Sabtu, 02 Juli 2011

Telkomsel Diam-diam Curang Dalam Paket Promo simPATI Gratis Internet Berjam-jam

Pagi tadi saya mengirim DM (direct message) ke official Twitter Telkomsel. Ya, kebetulan kami memang sudah saling follow sehingga saya bisa kirim DM ke Twitter Telkomsel. Isi DM saya ada 5 (lima) poin yang berisi protes saya mewakili keluhan sahabat blogger saya Mas Hoeda Manis, serta beberapa pengunjung blog saya mengenai perubahan terminate session pada Paket simPATI Gratis Internet Berjam-jam. Bunyi pesan DM yang saya kirim seperti gambar berikut:

DM TwitterDan lewat Twitter saya juga kirim mention ke Telkomsel yang intinya sama, saya mohon agar ditanggapi protes saya. Saya memberi warning sampai dengan sore hari ini agar ditanggapi.

Namun apa kenyataannya? Meski saat saya menulis posting ini jam sudah menunjukkan pukul 20:00 WIB. Artinya, waktu sore telah lewat tetapi pihak Telkomsel benar-benar tak mengindahkan pesan saya di Twitter.

Oke, jadi sesuai dengan komitmen saya, lewat posting ini saya ingin memberitahukan kepada Anda semua bahwa ternyata kali ini Telkomsel benar-benar bermain curang. Telkomsel telah merubah paket promo yang celakanya masih begitu gencar diiklankannya. Promo simPATI Gratis Internet Berjam-jam ternyata kini menjebak sekaligus menipu pelanggan. Telkomsel dengan seenak udelnya merubah ketentuan promo gratisnya.

Paket internet yang awalnya dijanjikan gratis ternyata prakteknya sudah tidak gratis sepenuhnya lagi. Tapi sudah dirubah per 10 menit sekali atau per 5 MB transfer datanya berhenti. Artinya, jika Anda ingin menikmati gratis internetnya sekarang harus sering-sering melakukan connect dan disconnect berkali-kali. Jika tidak koneksi akan berhenti. Ini sungguh berbeda dengan waktu pertama kali promonya dilounching bulan April 2011 lalu. Dulu, Telkomsel tak pernah melakukan terminate session yang sampai menghentikan koneksi datanya.

Mengapa saya sampai berani mengatakan Telkomsel menjebak dan menipu? Karena saya melihat di websitenya samasekali tak ada TOS (Terms of Service) penjelasan atau ketentuan yang menjelaskan perubahan tersebut. Silahkan Anda lihat bukti screnshotnya yang saya ambil dari website Telkomsel sore tadi.

simPATI Berjam-jamKalau Anda ingin lebih jelas, baca artikel Mas Hoeda Manis disini untuk buktinya. Juga, kesaksian beberapa pengunjung dalam kolom komentar di artikel saya yang mengulas tentang Paket simPATI Gratis Internet Berjam-jam. Baca artikel “Paket simPATI Gratis Internetan Berjam-jam Ternyata Berlaku Buat Internet Lewat Komputer”.

Nah, lewat tulisan ini saya ingin menyatakan complain keras kepada pihak Telkomsel, serta sekaligus sebagai atas nama pribadi yang pernah menulis review, dan Advertorial yang mewakili Telkomsel, saya memohon maaf kepada Anda para pengunjung blog saya. Saya terpaksa harus meralat kedua artikel saya yang berjudul: “Tawaran Menarik Dari simPATI freedom, Mau?” dan “Paket simPATI Gratis Internetan Berjam-jam Ternyata Berlaku Buat Internet Lewat Komputer”. Karena apa yang saya tulis (review) di artikel itu sudah tidak sesuai dengan prakteknya lagi. Sebab secara sepihak Telkomsel sudah merubah ketentuan pada Paket simPATI Gratis Internet Berjam-jam tersebut.

Terakhir, kepada orang management Telkomsel yang kebetulan mampir dan membaca posting ini saya mohon dengan hormat Anda bisa memberikan penjelasan kepada kami atas perubahan tersebut.

