Sabtu, 08 Agustus 2009

About Me

Joko Sutarto

Setelah sekian lama blog ini lahir akhirnya saya baru punya keberanian untuk mencantumkan halaman About Me ini. Mengapa? Karena bagi saya bukan sesuatu perkara yang mudah untuk menceritakan tentang diri sendiri, sebab saya takut ada unsur kesombongan dan Narsis di dalam penceritaan diri saya ini.

Dan berbicara tentang perkenalan tentunya pepatah lama yang mengatakan bahwa tak kenal maka tak sayang saya rasa masih cukup relevan. Terlebih di era sekarang dimana internet akan bergeser ke generasi Web 3.0 yang sarat dengan Kepercayaan. Dan About Me ini saya buat adalah salah satunya sebagai bentuk pertanggung jawaban dari saya kepada Anda terhadap setiap tulisan yang saya posting di blog ini.

Siapa Saya, Profesi dan Cita-cita saya

Jika Anda ingin tahu siapa saya, perkenalkan nama saya Joko Sutarto, narablog atau admin di belakang layar dari Diptara blog. Saya lahir dan dibesarkan dari sebuah desa yang sangat terkenal dengan hasil ikan bandengnya. Tepatnya, di Desa Tawangrejo Kecamatan Turi di Kabupaten Lamongan Jawa Timur pada bulan Januari tahun 1973. Saya adalah anak pertama dari tiga bersaudara. Dilahirkan dari pasangan seorang Guru (ayah) dan petani (Ibu) desa.

Latar belakang profesi saya sekarang adalah sebagai Chief Engineer yang membawahi wilayah Propinsi Jateng dan DIY pada sebuah perusahaan retail multi nasional PT Matahari Department Store Tbk. Berbicara cita-cita, Joko kecil dulu sempat punya cita-cita ingin jadi Pengarang. Dan sekarang, ngeblog salah satunya adalah bentuk penyaluran cita-cita saya yang dulu sempat terputus di tengah jalan.

Status dan tempat tinggal saya dimana?

Status saya sekarang adalah seorang suami dari seorang istri dengan dua orang anak. Sejak tahun 1991 saya pergi merantau meninggalkan kota kelahiran saya, Lamongan ke kota Pahlawan Surabaya. Pada pertengahan tahun 2000 kemudian saya pindah ke kota Malang sampai dengan tahun 2006, dan terakhir tinggal di dua kota antara Malang dengan Sidoarjo dari tahun 2003- 2006. Sampai akhirnya, harus pindah lagi karena Lumpur Lapindo menenggelamkan rumah saya bersamaan dengan kepindahan pekerjaan saya yang dipindah-tugaskan berturut-turut ke kota Jakarta kemudian ke Medan dan akhirnya menetap di kota Jogja dari pertengahan tahun 2007 hingga sekarang.

Apa Hobi saya?

Hobi saya membaca, menulis dan menyukai traveling, meski sekarang sudah agak jarang traveling tapi alhamdulillah sebagian besar pulau besar di Indonesia, sudah pernah saya disinggahi. Suka dengan jenis musik apapun yang penting easy listening dan gemar makan Soto dan Tahu Campur Lamongan. Kegiatan saya sehari-hari selain bekerja adalah meluangkan waktu untuk ngeBlog.

Sejarah dan asal-usul Blog ini

Jika ada yang bertanya mengapa nama domain blog ini bernama DIPTARA? Baiklah, sedikit bisa saya jelaskan. Asal usul nama DIPTARA adalah diambil dari gabungan kedua nama anak saya. DIPTA adalah nama anak laki-laki saya. TARA adalah nama anak perempuan saya, yang kalau digabung jadilah nama DIPTARA.

Sejarah blog ini lahir —blog ini adalah blog paling bungsu saya diantara sekian blog saya yang lain— adalah diawali dari ketertarikan saya untuk "Make Money Online” di internet sebagaimana obsesi kebanyakan para blogger newbie yang ingin mencicipi lezatnya kue di internet. Namun sekarang saya mulai menemukan kepuasan batin sendiri dalam ngeblog dan uang sekarang bukan satu-satunya tujuan saya dalam ngeblog, tapi lebih kepada ingin berbagi kepada sesama terhadap apa yang saya punya kepada orang lain.

Siapa Blogger Inspirator saya?

Blogger yang saya kagumi dan menjadi inspirator saya pertama kali dalam ngeblog, pertama adalah Mas Wicaksono atau di dunia maya lebih sering disebut Ndoro Kakung. Dan yang kedua, yang saya sukai dan kagumi MEMO tulisannya yang renyah dan cukup mengesankan saya adalah Mas Antyo Rentjoko, atau di dunia Blogospher Indonesia lebih dikenal sebagai Paman Tyo

Sekian perkenalan singkat dari saya, dan bagi anda yang ingin berkenalan lebih dekat dengan saya, pintu saya terbuka untuk berteman dengan siapapun. Silahkan Anda kontak saya di link CONTACT. Dan bagi siapapun yang membaca posting About Me ini, saya persilahkan meninggalkan jejak di kolom komentar, terima kasih.



