Jumat, 06 November 2009

Komputer dan ponsel masa depan seperti apa?

Komputer dan Ponsel Masa Depan
Apa benar Netbook adalah generasi baru dari Notebook yang berevolusi ingin menjadi smartphone dengan bentuknya yang makin kecil dengan beberapa variancenya sudah membenamkan fungsi ponsel didalamnya tapi tetap mempertahankan kepintarannya sebagai komputer, sama halnya ponsel java yang berevolusi menjadi smartphone, yaitu ponsel yang tetap mempertahankan fungsi ponselnya namun ingin berusaha makin pintar seperti komputer? Bagaimanakah pertemuan keduanya nanti di masa datang? Apakah muncul species baru yang merupakan gabungan keduanya? Ataukah salah satunya harus punah dan satunya keluar sebagai pemenang?

He…He…He… Menebak sebuah teknologi jauh kedepan memang mengasyikkan. Sesekali mencoba menjadi sang futuris seperti Arthur Charles Clarke, sang penemu dan futuris hebat yang legendaris itu tidak ada salahnya, bukan?

Baiklah, mari kita mulai dari Netbook dengan Notebook dulu. Berbicara Netbook kalau dilihat perbedaannya dengan Notebook yang paling mendasar adalah ciri-cirinya kalau dilihat dari beberapa aspek berikut ini:

Fungsi

Dari sisi fungsionalitasnya, Netbook ditujukan bagi pengguna yang bersifat content consumption sementara Notebook lebih kepada pengguna yang content maker.Contoh gambaran content consumtion adalah untuk berinternet, chatting, mendengarkan musik dan video. Kalau Notebook tugasnya lebih berat lagi. Contohnya yang termasuk content maker seperti menciptakan suatu konten, mengedit video dan photo atau membuat gambar-gambar design.

Dimensi

Dari ukuran pun kita bisa langsung membedakan kedua perangkat ini. Netbook memiliki ukuran layar terbatas antara 7-10 inci, sedangkan Notebook minimal memiliki layar 10 inci dan maksimal 17 inci.

Spesifikasi

Dengan bentuknya yang lebih kecil, Netbook mempunyai keterbatasan ketersediaan input dan output devices yang lebih terbatas dibandingkan Notebook. Dengan ukuran yang lebih mungil dan praktis, perangkat ini tidak memiliki optical disk drive dan hanya mengandalkan slot USB. Serta Netbook kebanyakan mempunyai spesifikasi prosesor dan memori lebih rendah dari Notebook. Kalau Netbook rata-rata prosesor yang digunakan masih sekelas Intel Atom atau Intel Celeron yang masih spesifikasi rendah, sementara Notebook rata-rata sudah berprosesor kemampuan tinggi seperti Core duo atau Centrino. Begitupun memorinya, Netbook masih rata-rata di 1 GB, sementara Notebook yang terkini rata-rata sudah diatas 2 GB.

Harga

Kalau berbicara harga, pastinya keduanya tentu juga jauh berbeda. Rata-rata Netbook dibanderol di kisaran harga US$ 250 - US$ 450, sedangkan Notebook minimal harganya masih US$ 500. Di Indonesia sendiri, sejumlah produsen PC telah masuk ke bisnis Netbook. Acer adalah produsen PC teranyar yang merilis Netbook Aspire One. Sebelumnya ada Zyrex, Asus, MSI dan Hewlett-Packard -- dengan mini notebooknya -- yang telah lebih dulu menjejakkan kaki di lahan bisnis ini.

Daya tahan Baterai

Berbicara daya tahan baterai, secara umum Netbook lebih unggul karena bentuknya yang kecil dan sifatnya yang low consumption dibandingkan Notebook yang mengerjakan beberapa aplikasi berat yang butuh tenaga tinggi maka Netbook lebih awet baterainya sekitar 3-5 jam, yang kalau pada Notebook rata-rata baterainya hanya tahan 1-3 jam. Disini mungkin yang bisa saya kecualikan adalah Notebook Acer seri Timeline yang baterainya bisa tahan sampai 8 jam, melebihi Notebook pada umumnya.

Berdasarkan uraian diatas bisa saya simpulkan Netbook bukan evolusi dari Notebook yang menjadi makin compact atau mengecil yang ingin menjadi smartphone, melainkan adalah variance atau species baru yang keberadaannya berdampingan dengan Notebook, dan bukan untuk saling menggantikan karena masing-masing punya fungsi yang berbeda.

Sekarang ponsel, kalau kita lihat dan amati smartphone bisa kita simpulkan adalah evolusi dari ponsel java, selanjutnya saya sebut ponsel biasa, yang ingin menjadi komputer. Keberadaan smartphone bisa kita simpulkan dapat menggantikan sepenuhnya ponsel biasa. Intinya kalau kita sudah pegang smartphone tidak perlu pegang lagi yang namanya ponsel biasa. Buat apa? Toh, fungsinya sudah terwakili semua pada smartphone, malah smartphone punya nilai lebih tidak hanya sekedar ponsel biasa tapi sudah mirip komputer karena kecerdasannya. Contoh membuka aplikasi secara multi tasking, yang mana hal ini hanya kita kenal pada komputer, sekarang bisa kita lakukan di smartphone. Membuka dan mengedit dokumen office dan photo bisa juga kita lakukan pada smartphone.

Kesimpulannya: Pertemuan dari Smartphone dengan Netbook dan Notebook kedepan jadi mahluk apa? Apakah selamanya keduanya tetap berdampingan karena tidak bisa diringkas menjadi satu. Ataukah muncul generasi baru persis seperti smartphone tapi benar-benar mewakili kecerdasan komputer seutuhnya?

Tolong anda juga ikut berpikir dengan saya. Karena terus terang saya bukan seorang futuris, jadi tentu tidak berani berandai-andai dan menebak-nebak. Entar takut salah saya, dan bisa jadi dihujat banyak orang karena dianggap sok futuris. He…He…



Bookmark and Share

4 komentar:

  1. BB belom bisa dibilang gabungan smartphone dan netbook ya?

    BalasHapus
  2. BB masih masuk dalam kategori smartphone, Mbak dan kepintarannya belum bisa dianggap sudah menyamai Netbook

    BalasHapus
  3. beliin saya dong massssss... :D :D
    *pasang muka melas

    BalasHapus
  4. Beres! Nanti saya belikan. He...He...

    BalasHapus