpangan) lebih tinggi dari GPS (Global Positioning System) beneran karena untuk penentuan lokasinya hanya berdasarkan bantuan dari provider jaringan telepon seluler, bukan dari bantuan satelit seperti halnya pada GPS. Jadi jangan heran terkadang lokasinya bisa melenceng sampai beberapa ratus meter. Tapi sebagai mainan teknologi gratis, Google Maps Latitude sudah cukup lumayan experience untuk diaplikasi kecuali kalau anda adalah bagian dari tim SAR maka mainan ini sangat tidak cocok buat anda karena kurang akurat.

Anda tertarik? Selamat mencoba!


Bookmark and Share

5 komentar:

  1. saya tertarik..tapi koq kayaknya repot ya..hehehehe
    salam kenal..
    salam rimba raya lestari

    BalasHapus
  2. dedenia72: Gak terlalu ribet, kok. Mirip seperti pasang widget aja, Mbak. Cuma ya itu ponselnya harus mengaktifkan Google Map Latitude dulu.
    Fuad: Silahkan, Mas Fuad. Siapa tahu suatu saat kesasar sehingga Tim SAR gampang mencari Mas Fuad. He2

    BalasHapus
  3. tapi kok mas joko di thailand tuh?

    BalasHapus
  4. Rohani Syawaliah:
    Mau pindah lagi ke Amerika dalam sekejap juga bisa. :D

    BalasHapus