Sabtu, 20 Maret 2010

Berapa Perkiraan Umur Hidup Anda?

Promo SMARTApakah Anda tidak tergoda dengan salah satu iklan provider telpon CDMA ini? Sebuah Iklan yang sangat bombastis kalau menurut saya. Betapa tidak? Penawaran yang diberikannya sungguh sangat menggiurkan. Gratis! Sepuasnya Seumur Hidup untuk akses Facebook, Chatting dan Browsing.

Penawaran tersebut bukan penawaran main-main tapi memang benar, tapi syaratnya asal Anda browsing dan akses Facebook-nya menggunakan Opera Mini dengan menggunakan ponsel dan simcard dari operator CDMA yang diiklankan tersebut. Kalau Anda ingin tahu detil selengkapnya silahkan baca disini. Dan jika tertarik buruan apply karena promo ini hanya berlaku untuk aktivasi sampai dengan 31 Maret 2010.

Terlepas penawaran ini menarik, yang perlu saya garis bawahi adalah kata-kata yang cetak tebal gede warna merah yang mengatakan Gratis! Sepuasnya Seumur Hidup. Kalau yang dimaksud seumur hidup adalah seumur hidup Anda atau saya, si pemakainya, dan yang menjadi parameter adalah AHH (angka harapan hidup) orang Jogja, luar biasa. Itu artinya bisa gratis selama 73 tahun. Bukankah ini tidak luar biasa?

Anda boleh saja berbeda pendapat dengan saya dan menerjemahkan kata-kata iklan tersebut tidak sesuai gambaran saya diatas, yaitu Gratis! Sepuasnya Seumur Hidup orangnya. Tetapi kalau saya sendiri menginterpretasikan iklan tersebut, memang bukan seperti itu. Bukan gratis seumur hidup umur orang atau pemakainya, tapi cuma gratis seumur hidup dari umur ponselnya aja.

Mengapa bisa begitu? Ponsel adalah jenis barang elektronik. Berapa, sih paling banter umur sebuah barang elektronik? 5 tahun? 10 tahun? 50 tahun? Atukah bisa sampai 100 tahun?

Rasanya mustahil ada barang elektronik apalagi ponsel bisa tetap awet dan tidak rusak-rusak dipakai diatas 10 tahun? Tak terkecuali ponsel buatan Samsung tersebut. Itu alasan pertama.

Alasan kedua, Saat ini boleh jadi Facebook memang masih sangat populer sehingga masih bisa menjadi daya tarik. Tapi adakah teknologi yang tetap abadi selamanya? Atau tidak mengalami perubahan sama sekali selama 5 atau 10 tahun kedepan?

Kalau Anda adalah orang IT atau pengamat teknologi, rasanya hampir tidak ada teknologi yang tetap diam di tempat, statis tanpa perubahan apapun selama rentang waktu selama itu, tak terkecuali Facebook dan Opera Mini yang dibundling dalam ponsel tersebut. Karena Facebook dan Opera Mini adalah sebuah produk teknologi. Bisa jadi 5 atau 10 tahun kedepan teknologinya bisa menjadi jadul dan ganti dengan situs social media atau browser lain yang terbarukan. Siapa yang bisa menjamin Facebook dan Opera Mini tetap eksis selama itu?

Kesimpulannya, karena kedua alasan tersebut, bolehlah saya menyimpulkan bahwa kata-kata yang dimaksud seumur hidup tersebut adalah seumur hidup ponselnya, bukan seumur hidup saya atau Anda. Jadi pertanyaan yang ada dalam judul artikel ini: "Berapa Perkiraan Umur Hidup Anda?" Saya harap Anda tidak perlu lagi repot-repot apalagi coba main tebak-tebakan dengan saya tentang umur hidup Anda. He.... He....He......


PS: Semoga Anda tetap bijak menyikapi tawaran menarik tersebut.




Bookmark and Share

10 komentar:

  1. ada ada aja iklan di negeri ini,salam kenal

    BalasHapus
  2. wah bener mas...
    ak gk kepikiran smpe gtu...
    orang2 pemasaran ini ada2 aja ideny..
    hahahhaa...
    nice XD

    BalasHapus
  3. terkadang kita lupa untuk bersikap kritis terhadap apapun yang ada di sekitar kita. Sangat sering kita menerima semuanya sebagai taken for granted. Bahasa iklan memang begitu! tapi bersikap kritis bisa jadi pilihan bijak :)

    BalasHapus
  4. belajar investasi: Namanya juga iklan. He...He....

    Phuad: Awalnya aku juga sama, gak kepikir sampai kearah situ, tapi setelah aku telaah lama, kok jadi aku berpikir: Memang ada orang pakai ponsel setia sampai mati, nggak ganti-ganti?

    Anis Fahrunisa: Selama saya masih ngeblog, mudah-mudahan saya tetap kritis, Mas Anis, tidak mau dibodohi begitu aja. Termasuk oleh iklan. He...He....

    BalasHapus
  5. Maklum aja lah mas, itu kan kata-kata periklanan supaya orang membeli produknya. Berbohong kah dia? yang enggak dong, dia kan nggak nyebutin "seumur hidup kamu". Tapi "seumur hidup", artinya bisa banyakkan. ^^
    Lam kenal gan

    BalasHapus
  6. Saat ini Opera Mini mendapat saingan karena Firefox baru meluncurkan mobile browser-nya. Jadi ada kemungkinan pengguna setia Opera Mini akan pindah menggunakan Firefox jika browser itu lebih mudah digunakan.

    HP Nokia saya bertahan di tangan saya enam tahun, lalu batrenya rusak. Saya tidak tahu apakah Samsung bisa bertahan sampai selama itu.

    Satu hal yang tidak saya sukai dari CDMA adalah operator Indonesia-nya belum bisa memperluas akses jaringannya keluar negeri. :-D

    BalasHapus
  7. Tapi saya menterjemahkannya beda mungkin mas, iklannya kan ..."Sepuasnya seumur hidup", di buat rancu kayaknya, yang seumur hidup itu pengunanya, atau seumur hidup perusahaannya, sapa tau umur perusahaannya juga gak lama lagi,mas, heheheeh

    BalasHapus
  8. Fikar: Salam kenal juga, Mas Fikar. Hem, saya bukan orang Marketing, Mas tapi meski kalimat itu tidak menunjuk secara spesifik kepada siapa tapi bahasa Marketing secara umum adalah Customer Oriented, kita yang disebut, jadi yang dimaksud Seumur Hidup tentu adalah orang atau calon pelanggannya.

    Vicky Laurentina: Saya jadi kepikiran bukan tidak mungkin suatu saat Firefox akan menyalip Opera Mini seperti halnya dominasinya pada browser PC.

    Betul, Mbak Vicky, sampai saat ini rata2 orang memakai ponsel CDMA hanya sebagai secondary ponsel. Salah satu alasannya adalah terbatasnya fungsi seperti yang Mbak Vicky sebut, tidak bisa International Roaming, disamping juga belum menjangkau ke semua daerah.

    Mas Lintang: Saya malah nggak kepikiran gimana kalau perusahaannya bangkrut, Mas Lintang. Hi...Hi....Kalau sampai bangkrut berarti yang bener Seumur Hidup Perusahaannya, bukan penggunanya. He2

    BalasHapus
  9. hahaha...namanya juga iklan, seringnya emang g nalar, yang penting bikin orang tertarik beli produknya, hehehe....salam kenal mas..

    BalasHapus
  10. adin: Kalau iklan ya selalu begitu. Sing penting jualan, orang tertarik. Masalah nalar dan tidak urusan belakangan. He...He...

    BalasHapus