Kamis, 17 Desember 2009

Antara Luna Maya, Etika dan Keyboard Rusak

Luna Maya

Antara Luna Maya, Etika Rusak dan Keyboard Rusak. Sebenarnya awalnya saya mau pakai judul dengan ada kata yang dicoret ini sebagai judul postingan ini, biar agak ngeflame gitu, tapi saya urungkan niat saya. Saya ngeper, nanti dibilang tidak berEtika lagi, seperti kasus Luna Maya di Twitter yang lagi hangat-hangatnya sekarang ini ditrending di Twitter. Bahkan di beberapa blog kawan saya malah sudah dibahas dalam postingan khusus. Baca di blognya Ndoro Kakung disini salah satunya.

Saya tidak akan posting panjang lebar membahas Luna Maya. Mungkin sedikit saya ulas sebagai latar belakang saja. Dan kali ini yang ingin saya bahas adalah tentang keyboard rusak yang ada kaitannya dengan Etika Berkirim Email, seperti posting saya sebelumnya. Silahkan baca disini dan juga disini kalau anda belum baca, karena pada posting kali ini, setidaknya ada benang merah yang saling menghubungkannya dengan kedua posting saya terdahulu.

Berbicara di dunia maya, baik di milis atau di social media seperti Facebook dan Twitter kadang orang suka lupa, tidak sadar, menyepelekan sesuatu dan melupakan etika. Contoh pertama, kasus misuh-misuh umpatan Luna Maya ke infotainment di Twitter baru-baru ini. Dengan mengumpat di Twitter apalagi orang sekelas artis terkenal seperti Luna Maya, yang punya follower sampai 125 ribu orang maka dia bak berteriak pakai megafon yang didengarkan oleh ribuan orang penggemarnya.

Itulah kehebatan Twitter kalau kita punya follower yang jumlahnya cukup banyak. Sekali update status, infonya langsung membroadcast ribuan follower yang menjadi pengikut kita. Anda bisa bayangkan sendiri kalau isi statusnya itu adalah sebuah hujatan, betapa dahsyat respondnya nanti yang akan diberikan para follower anda. Dan ini sudah dibuktikan oleh Luna Maya. Anda ingin membuktikan? Saran saya jangan, karena Luna Maya sekarang dituntut oleh PWI gara-gara ulahnya tersebut.

Dan ini contoh yang kedua, ada sebuah peristiwa menarik di salah satu milis yang saya ikuti. Ceritanya ada diskusi menarik membahas masalah hukum di negeri ini yang kaitannya dengan undang-undang ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik) yang terkait dengan kasus email Prita Mulyasari. Diskusinya cukup seru. Karena saking serunya sudah hampir mengarah ke debat panas sehingga ada kesalahan sedikit saja, yaitu salah satu author email milis ada yang kirim email seluruh kata-katanya menggunakan huruf Caps Lock semua, terkena tegur moderator. Kawan saya tersebut kemudian meminta maaf dan menjelaskan kalau keyboard komputernya sedang mengalami kerusakan pada tombol Caps Lock-nya.

Saya berharap ini memang hanya karena faktor keyboard rusak saja, bukan karena faktor yang disengaja atau karena tidak tahu etika. Anda tahu, kan nulis pakai huruf kapital diemail bisa diartikan marah-marah? Lalu diantara perdebatan tersebut salah satu author milis lainnya memberikan pertolongan pertama pada keybord rusak buat kawan milis saya tersebut dengan ngeshare, memberikan software freeware keyboard portable.

Saya termasuk orang yang ndeso, ada juga toh ternyata software semacam itu di internet? He….He….. Atau jangan-jangan anda juga belum tahu juga sama seperti saya? Tidak usah sungkan atau pekewuh mengakuinya. Kalau ada tertarik dan ingin melihat silahkan download softwarenya kemudian install di komputer anda. Siapa tahu suatu saat berguna dan anda butuhkan untuk memberikan pertolongan pertama pada keyboard anda yang tiba-tiba rusak ngadat seperti komputer kawan saya tersebut.

Setelah saya menjajal install software On-Screen Keyboard Portable ini, nama aplikasi software ini, di notebook saya, berikut saya berikan review saya tentang software ini sebagai berikut:


• Ringan. Seperti ciri jenis software portable umumnya, besar filenya cukup kecil, hanya 555 KB. Dan setelah diinstall di komputer, software ini foldernya makan space tidak lebih dari 350 KB.

• Interface sederhana. Tampilan dari software ini juga sederhana, yaitu mirip keyboard Qwerty pada umumnya, tapi tampil secara virtual on screen di layar monitor komputer.

• Mudah. Pengoperasian software On-Screen Keyboard Portable ini juga sangat mudah. Anda tinggal klik tombol-tombolnya pakai mouse komputer anda maka tuts-tuts keyboard virtualnya akan merespond dengan menuliskannya secara otomatis ke jendela word prosesor yang sedang anda buka atau email yang sedang melakukan compose surat baru.

Gimana, anda tertarik dengan software ini? Jika tertarik, berikut saya berikan linknya untuk mendownload software On-Screen Keyboard Portable ini. Silahkan anda unduh langsung ke situs pembuatnya, klik disini. Demikian info saya dan mudah-mudahan kedua pelajaran ini bisa kita ambil manfaatnya agar kita tidak disebut sebagai orang yang kurang beretika, terima kasih.



Bookmark and Share

11 komentar:

  1. mo posting software keybord aja kok bawa bawa luna maya to mas joko....:)'marakke' penasan saja,
    tapi judulnya lumayan 'mengena' juga ..:)

    BalasHapus
  2. He.... He.... Luna Maya memang lagi ngetrend sekarang, Mas. Sengaja saya buat judul memancing agar bisa menarik orang datang berkunjung ke blog saya.

    Yang kedua, sekalian ngetest ilmu SEO saya apa masih ampuh. Dan hasilnya, masih ampuh! Belum satu jam saya nulis posting ini Om Google sudah mengendus posting saya dan menggiring orang agar datang ke blog saya dengan kata kunci Luna Maya.

    BalasHapus
  3. heiiii... cerita luna mayanya segitu doannnggg????
    etika rusaknya mana???

    ahhhhhhhhh..... benar2 strategi..

    huh!
    :P :P

    BalasHapus
  4. Luna maya ramai sangat sepengtahuan di wartawan sob, di twtr luna maya ramai di follow , hehe...

    nice posting sobat!!!!

    BalasHapus
  5. kemarin prita, sekarang luna maya, besok2 bisa jadi salah satu diantara kita.. mmm... UU ITE tantangan bagi para blogger.. ayo rapatkan barisan :)

    BalasHapus
  6. Lisha, memang segitu doang. Lha, saya kan bukan infotainment.

    B3, saya sebelumnya juga pernah follow. He2 Ketahuan kalau penggemarnya juga.

    DeNi, memang sekarang lagi musim, sedikit2 da nuntut, Mas. Capek ngelihatnya!

    BalasHapus
  7. wah... memang luna maya lagi booming sekarang.. booming masalah maksudnya.......hehehehee

    BalasHapus
  8. Semoga semuanya (infotainment, para artis dan kita) bisa mengambil hikmah dari kejadian ini, Mas Arfi.

    BalasHapus
  9. i like your post, keep update your blog !!

    http://www.its-berry.com

    BalasHapus