Kamis, 03 September 2009

9 jangan yang harus dihindari di dunia blogging

9 larangan blogging

Dalam dunia social networking di internet kita mengenal ada dua media untuk berinteraksi dengan orang lain. Yaitu dunia blogging (ngeblog) dan microblogging. Situs seperti Facebook, Twitter, Plurk, MySpace, Jaiku dll ini adalah beberapa contoh yang termasuk dalam kategori microblogging. Sementara Blogspot dan wordpress adalah contoh media untuk blogging.

Meski antara blogging dan microblogging ada sedikit perbedaan namun secara umum keduanya mempunyai banyak persamaan. Sama seperti persamaan etika dalam kehidupan sosial di kehidupan nyata, di dunia online dalam social networking internet juga berlaku etika atau sopan santun yang harus dipatuhi agar kita terhindar dari konflik dengan orang lain. Apa saja etika tersebut? Berikut adalah 9 (sembilan) jangan yang harus dihindari di dunia blogging:

1. Jangan berkomentar negatif
Berkomentar negatif dalam blog atau status orang lain hanya akan memicu polemik dan konflik di dunia maya. Maka berkomentarlah yang baik-baik dan positif. Lalu bagaimana kalau kita menemui pendapat atau status yang negatif dalam sebuah blog? Hanya ada dua pilihan, ingatkan dengan cara sopan atau diam dan pergi. Karena toh diluar sana masih banyak blog lain yang isinya lebih positif daripada membuang-buang energi kita dengan menanggapi status atau pendapat yang negatif.

2. Jangan nyepam
Sesuatu yang sangat tidak disukai semua blogger adalah diSPAM. Maka jangan sekali-kali anda nyepam blognya orang lain kalau tidak ingin diSPAM balik. Apa saja yang termasuk kategori SPAM? Mengganti nama dalam komentar dengan judul posting atau kata kunci isi blog anda, membuat kata-kata marketing yang memancing serta Ghost Link di dalam kata kunci dalam komentar dengan maksud untuk mendapatkan backlink gratis, dan satu lagi berkomentar dengan kata-kata yang pendek yang terlalu umum dll.

3. Jangan COPAS
Sesuatu kedua yang tidak disukai semua blogger selain diSPAM adalah artikel postingnya di-COPAS (copy paste) atau dijiplak oleh orang lain tanpa ijin. Karena artikel di blog adalah sebuah hasil karya pemikiran orang lain maka kedudukannya sama seperti sebuah hasil karya hak cipta lainnya. Hormati dan hargai hasil pemikiran kreatif orang lain. Jika anda tertarik ingin mempublish ulang artikel orang lain, mintalah ijin lebih dulu kepada pemilik blognya.

4. Jangan menggurui
Jangan membuat kata-kata status atau posting artikel di blog yang terkesan menggurui abis. Sebuah artikel posting yang bentuk kata-katanya berupa narasi, ada dialog, pemaparan dan model seperti tips lebih banyak disukai orang daripada menulis seperti gaya guru TK yang mengajari murid-muridnya. Mengapa? Karena audien pembaca blog di internet lebih universal dan tidak jarang pembacanya malah adalah orang-orang yang lebih pandai dari kita.

5. Jangan menyebar kebohongan
Kalau ingin memancing reaksi keras di internet maka buatlah sebuah kebohongan besar yang bertentangan dengan fakta dan pendapat umum. Dan sebaliknya jika ingin aman dari konflik hindari, jangan menyebar kebohongan. Contoh yang paling hot news sekarang adalah klaim kebohongan negara Malaysia yang mengakui kalau tari Pendet Bali adalah kepunyaan mereka. Dan berita terakhir yang saya terima di milis, hal ini sampai memancing solidaritas para Cracker Indonesia untuk nge-Hack situs-situs Malaysia.

6. Jangan pergi tanpa jejak
Dalam dunia blogging ada aturan atau etika tidak tertulis, jika blog kita dikunjungi blogger lain maka kita punya kewajiban untuk melakukan kunjungan balik ke blog mereka lewat jejak yang ditinggalkan dalam komentar. Sama juga dalam microblogging seperti Facebook misalnya. Jika anda sering buat status dan selalu ramai dikomentari oleh teman-teman anda maka timbal baliknya anda harus juga berlaku adil untuk peduli dan mengomentari status teman anda. Kecuali kalau anda adalah blogger seleb atau artis maka aturan ini tidak berlaku.

7. Jangan berkomentar asal-asalan
Sependek apapun, meski hanya berupa memo atau beberapa paragraf saja isi posting sebuah blog tapi itu adalah merupakan buah pemikiran orang lain. Maka berkomentarlah dengan kata-kata yang baik dan sopan, boleh diselipi humor tapi jangan sekali- kali berkomentar asal-asalan. Ingat, pemilik blog tidak jarang bukan orang biasa tapi tidak sedikit dibalik sebuah blog, bloggernya adalah seorang profesional yang sangat ahli di bidangnya.

8. Jangan sok pintar
Jangan pernah mengklaim diri sebagai orang yang paling pintar sendiri di internet karena ini berakibat anda menjadi tidak punya teman di internet karena orang lain akan ogah berteman dengan blogger seperti ini. Maka tips saya agar tidak dikatakan sok pintar maka berilah ruang seperti kata-kata penutup di akhir setiap posting dengan pernyataan bahwa posting artikel anda terbuka untuk dikoreksi oleh orang lain. Karena hakekat ngeblog pada dasarnya adalah mengutarakan pendapat dan berdiskusi dengan orang lain, bukan seperti web statis generasi Web 1.0 yang kontennya didominasi oleh pembuat website tanpa ada ruang buat para pembacanya.

9. Jangan menulis berbau SARA
Menulis topik yang berbau SARA sangat rawan terjadi konflik dan dapat menyinggung golongan tertentu. Karena di internet pembacanya adalah semua golongan jadi apa yang menurut keyakinan dan golongan anda benar belum tentu benar juga di mata orang lain. Maka hindarilah topik yang mengandung unsur SARA.

Demikian kurang lebihnya beberapa etika dalam dunia social networking di internet yang perlu dihindari. Sekian posting saya kali ini, Jika ada yang bermaksud menambahkan atau mengoreksi posting saya, saya persilahkan.


Bookmark and Share

2 komentar:

  1. haah...mantap nih tipsnya...siap mas akan saya laksanakan ....

    BalasHapus
  2. He...he...terima kasih pencerahannya ya Mas :)

    BalasHapus