Update 6 Juli 2011:
Jika Anda ingin membaca tanggapan resmi Telkomsel terkait posting ini silahkan baca artikel "Tanggapan Telkomsel Terkait Complain simPATI Gratis Internetan Berjam-jam".


Bookmark and Share

51 komentar:

  1. Ya, saya baca tulisan Mas Hoeda itu, dan akhirnya di sini muncul juga. Saya bukan pengguna Telkomsel, tapi bayangkan saja kalau cuma dengan Rp 5.000,00 cuma dapat 5MB? Itu sih Rp 1/KiB, dapat apa? Ngupdate Firefox saja pasti ndak sanggup.

    Saya juga sudah terminasi kontrak saya dengan Indosat, mungkin nanti saya ceritakan di blog lagi.

    BalasHapus
  2. wah ngelar tiker dulu ah nyimak tanggapan pihak terkait

    BalasHapus
  3. Pak Joko memang mantap. .
    saya perlu belajar dengan anda pak..
    Makanye jangan main2 sama custumer profesional apalagi custumernya seorang blogger sekelas pak Joko..
    Saya juga mw gelar koran,mw nunggu tanggapan telkomsel..
    Seperti apa?
    atau ada kesalahan atau ada kelalaian yang bisa di maklumi ..
    Kita tunggu jawabannya . . .hehe

    BalasHapus
  4. Wah, saya malah baru tahu kalau problem hidup-matinya koneksi internet SimPATI itu karena perubahan kebijakan per 5 MB itu. Pantesan saya harus melakukan connect-disconnect terus-menerus.

    Sebelum menulis post itu, saya juga sudah mencari pemberitahuan atau apa pun menyangkut hal tersebut di web Telkomsel, tapi nggak ada pemberitahuan apa-apa. Jadi, kalau memang kenyataan ini disebut kecurangan atau penipuan, ini memang kecurangan atau penipuan--karena iklannya masih berlangsung. Yang saya sayangkan, praktek tak terpuji seperti ini dilakukan oleh operator yang mengklaim diri sebagai terbesar dan terbaik di Indonesia.

    Kapan ya, operator di Indonesia bisa jujur dan bertanggung jawab pada pelanggan/konsumennya?

    BalasHapus
  5. Cahya:
    5 MB kalau itu digunakan buat browsing di PC itu hanya sak klemetan (sebentar) langsung habis. Betul sekali, Mas.

    Oke, Mas Cahya saya tunggu sharing ceritanya tentang Indosat.

    Andi Sakab:
    Saya lagi-lagi terpaksa nulis ini, Mas Andi. Gimana lagi hampir seminggu saya nanya ke teman saya yang di Grapari tapi belum ada jawaban juga. Sementara saya tak bisa tutup mata karena punya tanggung jawab moral kepada pengunjung yang tanya di artikel review saya.

    ada-akbar.com:
    Sama seperti jawaban saya kepada Mas Andi, saya juga ndak enak sebetulnya bolak-balik complain, Mas Akbar. Masalahnya, saya sudah terlanjur jadi corong mereka saat menulis Advertorial yang menulis promo itu. Dan saya terpaksa nulis ini karena kecewa sudah diabaikan oleh Telkomsel di Twitter.

    Hoeda Manis:
    Saya awalnya juga tidak tahu. Justru pertama kali tersadar waktu baca artikel Mas Hoeda. Pantesan waktu saya gunakan di laptop saya sering berhenti load datanya. Kemudian setelah banyak pengunjung yang meninggalkan komentar di blog saya karena mengalami kejadian serupa, saya menjadi semakin jelas troublenya.

    Oh, ya waktu saya email tanggal 27 Juni kemarin saya sudah melaporkan ke teman saya yang di Grapari Jogja. Tapi belum ada kejelasan hingga sekarang. Sehingga saya harus nulis ini karena tak enak kalau compalin lewat teman saya tersebut. Jadi pagi tadi saya complain resmi ke Telkomsel lewat Twitter. Sayangnya, saya tak direspond samasekali.

