Jumat, 12 Maret 2010

Blog Peduli Energi

Energy saving modeManusia peduli energi mungkin sudah terlalu biasa dan tentu sudah seharusnya, tetapi bagaimana kalau yang peduli energi itu adalah sebuah Komputer, atau tepatnya sebuah webblog di internet?

Saya coba menebak ide awal Blog Peduli Energi ini bisa jadi karena melihat kebiasaan orang dalam berinternet. Karena hampir semua browser saat ini sudah support untuk dipakai browsing secara multitab sekaligus, saya yakin rata-rata Anda yang sering berinternet pasti langsung membuka atau browsing beberapa halaman sekaligus. Kebiasaan ini memang lebih efisien untuk menghemat waktu dan lebih efektif daripada membuka halaman web satu persatu. Mengapa? Karena tidak semua halaman web bisa cepat dibuka, entah karena load dari server webnya yang memang lama atau bisa juga karena Speed Koneksi Internet Anda yang memang lemot, sehingga agar proses berinternet tidak menjemukan maka saat waktu menunggu loading bisa disambi sambil melihat halaman web yang lain. Makanya, ada pendapat yang mengatakan agar blog Anda tidak ditinggal atau di-close pengunjung, usahakan waktu loading blog Anda tidak lebih dari sepuluh detik.

Kebiasaan tersebut mungkin sedikit mirip dengan kebiasaan Anda menonton TV. Yaitu saat TV menampilkan jeda iklan, kebiasaan orang secara umum juga akan pindah-pindah channel untuk menengok acara stasiun TV yang lainnya.

Terkait dengan kebiasaan berinternet dan menggunakan komputer tadi kalau dilihat dari kaca mata Energy Saving justru malah sebaliknya, bukan efektif dan efisien lagi tapi malah menjadi boros energi. Jika sebuah komputer dipakai untuk multitasking, membuka banyak aplikasi sekaligus atau meload halaman web lebih dari satu maka kerja prosesor akan menjadi lebih berat. Itu artinya prosesor dipaksa kerja ke level yang lebih tinggi dari level performance normalnya sehingga otomatis butuh Energi yang juga lebih tinggi pula.

Dan rupanya, perilaku itu kemudian ditangkap oleh salah seorang master blogger lewat blognya. Kemarin saat saya blogwalking ke blognya Paman Tyo tanpa sengaja saya melihat tampilan blognya memunculkan tampilan blank Energy Saving Mode saat beberapa detik saya tinggal untuk browsing ke halaman web lain. Saya sempat terkejut saat menggerakkan mouse tiba-tiba blank screen di komputer saya bergerak memunculkan halaman web kembali setelah sejenak tampilannya sempat blank.

Kalau Anda penasaran atau sekedar ingin tahu tampilan Blog Peduli Energi itu seperti apa, silahkan langsung aja berkunjung kesana.




Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar