Jumat, 25 Desember 2009

7 Tips Memilih Template Blog

template blog gratisTemplate blog gratis, siapa yang tidak mau dengan barang gratisan? Namun karena saking banyaknya template blog gratis yang tersedia di internet, menuntut anda agar pintar-pintar memilih mana template blog yang paling cocok dan sesuai, yang dapat memenuhi keinginan anda sebagai blogger. Karena template yang menarik, terutama secara visual masih menjadi salah satu pilihan para blogger yang ingin memiliki blog yang menarik.

Tetapi, menarik saja, tentu saja tidak cukup jadi bahan pertimbangan anda untuk memutuskan memilih sebuah template, karena banyak faktor lain yang perlu juga anda pertimbangkan dalam memutuskan apakah sebuah template cocok buat blog anda apa tidak. Dan berikut ini saya berikan beberapa tips untuk memilih sebuah template blog:

1. Letak kolom artikel

Mau seperti apa model templatenya, usahakan agar model kolom templatenya memposisikan posting artikelnya berada pada posisi sebelah paling kiri. Jangan berada ditengah apalagi sebelah kanan. Mengapa harus disebelah kiri artikelnya? Alasannya, pertama, karena kalau mengacu pada kaidah SEO (search engine optimization) robot search engine dalam menelusuri sebuah halaman website atau blog dimulai dari kiri baru ke kanan. Dengan menaruh di sebelah kiri maka anda sudah memberikan kemudahan pada robot search engine untuk menelusuri artikel yang menjadi kekuatan dari blog anda. Kedua, kecenderungan manusia secara umum mulai melihat atau membaca tulisan kebanyakan dimulai dari sebelah kiri baru ke kanan. Nah, tentu saja anda tidak ingin kan pengunjung blog anda datang tanpa membaca postingan tapi langsung pergi begitu saja karena ngeklik lihat banner menarik partner anda yang nampang disana. Kecuali kalau banner itu yang memang menjadi tujuan anda agar diklik.

2. Pilih template 3 atau 4 kolom

Mengapa harus memilih template dengan format 3 atau 4 kolom, dan bukan yang 2 kolom saja? Ini alasannya, dengan memilih banyak kolom maka memudahkan anda untuk mengeksplorasi blog. Misalnya memasang beberapa widget semacam: Script iklan adsense, banner, widget statistik dll yang kecenderungan akan anda pasang suatu saat untuk mempercantik atau mengoptimalkan blog anda.

3. Compatible dengan semua browser

Tidak semua template bisa compatible atau friendly dengan semua browser yang ada. Ada template blog yang cukup bagus, sempurna tampilannya jika dibuka dengan browser Firefox misalnya, tapi tidak cukup bagus atau malah morat-marit tampilannya jika dibuka pakai browser Opera. Nah, dengan memilih dan menguji template yang friendly terhadap semua browser, minimal paling tidak dengan 3 besar browser seperti Firefox, Opera dan Internet Explorer, maka blog anda akan selalu tetap tampil cantik apapun browser yang dipakai para pengunjung blog anda.

4. Compatible dengan versi mobile

Dengan makin banyaknya pemakai mobile phone cerdas semacam BlackBerry, iPhone, dan smartphone lainnya maka satu yang harus dipikirkan adalah semakin banyak juga pengunjung blog yang datang menggunakan ponselnya untuk mengunjungi blog anda, maka sebaiknya anda pilih template blog yang juga bisa tampil sempurna saat diakses menggunakan browser versi mobile semacam Opera Mini atau browser dari bawaan ponselnya. Mungkin agak susah mencari template blog seperti ini karena rata-rata template blog hanya support buat browser komputer saja. Sebagai alternatif anda bisa install plugin mobile edition theme pada engine blog anda.

5. Tidak terlalu berlebihan tema templatenya

Sebuah template blog yang simpel alias sederhana, contoh lihat website Google, lebih nyaman dilihat mata pengunjung dibanding template blog yang terlalu ramai, penuh pernak- pernik dengan background pattern yang berwarna-warni, font yang tidak standart dsb. Karena pada intinya pengunjung datang untuk membaca artikel atau melihat postingan anda, bukan untuk melihat dan mengagumi design wah yang menjadi template blog anda. Mungkin saat pertama kali berkunjung, pengunjung blog bisa terkagum-kagum melihat blog anda yang designnya mewah. Tapi apakah pengunjung masih terus terkagum-kagum pada kunjungan ke-2, ke-3 dst? Tidak bukan? Kecuali kalau anda menghendaki mereka untuk tidak datang lagi berkunjung, itu lain soal.

6. Mewakili tema blog

Ada beberapa template blog gratis yang dibuat oleh pembuatnya untuk menyasar blog dengan tema tertentu. Misal tema military, musik, photography dll. Disamping juga anda template blog yang bersifat universal, cocok buat semua tema blog. Jika anda menghendaki template blog yang spesifik maka pilihlah template blog yang bisa mewakili tema dari blog anda. Dan sebaliknya, jangan gunakan template blog yang sama sekali tidak nyambung dengan tema blog anda.