    BalasHapus
  6. Saya tidak bisa banyak komentar deh, soalnya saya hanya menggunakan paket Flash Unlimited. Mudah-mudahan pihak Telkomsel serius menanggapi hal ini Pak. Semoga tidak muncul alasan bahwa itu karena gangguan jaringan.

    BalasHapus
  7. Ini sudah menjadi bagian 'pasar tradisi' mas. Pelanggan ramai, muali berulah dengan alasan jaringan penuh hingga harus diatur time sessionnya. Seharusnya sebelum lunch sudah diperhitungkan efek kalau nantinya jaringan data over quota. Begitu pun masih banyak yang cinta produk ini :P

    BalasHapus
  8. wah jahat banget dong kalo gitu. Saya sekarang hanya menggunakan telkomsel untuk terima SMS dan nelp temen2 yg pake telkomsel juga..
    Soalny Axis lebih mendingan buat internetan...

    BalasHapus
  9. iskandaria:
    Modem primer saya juga Flash Unlimited, Mas Is. Yang simPATI saya gunakan buat backup aja sewaktu2 kalau kuota habis. Contoh saat akhir bulan Juni kemarin. Sayangnya, koneksinya tak lancar. Sebentar-sebentar berhenti. Ya, mudah2an mereka menanggapi complain saya.

    Kaget:
    Saya, kok tidak kepikiran begitu. Benar sekali, Mas bisa jadi begitu karena overload sehingga terminate sessionnya dihentikan tiap 5 MB. Mungkin karena sudah banyak yang pakai sehingga Telkomsel tak mau rugi sehingga diam-diam mencekik koneksinya.

    honeylizious:
    Jahat sekali karena diam-diam. Untung banyak yang ngomong jadi akhirnya ketahuan. Sempat kemarin saya pikir apa dari modem saya yang masalah. Eh, ternyata tidak. Telkomsel yang sengaja mencekik dan menghentikan koneksi datanya per 5 MB sekali.

    BalasHapus
  10. Memang sekarang kita kudu pinter melek tarif, karena sepertinya semua operator memasang jebakan tarif nelfon & internetan serta sms top up pulsa yang secara otomatis memotong pulsa pelanggan dengan gya & iming2 bonus & gratis,

    BalasHapus
  11. Saya baru membeli modem hsdpa + paket perdana telkomflash unlimited 300MB 1 hari, ternyata eh ternyata tdk bs akses internet. Saya sangat kecewa krn di bohongi telkomflash.

    BalasHapus
  12. Untuknya aku (pribadi) gak pernah pake layanan telkomsel dalam berinternet ria. Bukan karena apa, namun pernah merasakan keleletan nya saat meminjam di persewaan odem beberapa tahun yang lalu. Untungnya saat bisa mempunyai modem sendiri, providernya bukan telkomsel. :razz:


    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    BalasHapus
  13. Arief Bayoe Sapoetra:
    Begitulah faktanya, Mas. Sebagai konsumen kita harus pintar dan jeli memilih. Kalau tidak akan dibohongi dengan promo-promo yang menjebak.

    Mas Boy:
    Seperti yang sudah saya sampaikan lewat BBM tadi, Mas. Paket internet simPATI memang lelet sekarang ini. Kayaknya memang karena prabayar sehingga dicekik speed koneksinya. Coba apply yang pasca bayar aja, Mas. Kalau pakai yang kartu Halo lumayan kenceng. Itu pun kalau di daerah Purworejo sudah tidak ada alternatif operator lain yang lebih bagus.

    Sugeng:
    Sekarang pakai ISP apa, Mas? Kalau di daerah Mas Sugeng Telkomsel sinyalnya jelek, betul Mas jangan dipaksakan daripada sakit hati.

    BalasHapus
  14. Komplain ke akun twitter Telkomsel mah gak diladenin, Pak... Saya sudah berapa kali tuh nanya dan komplain, tapi tetep aja tuh dicuekkin.