Bookmark and Share

37 komentar:

  1. Salam kenal. Ikut mampir sejenak, kebetulan sedang jalan-jalan lalu ketemu link ke blog ini.

    BalasHapus
  2. Salam kenal juga Mas Indra. Thanks udah mampir

    BalasHapus
  3. Wis tambah manteb saiki Pak...
    Semoga impian dan harapan bisa tercapai Pak...amin
    Salam buat Keluarga...

    BalasHapus
  4. Halo bung Joko Sutarto, salam kenal...
    Saya mampir dari blognya Budiawan Hutasoit.
    About Me-nya keren... ga narsis kok...

    Sukses selalu buat anda!

    BalasHapus
  5. Salam kenal bung Joko, salam buat keluarga.

    BalasHapus
  6. Mas Joko...blog sampaen mantap cak...aku sampe nggumun...pasti wis akeh uang dan tenaga yang dicurahkan untuk membuat blog spt ini. Di mata gak sakit, ketika dibuka cepat muncul, isinya juga berbobot. Kapan2 lek aku ke suroboyo, tak mampir nang lamongan. Aku penggemar berat Soto Lamongan.
    Salam kenal cak Joko

    BalasHapus
  7. Ass.WW.
    Surprise ini kesan yg pertama buka blog M Joko ruar biasa isinya banyak hal yg menarik. (padahal baru baca sekilas) ;), yg ke dua mohon maaf baru bisa buka alias telat mengikuti dari awal padahal berapa kali blog ini di attach/ up date di facebook yaa... (maklum gaptek..sok sibuk.. ngele's he he he.).
    Ya berharap Blog ini terus berkreasi dengan article2 yang bermanfaat bagi khalayak & juga isu2 yg menarik dan baru hangat di public. Diluar tentunya ada buntut "share" yg didapat empunya he he he...
    Sekali lagi salut & terus berkreasi... karena "Kuliah Kehidupan " ini gak akan pernah tamat, tapi yakinlah manfaatnya (lahir batin) melebihi "kuliah' yang pada umumnya....

    Wasalam,
    paktar

    BalasHapus
  8. Soal nama Diptara yang gak kelihatan nyambung itu... Saya sudah menduga dari awal bahwa mungkin saja ada hubungannya sama nama anaknya Pak Joko :)

    BalasHapus
  9. Mohon izin mas artikel yg berjudul 10 alasan enggan ngeblog saya lampirkan dalam buku terbaru saya. Menjadi blogger Handal di era global.
    Nama dan penulis tetap dicantumkan

    salam
    Omjay
    http://wijayalabs.com

    BalasHapus
  10. Wijaya Kusumah: Silahkan, Pak. terima kasih sudah tertarik dengan salah satu artikel saya.

    BalasHapus
  11. salam kenal mas, aq andrik asli lumajang. Pernah juga ke lamongan teman akrabku dapet istri orang lamongan.

    BalasHapus
  12. Ternyata korban Lapindo ya. Semoga sukses dengan kehidupan barunya.

    BalasHapus
  13. Sebuah about me yang mantap Mas Joko.
    Salam kenal dari saya di Sorowako SulSel.
    Thanks ya dah mampir ke blog sederhana saya.

    BalasHapus
  14. salam kenal pak joko, pak joko mirip pak tifatul sembiring ya?

    BalasHapus
  15. "etekno mengatakan...
    24 Juli 2010 07.32

    salam kenal pak joko, pak joko mirip pak tifatul sembiring ya?"

    Apanya yang mirip om sembring boss?? hehehehe......

    BalasHapus
  16. Salam kenal, saya bayu pemilik sebuah blog tanpa tujuan hehe
    saya di Depok jawa Barat. Artikelnya bagus2, terkesan gaya menulis anda subjektif dan bombastis, loading via opera mini diatas 100kb per loading. Agak berat ya, wajar banyak gambarnya. Tapi oke, bermanfaat.

    BalasHapus
  17. salam kenal mas, kunjungan pertama nih
    sepertinya kita tetanggaan, kalo ada waktu bisa saya berkunjung ke rumah kalo diperbolehkan
    Saya mau sharing ilmunya

    BalasHapus
  18. mas-tony:
    Salam kenal juga. Silahkan Mas Tony, Anda bisa menghubungi saya kapan pun lewat link Contact dan dengan senang hati saya akan menerima kedatangan, Mas Tony. Tapi maaf saya belum blogger senior apalagi master, hanya orang biasa aja. :D

    BalasHapus
  19. kenalan dulu temen baru , yang mirip TS .saya mau ikut belajar karena saya belum lama kenal dunia maya.semoga sukses .salam hangat dari betawi.