7. Pilih template berbayar

Jika anda menghendaki sebuah template unik, lain daripada yang lain atau jarang dipakai blog lain maka pilihan pada template berbayarlah yang bisa mengakomodir keinginan anda tersebut. Karena pada template blog berbayar sudah pasti hanya dipakai oleh anda sendiri atau hanya sebagian kecil blog saja. Atau anda bisa juga menyewa jasa web designer yang banyak sekali menawarkan jasanya di internet untuk membuatkan template khusus buat anda.

Demikian beberapa tips dari saya. Mudah-mudahan tips ini bermanfaat buat anda, terima kasih.




Bookmark and Share

16 komentar:

  1. point nomer tujuh tuh yang masih blom bisa aye jalanin..

    :D :D :D

    selama masih bisa gratiss... nikmatin aja dulu..hehe
    *dasar nggak modal

    BalasHapus
  2. mantep tipsnya sobat sangat bermanfaat, makasih atas pengetahuannya sobat!!!

    BalasHapus
  3. tips yang menarik ttg templete. trims

    BalasHapus
  4. mas tanya option 4...
    itu gmna mas instal plugin mobile edition themeny??

    BalasHapus
  5. Tinggal install pluginnya aja, Mas nanti akan langsung mengkonfigurasi sendiri. Dan nantinya secara otomatis setiap pengunjung yang datang dari ponsel akan diarahkan ke halaman blog kita yang sudah diadaptasi ke versi mobile.

    Cuma sayang, setahu saya baru blog dengan engine Wordpress yang baru bisa begini. Saya kurang tahu kalau blogspot apa bisa juga.

    ini link pluginnya kalau buat blog wordpress. Klik disini

    BalasHapus
  6. owh gitu ya...
    makasi mas infony :D

    BalasHapus
  7. memilih template emank gampang2 susah! tapi kalo boleh menambahkan satu poin lagi, yaitu usahakan untuk memilih desain template dengan tingkat accesability dan usability yang tinggi, sehingga bukan hanya orang normal yang bisa menikmati tulisan kita di blog, tetapi juga oleh orang-orang dengan keterbatasan (handicapped people) baik visual ataupun auditory. Salah satu ciri desain web yang concern terhadap permasalahan accesability dan usability ini ialah selalu membiarkan hyperlink bergaris bawah (underlined), bukan hanya dibedakan dari segi warna. Sehingga orang yang mengalami gangguan penglihatan (mis. rabun warna) akan dengan mudah mengetahui bahwa sebuah teks adalah link.

    Sekian. Mohon maaf atas segala kekurangan. :)

    Wallahu a'lam bish shawwab!

    BalasHapus
  8. Anis Fahrunisa: Wah, saya ketemu sama ahlinya pemrograman HTML ini. Terima kasih, Mas untuk point tambahannya sekaligus masukan buat template blog ini.

    Terus terang, saya belum kepikir sampai ke arah situ. Benar, kita juga harus peduli dan memikirkan pengunjung difabel secara penglihatan seperti itu, yang buta warna tersebut. Dan kebetulan template bawaan blog ini memang hanya menandai hyperlink-nya secara warna aja pada setiap Anchor text-nya. Underline-nya dihilangkan (hanya muncul saat disorot pointer mouse) pada setting di templatenya. Next akan saya munculkan underline-nya.

    BalasHapus
  9. mas saya bingung sebenernya template saya itu seo apa nggak, kalo ukuran normalnya template saya cuman 67 kb, tapi kalau ukuran, tapi template saya gk ada halaman posting di halaman depannya, semua di halaman depan itu java script. gimana mas solusinya,

    BalasHapus
  10. Ikhsan Hafiyudin:
    Jangan terlalu memusingkan SEO dulu, Mas. Saran saya yang penting friendly aja templatenya dengan semua browser dan mudah untuk ditelusuri isi blognya, dengan menu navigasi yang mudah. Kekuatan blog pada akhirnya nanti di contentnya. Gunakan SEO sebagai pendukungnya saja.

    BalasHapus
  11. Untuk saya mah masih suka gratisan dulu belum mampu untuk yang berbayar...hihihihi but saya jadi tahu,thanks tips-tipsnya

    BalasHapus
  12. Kunjungan perdana,namun langsung terpikat.Banyak info menarik juga manfaat disini kawan.Makasih banyak untuk semua ilmunya,salam kenal and happy blogging.

    BalasHapus
  13. Kalau template berbayar pasti sangat eksklusif tampilannya cuma untuk mendapatkannya perlu menyisihkan beberapa anggaran untuk itu
    trims untuk info2 di atas gan..

    BalasHapus
  14. ane paling bingung kalau milih template blog gan. :(

    BalasHapus
  15. bener gan yang compatible dengan versi mobile.. baru kepikiran nih !! makasih gan !!

    BalasHapus