    BalasHapus
  15. Kimi:
    Benar, Mbak. Telkomsel memang sering tak menggubris mention dari kita (konsumen). Mungkin official Twitternya khusus buat promosi aja sehingga tak melayani pengaduan. Jadi jangan salahkan kalau tulisan ini akhirnya menyebar kemana-mana dan menjadi marketing buruk buat mereka. Toh, saya sudah memberikan kesempatan kepada mereka untuk menjawab pertanyaan saya secara baik-baik tapi tak ditanggapi. Ya benilah jadinya. Saya tunggu saja gimana respondnya.

    BalasHapus
  16. lha yang nggak gratis saja sering putus pak, sambung lagi sambung lagi aja pak....
    Orang sabar disayang Tuhan... :D

    BalasHapus
  17. ternyata selain saya bro juga punya pengalaman "buruk" dengan telkomsel... Saya saja yang sempat bolak balik grapari nanti diperhatikan setelah satu bulan (_http://eserzone.com/begitu-lambat-begitu-nyata/)
    Maaf bro bukan bermaksud nyepam

    BalasHapus
  18. saya gak pake Simpati sih. betewe udah gabung dengan Komunitas Blogger Jogja juga ya. Kapan-kapan bisa ketemuan kalo lagi acara kopdaran dong Pak

    BalasHapus
  19. Dua thn yg lalu saya pengguna flash kontrak setahun dengan kuota 1 GB, masuk bulan ke-3 kota disunat jadi 500mb, lgsg saya komplenkan.

    Lalu permasalahan lain muncul, koneksi yang lambat sekali. Akhirnya saya hentikan pembayaran alias sengaja menunggak, agar pihak grapari datang ke rumah (krn saat kontrak sy memberikan biodata lengkap). Tapi karena merasa salah atau tunggakan yg tidak seberapa -barangkali...Tidak ada yg datang ke rumah, kontrak berakhir bgitu saja.

    BalasHapus
  20. Sriyono Semarang:
    Gitu, ya Mas? Murah njaluk selamet. Itu kata orang Jawa. HaHaHa....

    bro eser:
    Bro Eser juga pernah dikecewakan Telkomsel, ya? Saya, kalau nggak salah sudah pernah baca artikel itu.

    Ami:
    Syukurlah kalau ndak pakai simPATI, Mbak Ami. Berarti tidak pernah ngalami kejadian ini. Sudah gabung, kok. Ya, kapan-kapan kita ketemuan kopdar, ya?

    adetruna:
    Masa itu kalau tidak salah awal Flash Unlimited lagi boomingnya, Mas Ade sehingga overload kemudian sampai ditutup apply pelanggan yang baru. Dulu awal2nya kuota 2 GB kemudian karena overload sehingga disunat turun jadi 1 GB kemudian menjadi 500 MB.

    Hem, berarti tunggakannya masih ada dan belum ditagih oleh Telkomsel sampai sekarang? Benar, mungkin malu kali kalau mau nagih.

    BalasHapus
  21. wuih... seru juga ya.
    baca komentar kayak postingan :D
    ikutan nyimak aja gan...

    BalasHapus
  22. kalo saya tidak pernah menggunakan paket internetnya yang baru sama sekali, habis dulu waktu masih ada flash reguler sering ngadat. bagi saya saat ini im telu masih yang terbaik soal layanan data.

    BalasHapus
  23. edy s:
    Terima kasih sudah mampir, Mas.

    pututik:
    Ya, masih banyak tersedia pilihan ISP yang lain. Jika pakai Flash Telkomsel sering ngadat (bermasalah) di daerah Anda, ya kenapa tidak untuk coba pakai yang lain.