    BalasHapus
  20. salam kenal pak...

    sama nih newbe di dunia blog,,hehe..
    mampir2 ke blog saya ya.. q t

    BalasHapus
  21. Pak Joko ada hubunganya gak dengan Pak JS yang jualan E-Book... :)
    Sedikit Introduce My self lah..Profesi saya juga Chief Engineer Pak.. Mesin yang saya pegang dari 4500 House Power (Hp) sampai 11.000 Hp. buatan Germany. Genset dari 150 KVA s/d 4 x 650 KVA.

    Suwun dan selamat karna " About You " sudah nempel di blog ini... :)

    BalasHapus
  22. Wah ... mantap nich pak, seorang engineering..., chief lagi. Keren ...

    Saya dulu cita-cita juga jadi Insinyur mesin, tapi ndak kesampaian, karena keterbatasan dana untuk kuliah di kota provinsi, jadi terpaksa kuliah di univ yang ndak ada jurusan mesin/ engineer/ teknik mesin.

    Salam kenal dan sukses selalu

    jabat erat
    Simon

    BalasHapus
  23. owh, ternyata setelah dibaca lagi, statusnya masih laki2 hohoho

    BalasHapus
  24. Beberapa kali ninggalin komentar di artikel sampeyan, tapi baru kali ini saya baca profile pak Joko.
    Kirain masih di Siodarjo pak..

    Salam kenal dari Krian.:-))

    BalasHapus
  25. Assalamualaikum.. Mampir, Mas...
    Pengen ninggalin jejak dimari...

    BalasHapus
  26. salam kenal mas, izin share ilmu dan pengalaman ya...
    www.soebariyadi.blogspot.com

    maaf baru coba2 bikin jadi msh byk yg perlu direvisi...tapi hoby kita hampir sama jurnalis dan traveling...

    moga2 bs menjalin silaturahmi dgn mas joko sekeluarga..

    BalasHapus
  27. Pagi Mas,
    Saya sering baca artikel-artikelnya Diptara, tapi baru kali ini saya klik "about me" nya Diptara, ternyata Mas Joko ini sudah ada "hubungan" yang cukup lama dengan saya lho, meskipun secara tidak langsung, karena saya bekerja di salah satu perusahaan yang mensupply product ke Matahari (VP).
    Semoga silaturahmi kita tetap tejaga dan sukses buat kita semua Mas, salam buat keluarga dan terima kasih.

    BalasHapus
  28. oalah ... salah satu korban lapindo toh. gak ada apa-apanya loh itu dibanding 'penggemar berat sastra' ;-). (woow)...

    seneng denger riwayat hidupmu, mas. aku bukan sastrawan, gemarku pada sastra juga gak berat-berat. tapi temanku kok ya banyak yang sastrawan ... hehehe.

    salam hangat dari sesama ex penduduk malang ya ...

    BalasHapus
  29. Salam kenal juga buat semuanya aja. Maaf saya tidak bisa balas commentnya satu-satu.

    Mas Olay, wah berarti salah satu supplier Matahari kalau gitu. :)

    Mbak Tuty pernah tinggal di Malang juga toh. Masalah sastra itu sebetulnya belum sampai penggemar berat, sih. Hanya suka aja. Karena bagi saya membaca sastra itu menarik karena kita bisa belajar banyak dari sastra.

    BalasHapus
  30. Halo salam kenal ya...tadi mampir karena googling tentang asuransi penipu terus nemu dech blog ini :)

    BalasHapus
  31. salam kenal mas...saya pingin belajar ngeblog....mohon ilmunya ditularin dong....

    BalasHapus
  32. salaam kenal mas joko.
    ngeblog bikin lebih pede ternyata (bukan sombong)

    BalasHapus
  33. Salam kenal semuanya, buat Mbak Ladeva, Mas Dadang Hermawan dan Mas Joko M. Terima kasih sudah mampir.

    BalasHapus
  34. Hahaah,... saya baru ini membaca profile seorang Diptara, ternyata jalannya mirip dengan saya yang salah jurusan :D

    BalasHapus
  35. supel bngt tuh perknalannya om.. emang kalau orang pandai bahasanya enak bnget.. salam kenal juga (tk knl mka tk sayng :-) Toko Blog

    BalasHapus
  36. Kaget:
    Baru baca, Mas? Hahaha. Benar, saya salah jurusan. Seharusnya tidak jadi tukang insinyur tapi harusnya jadi sastrawan atau penulis, Mas

    sayfulclub:
    Terima kasih, Mas untuk apresiasinya. Salam kenal juga.

    BalasHapus