Jumat, 30 Oktober 2009

Mengapa perlu PayPal di internet?

PayPalMungkin bagi para netter yang sudah lama surfing atau menjelajahi dunia maya, apalagi para pelaku bisnis online Internet Marketing, tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya PayPal. Yaitu sebuah alat pembayaran internasional yang berlaku di internet, paling populer, dan banyak dipakai seluruh netter dan merchant di seluruh dunia. Reputasi, kehandalan, dan yang paling penting keamanan PayPal sudah tidak diragukan lagi dalam hal memproses transaksi financial anda di internet.

Pernah ada seorang kawan menanyakan kepada saya mengapa sebaiknya kita perlu punya account di PayPal? Bukankah kartu kredit Visa atau MasterCard saja sudah cukup untuk transaksi di internet? Betul, tapi kartu kredit tidak memberikan kelebihan-kelebihan seperti berikut ini jika dibandingkan dengan PayPal.

Nah, apa saja kelebihan itu? Mari kita lihat sama-sama kelebihan-kelebihan yang diberikan oleh di PayPal dibawah ini:

Transaksi online

Selain lebih save atau aman daripada transaksi menggunakan kartu kredit langsung, juga jika dibandingkan dengan layanan pihak ketiga lain, saya contohkan misal pakai Google Checkout, PayPal punya kelebihan karena username dan password tersendiri atau terpisah, tidak menyatu dengan semua layanan dari Google yang kita gunakan. Dan yang ketiga, PayPal adalah satu-satunya yang paling populer dan banyak dipakai seluruh merchant di internet jika dibandingkan dengan layanan pihak ketiga sejenis seperti dari Clickbank, Egold dll

Donasi online

Anda seorang dermawan dan ingin menyumbang di internet? PayPal bisa mengakomodir jiwa sosial anda dengan menyalurkan donasi anda lewat bantuan PayPal. Atau anda termasuk orang yang peduli dan ingin berpartisipasi dengan pengembangan sebuah software opensource atau freeware yang bebas anda pakai di internet? PayPal juga bisa memberikan jalan donasi online yang biasanya dilink oleh para pengembang softwarenya saat anda mau mendownload.

Transfer uang online

Selain Western Union, pengiriman cek internasional, PayPal juga bisa berfungsi seperti bank yang bisa dipakai untuk transfer menerima dan mengirimkan uang elektronik buat sesama pengguna account PayPal di seluruh dunia. Kalau pakai Western Union atau cek mungkin bisa memerlukan waktu beberapa hari baru transfer sampai di tujuan, tapi dengan PayPal bisa secara realtime diterima pemilik account PayPal yang bersangkutan mirip transfer lewat Internet Banking.

Kurs Fleksible

Mata uang yang dipakai di PayPal kursnya adalah menggunakan dolar US. Keuntungannya menggunakan PayPal, jika anda mau melakukan Withdraw (istilah mencairkan uang di PayPal) dengan catatan anda sudah memiliki saldo yang cukup di PayPal, maka anda bisa menunggu atau menyesuaikan dengan kurs dolar saat sedang naik. Dan sebaliknya, bisa melakukan pembayaran dengan PayPal menunggu saat dolar turun. Fleksibelitas yang seperti ini tidak pernah dimiliki oleh kartu kredit yang hanya memberikan pilihan menyesuaikan kurs dolar saat transaksi berlangsung saja.

Bank online

Alternatif lain daripada menyimpan uang di bank konvensional yang bisa bangkrut seperti kasus bank Century, PayPal juga bisa dipakai sebagai bank alternatif untuk menyimpan uang anda secara online dengan reputasi internasional yang sudah teruji.

Lelang di eBay

Mau ikut lelang pembelian barang murah dan menarik di internet seperti di eBay? Nah, dengan punya account di PayPal anda tidak perlu khawatir akan tertipu atau tidak diperbolehkan ikut lelang disana karena dengan punya account di PayPal reputasi anda akan diterima dan diakui orang sedunia. Alamat pengguna PayPal yang bertransaksi disana sudah diverifikasi oleh PayPal sehingga kecil kemungkinannya terjadi penipuan.

Demikian kurang lebih manfaat dari PayPal. Jika dirasa ada yang kurang atau terlewat silahkan ditambahi, terima kasih dan mudah-mudahan info ini bermanfaat.



Bookmark and Share

1 komentar:

  1. thanks atas infonya..mo bikin account paypal dulu

    BalasHapus