    BalasHapus
  24. hehehe baru tau kalo telkomsel begitu? saya sih udah kapok tuh pake dia... gak 2 kali deh :)

    BalasHapus
  25. kelambatan telkomsel merespon tulisan ini sama dengan menumpuk masalah yang dengan sendirinya makin menggunung :(

    BalasHapus
  26. 3sna:
    Mbak Trisna pernah dikecewakan juga? He2...

    jarwadi:
    Sebetulnya sebelum saya menulis ini jauh-jauh hari tanggal 27 Juni 2011, lewat jalur personal saya sudah hubungi kenalan saya di Grapari Jogja, Mas. Mas Jarwadi juga kenal orangnya. Saya minta penjelasan mengenai troublenya ini namun belum ada jawaban hingga hari ini. Dan karena lewat Twitter juga mereka tak respond maka terpaksa saya harus complain mereka (Telkomsel) secara terbuka.

    Hari ini saya sudah email ke orang marketing Telkomsel. Dan katanya janji akan memberikan tanggapannya setelah ini. Saya tunggu saja.

    BalasHapus
  27. Untungnya dari dulu saya pakai Speedy yang layanannya stabil dan pasti, bukan mobile internet. Jadi hilang sudah satu masalah umum yang menimpa banyak blogger. :)

    BalasHapus
  28. sebagai penggguna simpati yg saya alami adalah saat saya membeli pake intenetan flash 1 minggu kadang belum sampai satu minggu masa aktif intenetan yg saya beli itu sudah habis :(

    BalasHapus
  29. kalau nanti pihak telkomsel sudah menjawab komplennya, diposting lagi Mbah, biar banyak yang baca...

    BalasHapus
  30. jauh sebelum marak internet di desa saya,4tahun silam saya juga terbujuk oleh iklan telkomsel,khususnya iklan telkomsel flash,telkomsel hanya koar-koar tentang hal2 yg menurut mereka baik...yg speed mencapai 7mb dan bla..bla..bla....

    tapi mereka sengaja tidak mencantumkan bahwa speed optimal hanya bisa di capai dengan kondisi khusus,mau modem seharga 2jt dan ambil paket paling mahal,jika kita berada di area yg belum tercover 3G/HSDPA iklan telkomsel hanya seperti tumpukan sampah kertas,sedangkan area coverage 3G/HSDPA hanya berada di dalam kota saja,dan tetap saja ada kuota,kuota 2gb hanya akan habis dalam 50jam,sedangkan pada iklannya mereka bilang unlimited...

    dan memang itu adalah bahasa iklan,tapi iklan yg terlalu bombastis.."telkomsel begitu lambat begitu nyata " .."telkomsel satunya perusahaan anak negeri yang tega menipu bangsa sendiri"

    jadi sebenarnya bukan kali ini saja telkomsel menipu,sudah sejak dulu iklan telkomsel menipu,ngakunya aja satu-satunya perusahaan telekomunikasi milik Indonesia,ternyata telkomsel juga satu-satunya perusahaan telekomunikasi Indonesia yang tega menipu bangsanya sendiri...

    ketika bicara voice dan text tidak bisa di pungkiri memang telkomsel unggul di banding kompetitor,tapi ketika bicara masalah layanan data,iklan telkomsel tak ubahnya sampah yang di beri pemanis buatan...

    BalasHapus
  31. jangan cuman DM mas,ketika saya share di akun fb http://www.facebook.com/telkomsel.areajawabali?sk=wall dan akun twitter mereka @tseljawabali yg notabene adalah ruang publik juga nggak di respon,apalagi DM yg lebih bersifat privat..

    jangan terlalu berharap mas... 350thn di jajah oleh belanda,sekarang kita di jajah oleh bangsa sendiri...

    komitmen telkomsel sebagai perusahaan anak negeri dalam mecerdaskan bangsanya perlu di pertanyakan lagi,lebih baik tidak perlu mengaku sebagai perusahaan anak negeri kalau masih terus membohongi bangsa sendiri...

    BalasHapus
  32. Agus Siswoyo:
    Kelebihan speedy karena bukan wireless, Mas Agus jadi lebih stabil dan bandwidthnya juga jelas.

    Kurnia Septa:
    Kalau kasus itu ngawur lagi, Mas. Kok bisa ngaco begitu?

    honeylizious:
    Oke, nanti akan saya posting lagi setelah dapat tanggapan dari Telkomsel.

