Kamis, 17 September 2009

Bagaimana jika kehilangan ide menulis

ide menulisSebagai penulis atau seorang blogger adakalanya suatu saat anda kehabisan ide untuk menulis. Nggak peduli anda adalah seorang blogger gaek atau seorang jurnalis yang piawai dalam menulis, yang namanya kehilangan ide suatu saat akan mampir dan dialami oleh semua orang, tak terkecuali saya juga. He…. He….

Yang jadi masalah sekarang bagaimana jika kehilangan ide menulis? Bagaimana cara memancing atau merefresh kembali ide- ide tersebut dari pikiran kita kemudian menuangkannya kedalam sebuah tulisan?

Berikut adalah beberapa sharing tips pengalaman saya yang saya sarikan dari beberapa blog teman serta dari berbagai sumber buku bacaan yang pernah saya baca tentang teori kepenulisan:

Image atau video unik
Mencari image atau video unik di internet kemudian direview di blog. Ini adalah salah satu cara mudah untuk membuat tulisan. Karena gambar atau video unik selalu menarik untuk diceritakan. Ringan tapi sudah cukup lumayan buat sebuah suguhan menyegarkan pembaca blog anda. Bahkan gaungnya malah tak jarang sangat menyentuh emosi audien pembaca blog anda seperti halnya pada artikel berat yang berbobot. Ingin tahu blogger yang gaya penulisannya seperti ini? Coba berkunjung di blognya Paman Tyo atau blognya Yep. Pada blog Paman Tyo, dia malah menyebut tulisan blognya sebagai "Hanya sebuah memo. Tak penting, tapi boleh dibaca." Memang sepintas kelihatan sepele hanya gambar kemudian direview dengan tulisan pendek mirip sebuah memo. Tapi jangan salah reviewnya selalu memikat dan cukup menarik hati saya untuk mengunjungi blognya hampir setiap hari.

Dan Yep, siapa yang tidak tahu dengan blog Ada Apa Dengan Yep, blog yang sering muncul di halaman Popular Todaynya Wordpress ini. Dia (Yep) juga sering mereview gambar-gambar unik dan sangat produktif sekali dalam menulis. Bayangkan sehari bisa sampai 3-4 posting, itu sangat luar biasa menurut saya sehingga dalam relatif waktu singkat Google memberikan apresiasi Page Rank 4 pada blognya. Nah, andapun bisa sedikit meniru gaya mereka sesekali jika kehilangan ide.

Angkat Hot News
Masih juga kehabisan ide buat menulis? Silahkan blog walking dulu sebentar ke blog para blogger lain, lanjutkan dengan lihat-lihat cari topik apa yang lagi Hot News hari ini di Yahoo News, Google News atau media lokal di internet seperti dari Kompas, Detik com, Okezone, Kapanlagi com dll. Kemudian pilih salah satu topik yang terhangat dan paling menarik menurut anda, selanjutnya tulis atau publish ulang di blog anda. Ingat, jangan dicopas abis tapi silahkan dimodifikasi dan dikompilasi beritanya, ubah gaya penulisannya sesuai sudut pandang anda. Dan selipkan sedikit opini anda disitu. Sim salabim maka jadilah tulisan menarik untuk ditulis di blog anda. Ingin contoh model tulisan seperti ini? Silahkan berkunjung di blognya Ndoro Kakung. Di blog Ndoro Kakung tak jarang topik tulisan yang diangkat adalah seperti ini, Hot News atau isu-isu yang lagi in dibicarakan banyak orang.

Cerita pengalaman
Andrias Harefa dalam bukunya yang berjudul Presentasi Efektif menjelaskan menceritakan pengalaman pribadi yang traumatis atau dramatis bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk merebut perhatian audien di awal presentasi. Nah, begitupun dalam penulisan sebenarnya juga sama seperti seni berbicara. Silahkan anda gali ide-ide anda berdasarkan cerita pengalaman orang lain atau dari pengalaman anda sendiri. Saya yakin semua orang pernah mengalami pengalaman yang menarik untuk diterbitkan sebagai tulisan. "Jika anda mendapatkan sebuah cerita, jagalah sebaik-baiknya. Belajarlah untuk menyampaikannya kepada orang yang membutuhkannya. Untuk dapat bertahan hidup kadangkala seseorang lebih membutuhkan cerita daripada makanan." Demikian kata BARRY LOPEZ - pengarang buku Arctic Dreams. Jadi sekali lagi galilah pengalaman anda.

