Minggu, 03 Januari 2010

Evaluasi SEO di Tahun 2009

evaluasi seo
Tahun 2009 baru aja berlalu meninggalkan kita semua. Euforia suka cita menyambut tahun baru yang diwarnai ramainya tiupan terompet, ledakan warna-warni kembang api di udara, selama malam pergantian tahun baru, baru saja berlalu. Seperti kebiasaan tiap pergantian tahun, ada yang perlu kita evaluasi di tahun yang sudah kita tinggalkan.

Selama tahun 2009 saya mencoba mengevaluasi, menganalisa semua artikel-artikel saya di blog ini. Dan hasilnya, saya menemukan beberapa pengalaman ilmu SEO yang ternyata sangat berperan untuk mendongkrak Page Rank blog saya. Apa saja pengalaman tersebut?

Rahasianya ada pada deretan 6 artikel bertopik berikut ini:

  1. Resensi Buku Negeri 5 Menara

  2. Opini tentang BlackBerry

  3. Artikel Perhitungan Rekening PLN

  4. Kisah Pelajaran dari Seorang Dokter

  5. Tips tentang SEO

  6. Tips Komunikasi Seluler.


Itulah deretan artikel-artikel diptara blog yang dianggap penting dan populer oleh Google sehingga layak menyandang sebagai pilar artikel blog ini di tahun 2009. Secara umum artikel di diptara blog saya telah cek semua, dan rata-rata banyak yang sudah ber-Page Rank. Ada yang ber-Page Rank 1, namun sebagian artikel ada juga yang sudah ber-PR 2.

Pengalaman yang bisa saya ungkap dan catat serta bisa saya sharing disini dengan anda adalah:

Artikel yang paling banyak dicari pengunjung

Keenam artikel diatas adalah hanya contoh kecil artikel yang paling banyak dicari pengunjung yang datang dari search engine sehingga di mata Google dipandang sebagai artikel yang amat penting.

Tulis sebanyak-banyaknya artikel berkualitas

Kalau anda ingin cepat blognya segera atau cepat naik Page Rank-nya, tulis sebanyak-banyaknya artikel berkualitas yang topiknya paling banyak dicari orang di internet. Lebih disukai kalau tulisan anda adalah berupa tips yang topik artikelnya sangat memberi manfaat buat orang lain. Dan jangan lupa, terapkan ilmu SEO agar orang bisa tergiring menuju ke blog anda. Bidik kata kuncinya dengan menyebarkan di seluruh paragraf artikel posting anda. Jika anda menyertakan image, jangan lupa mendiskripsikan tag yang menjadi kata kuncinya.

Pengunjung yang datang dari search engine

Terakhir, ini yang sangat penting, yang perlu anda ingat! Pengunjung yang datang dari search engine sangat… sangat diperhitungkan oleh Google dibanding pengunjung lainnya yang datang secara direct URL ataupun referal link dari blog atau website lain.

Itu saja sharing pengalaman saya kali ini. Bagi para master SEO, ini sebenarnya sudah bukan rahasia lagi karena saya yakin ini hanya sebagian kecil dari teknik ilmu SEO diantara beberapa teknik SEO yang lainnya. Namun paling tidak paparan saya ini sekedar ingin mengungkapkan bahwa ilmu itu ternyata secara praktek sudah bisa saya buktikan di tahun 2009 lewat blog ini. Demikian, mudah-mudahan bermanfaat.




Bookmark and Share

3 komentar:

  1. Siip.. dapet ilmu baru lagi. thanks ...

    BalasHapus
  2. trus caranya dapet duit gmn dong?? hhehehe

    saya maunya dapet duit, bukan dapet rengking.. :P

    BalasHapus
  3. Sama-sama, Mas Puji.

    Lisha, kamu kok duit aja yang dipikirin. Tunggu dulu setelah rangkingnya da tinggi dan pengunjungnya banyak, baru saatnya moneytisasi blog.

    BalasHapus