    Widodo:
    Bahasa iklan memang tak boleh ditelan mentah-mentah. Betul sekali itu, Mas Widodo. Lha yang ini juga sama. Awalnya sesuai dengan iklannya. Benar-benar gratis sesuai janji dalam iklannya. Kini tiba-tiba tidak gratis tapi dibatasi hanya maksimal 5 MB.

    Kemarin saya memilih jalur privat (DM) itu sebetulnya demi menghormati Telkomsel dan memberi kesempatan agar mereka menjawab dulu pertanyaan saya, Mas. Tapi ternyata pihak Telkomsel lebih senang pakai cara terbuka seperti ini yang bisa dibaca banyak orang. Oke, kalau itu maunya ya terpaksa saya kritik di internet secara terbuka. Jadi jangan salahkan saya kalau oleh pengunjung artikel ini dishare kemana-mana dan menjadi marketing buruk buat mereka.

    BalasHapus
  33. good job gan.....emng tlkomsel bgitu.......planggan bnyak mlah senang.....shrusnya kan lambat.....

    http://optimistmbaleg.blogspot.com

    BalasHapus
  34. sip, artikel ini udah di update juga ;)

    BalasHapus
  35. Uchiha Wakiyu Mbaleg:
    Terima kasih. :)

    Andi Sakab:
    Ya, Mas pagi tadi langsung saya update. Biar pengunjung yang masuk dan baca artikel ini tahu kalau masalah sudah ditanggapi oleh Telkomsel.

    BalasHapus
  36. salam semuanya,hati-hati pelanggan telkomsel khususnya fun night unlimited sekarang banyak yang terjebak,kecepatan yang di janjikan 2mbps ternyata bohong

    BalasHapus
  37. bang, ini cuma copas apa udah diteliti? itu gambarnya dibagian paling bawah ada tulisan
    "terdapat terminate session per tiap 5 MB, namun program gratis internetan terus aktif selama waktu aksesnya"
    apakah saya salah? telkomsel salah? atau yang mengatakan ga ada dalam TOS yang salah?

    BalasHapus
  38. Anonim:
    Saya coba jelaskan, ya. Dalam TOS Telkomsel masalah terminate session per tiap 5 MB itu memang sudah ada. Namun dalam prakteknya di awal-awal Telkomsel tidak memberlakukannya. Alias koneksi terus lancar tanpa dicekik per 5 MB sekali. Sekarang Telkomsel sudah mengubah ketentuannya menjadi sama seperti kata-kata TOS tersebut. Ini yang saya anggap mengecoh karena tahu-tahu dirubah.

    BalasHapus
  39. untung ada pak joko. saya kalo marah di rugikan telkomsel cuma bisa dipendam dalam hati...

    BalasHapus
  40. saya doakan aj biar telkomsel bangkrut dan seluruh kantornya kebakaran...dasar telkomsel penipu...

    BalasHapus
  41. Maaf mas saya juga mw ikut protes ke telkomsel.
    Tgl 10/12/2011 saya beli simpati freedom dan 2 hari berturut turut tiap jam 12mlm saya dapat bonus internet 100000kb dan free talk 6000 detik. Tp mulai tanggal 13 saya dah ga dapat bonus apapun. Tgl 15 pulsa saya Rp.2.300 dan jam 2 siang saya isi pulsa 20ribu dan jam 11mlm saya isi pulsa 10ribu jadi total pulsa Rp.32.300,- Tgl 16 pagi saya pk sms 3x dan download lagu sebesar 1150kb. Dan siang jam 1 saya mau pk tuk tlp tp ternyata pulsa saya ga cukup dan stlh saya cek pulsa saya tinggal Rp.50.- saya tlp customer service dan diminta tuk tunggu 3x24 jam. Apakah sebesar itu pulsa yg harus saya bayar tuk sms/download? TELKOMSEL EMANG PENCURI DAN PENIPU.