Topik apa saja
Setiap blogger punya kecenderungan akan membatasi atau menulis topik tertentu pada blognya sesuai dengan minat, bakat, hobinya, latar belakang pendidikannya atau latar belakang profesinya. Jarang blogger yang menulis diluar lingkaran topik dengan tema sesuai dengan kriteria tersebut. Karena memang sulit untuk menulis sesuatu yang tidak kita sukai dan bukan merupakan bidang keahlian kita. Namun adakalanya sesekali kita boleh menulis topik yang lain daripada yang lain, tidak sesuai dengan kriteria diatas. Kalau ada topik yang menarik untuk ditulis kenapa tidak kita tuangkan dalam postingan meskipun topiknya nanti tidak sesuai dengan pakem tema blog anda? Jadi jangan kaku “take easy” aja.

Banyak membaca
Tidak ada satu pun orang di dunia ini yang pintar menulis tanpa diawali dengan proses banyak membaca. Sama juga seperti proses berbicara, tidak ada orang lahir langsung mahir berbicara tanpa diawali dengan proses mendengar lebih dulu. Yang namanya membaca tidak hanya diframe sebatas pengertian konvensional membaca buku saja tapi bisa juga kegiatan mengamati orang lain, mengamati alam sekitar, mendengarkan orang lain. Nah, sering ide-ide segar biasanya muncul dari proses seperti ini maka galilah untuk bahan tulisan anda.

Blue Ocean Strategy
Kalau diawal tadi saya menyebutkan angkat Hot News untuk menggali ide dalam menulis maka pada tingkat lanjut sesekali lakukan sebaliknya, angkat tema-tema perawan- ini yang saya maksud dengan Blue Ocean Strategy dalam menulis- yang jarang diulas di blog atau di internet. Coba tanya diri sendiri apa yang menarik minat anda tapi kira-kira belum terpikirkan oleh semua orang. Tidak usah takut seperti Gus Dur yang kadangkala kontroversial karena ide-ide yang dilontarkannya kadangkala nyleneh dan belum terpikirkan oleh semua orang. Sesekali bolehlah menjadi blogger futuris tidak ada salahnya. Tapi kalau tidak, contohlah Afandi, pelukis dari Jogja itu sangat gemar melukis kuda. Meski banyak pelukis lain melukis kuda yang sama tapi Afandi tetap punya sisi kreatif yang menarik dalam melukis kuda yang berbeda dari pelukis lain. Inilah proses kreatif. Dan menulis harusnya juga demikian. Jadi jangan terkotak dengan sesuatu yang umum aja. Tema boleh sama tapi anda tetap punya sisi kreatif yang membuat berbeda. Galilah kembali ide-ide kreatif anda yang seperti ini. Ingat Blue Ocean strategy.

Untuk tahap awal dalam belajar menulis saya lebih menyarankan hindari dulu ambil topik yang bertema perawan, baca Blue Ocean Strategy. Kenapa? Karena pada tema seperti ini menuntut kreatifitas dan kesulitan tinggi dalam menuliskan idenya sebab jarang diangkat orang lain. Sebuah tema yang masih perawan atau original tentu tidak mudah untuk dicari sumber referensinya. Namun keuntungannya artikel dengan tema seperti ini sangat diperhitungkan oleh search engine karena sedikitnya pesaing dengan tema yang sama di jagat raya internet dan sangat bagus untuk Personal Branding yang menunjukkan eksistensi anda karena anda menjadi berbeda dari blogger kebanyakan yang lain.

Nah, akhirnya mudah-mudahan sharing saya ini bisa bermanfaat dan mencerahkan anda yang kebetulan lagi kehabisan ide buat menulis. Kalau ada yang berniat untuk menambahkan atau mengoreksi tulisan saya dengan senang hati saya persilahkan.


Bookmark and Share

2 komentar:

  1. owh gitu yah..
    baru tau,maklum ak newbie di dunia blogging mas..
    thanx 4 share :)

    BalasHapus
  2. I have the same opinion with most of your points, but some need to be discussed further, I will hold a small conversation with my buddies and maybe I will ask you some opinion shortly.

    - Henry

    BalasHapus