    BalasHapus
  42. ayo kita semua pakek indosat....indosat...indonesia ku....

    BalasHapus
  43. lebih baik tinggalkan yg pake istilah paket2 murah itu hanya kamuplase untuk penjualan aja, yg konsumen perlukan itu yg real murah tidak perlu harus reg ini itu yg ujung2 nya jadi bukan paket murah , skrg itu kalo semua konsumen bersatu tidak pakai kartu dari telkomsel , baru mereka merubah paket2 tersebut, saya juga pengguna semua kartu dari telkomsel , indosat , xl dan 3 dari semua kartu itu indosat masih mendingan irit , belum konsumen tidak di protek dari penipuan2 sedot pulsa atau lainnya ... mohon sharing nya kalo udah pernah hitung2 ke iritan dari semua provider yg ada di indonesia ini.

    BalasHapus
  44. Front Pembela Islam Kristen Hindu Budha6 Februari 2012 06.33

    lanjut dong om...
    makin tertarik untuk ganti provider nih... :D
    ada lagi isu baru terkait pengisian nomor simpati.
    katanya hanya bisa diisi per wilayah...
    itu gimana ceritanya?

    dan memang internetan pake telkomsel masih bukan menjadi pilihan saya, itulah kenapa, beli hape murah pun saya pilih yang ada wireless nya, biar gk usah repot pake koneksi lelet...

    ayo om, di-update lagi!
    thanks.

    BalasHapus
  45. paket internet Gratis berjam-jam sudah .CO.ID alias modar mulai maret 2012...

    telkampret memang omg kosong doank...banyak menipu pelnggan...
    dengan mempromosikan berbagai macam PAKET simpati dll.. tp malah menjerumuskan dgn Sistem Kuota...!!
    tp dgn skrg ini anda bz memanfaatkan kuota habis dgn mnggunakan
    《ROAMING.EXE》
    yaitu sebuah Virus yg bz merubah sistem kuota..kuota habis bz 4x lbh cepat dr kuota Up sebelumnya... smpai skrg ini q msh dlm kcptan 2MBps.
    alias kcptan download msh kcptan 256kbps.

    BalasHapus
  46. Bripda Zaskya Eka27 April 2012 18.38

    ass.. wr.wb.
    kpd pak joko sutarto.
    informasinya sangat menarik & bermanfaat bg masyarakat.
    teruskan informasi anda semoga artikel ini bisa membantu bg semua masyarakat.

    BalasHapus
  47. KALOK KOMPLAIN KE TELKOMSEL KE NOMOR MN?TX

    BalasHapus
  48. wadooooh boleh jadi sy pke flas harian 5rb yg biasanya ampe jam 12 mlm masi konek, kok skarang baru 5mnit aj dah gak nyambung nyambung. waaaaaaaaaaaaaaaaaaah pnipuan ini maaaaaaaaaaah. setaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaan

    BalasHapus
  49. iya bener tuu..aku pernah pake paket SNC..lemot amiiitt..info menarik gan...Hemat juga nii pake Simpati mak wuuss

    http://jari-liar.blogspot.com/2013/02/tip-trik-hemat-internetan-pakai-kartu.html

    Silahkan dicek

    BalasHapus
  50. sya baru bli paket flash ultima bru pake 1 hri bsk nya uda mampus.... 2 GB biasa nya lama

    BalasHapus
  51. Saya Leo pedagang tn abang jakpus.Tgl 8 mei 2013 tergiur beli simpati perdana 100rb untuk 3.6 giga. Begitu daftar cek *889# quota masi utuh. Tgl 10 pagi pulsa saya kesedot dan quota hilang. telp ke telkomsel cuma bil nunggu 3x24 jam. 3hr kemudian saya telp lg disuruh nunggu lg 3x24 jam. Dan sampai sekarang tidak ada penanggung jawaban apapun dari telkomsel. Telkomsel makan uang saya 100rb gpp saya org mampu. Klo org tidak mampu??? Silahkan makan tuh uang.

    BalasHapus