Kamis, 22 April 2010

Apakah Ini Termasuk Kesalahan Anda Sebagai Blogger?

Red OceanJika Anda seorang blogger yang berniat untuk ber-Bisnis Online lewat blog Anda, atau seorang blogger dan orang biasa yang kelak bercita-cita ingin menjadi Penulis profesional, apakah Anda tahu dua kesalahan ini, entah Anda sadari atau tidak, yang prakteknya masih sering Anda lakukan? Apakah kesalahan ini termasuk juga yang Anda lakukan? Jika jawabannya nanti "Ya" tenang dulu, kesalahan ini juga pernah saya lakukan dulu. Tetapi jika jawabnya adalah "Tidak", saya bisa bilang: Hebat, Anda sudah satu step selangkah di depan dari para master blogger lainnya.

Berikut saya paparkan kesalahan umum yang sering dilakukan oleh para blogger. Silahkan Anda simak:

Menulis hanya untuk Hobi, bukan Bisnis

Sama seperti prolog saya dimuka, Entah ini Anda sadari atau tidak, setiap orang, tak terkecuali Anda, saya yakin punya kecenderungan untuk menekuni bidang yang menjadi kegemaran atau hobi Anda. Termasuk menulis di blog juga sama, jarang saya temui seorang blogger yang tema blognya adalah mengangkat tulisan yang diluar lingkaran apa hobinya, apa latar belakang pendidikannya dan apa latar belakang profesi dari bloggernya sendiri. Betul?

Situasi ini sebenarnya bukan sebuah kesalahan sejatinya, tetapi sebuah kecenderungan manusia. Karena setiap manusia secara harfiah pasti akan bertindak sesuai dengan apa yang dia sukainya. Bahkan seorang penulis, selalu memberikan wejangan demikian pada kita tatkala menemui kesulitan untuk menulis. Menulislah dimulai dari hal-hal atau topik yang Anda sukai dulu. Jangan menulis topik yang samasekali tidak Anda sukai atau Anda kurang menguasainya. Itu sulit.

Nah, pelan-pelan mindset tersebut harus dirubah. Menulislah topik apa saja, tidak hanya sebatas apa yang menjadi hobi dan profesi Anda saja, tetapi mulailah menulis dan mengangkat tema yang lagi Hot News dan dibutuhkan pasar saat ini. Seandainya Anda tahu betapa ini sering dilakukan oleh para penulis buku profesional di dunia penerbitan dan para Kolumnis di media cetak.

Anda tidak percaya? Silahkan datang ke toko buku Gramedia, dan lihatnya apa buku-buku baru dan yang laris manis disana? Rata-rata adalah buku yang membahas tentang tema yang lagi populer dibicarakan saat ini. Dan hanya sedikit saja buku yang laris adalah buku-buku karya fenomenal. Contoh buku karya fenomenal seperti buku Negeri 5 Menara karya A Fuadi beberapa waktu yang lalu. Kalau pun ada, biasanya adalah hanya buku-buku yang ditulis oleh jajaran para penulis best seller saja.

Jadi mulai sekarang, saran saya menulislah topik apa saja kedalam blog Anda. Mulailah menulis artikel-artikel yang temanya paling banyak dicari orang di internet. Jangan hanya menulis artikel yang sebatas Anda bisa dan sukai aja. Mulailah menulis beberapa tema yang banyak dicari orang ke beberapa blog Anda.

Jika Anda merasa kesulitan menuliskannya ke beberapa blog sekaligus, bisa ambil pilihan dengan menuangkannya kedalam satu blog tapi temanya tentang apa saja. Mungkin orang akan menyebutnya ini blog gado-gado karena tidak punya tema spesifik, tapi demi untuk bisa menjadi Penulis dan Internet Marketer profesional, "why not?" Daripada Anda hanya expert atau piawai menulis hanya dalam satu bidang itu-itu saja.

Bermain di Pasar yang sudah Keruh

Kesalahan terbesar yang sering dilakukan pebisnis online adalah bermain bisnis di niche, atau ceruk market yang sudah terlalu keruh atau sudah sedemikian besar para kompetitor yang sudah bermain disana. Jangan bermain dalam situasi Red Ocean,  dimana Anda akan berdarah-darah karena harus memenangkan ketatnya persaingan. Tapi sebaliknya, terapkan Blue Ocean Strategy. Angkat tema-tema perawan yang jarang diulas di blog kebanyakan.

Kalau Anda pernah belajar apa itu ilmu Internet Marketing, bukankah step-stepnya memang harus seperti itu? Pakai jurus Blue Ocean Strategy, seperti dalam ilmu marketing. Yaitu dengan mencari niche market lebih dulu, melakukan riset dan mencari kata kunci apa yang paling banyak dicari orang di internet, kemudian dicompair dengan jumlah pesaing yang sudah ada dalam ceruk market tersebut. Semakin banyak dicari niche tersebut dan semakin rendah kompetitornya adalah semakin bagus, barulah kemudian Anda memulai bikin blog dan ber-Bisnis Online, bukan?

Coba Anda cermati betapa banyaknya blog yang bermain atau mengangkat tema tentang "Bisnis Online" atau tema tentang "Cara Membuat Blog" dengan segala pernak-perniknya. Kenapa tidak Anda ciptakan blog dengan tema khusus yang jarang diangkat di blognya orang lain?

Nah, belajar dari dua kesalahan terbesar tersebut disinilah tuntutan strategi berbisnis online dan kemampuan menulis yang akan berperan besar. Jadi pelan-pelan Anda juga harus merubah diri kalau ingin serius menekuni dunia blogging. Entah hanya karena ingin ber-Bisnis Online ataukah mungkin kedepan bercita-cita ingin menjadi seorang Penulis hebat dengan menjadikan blog untuk mengasah kemampuan menulis Anda.

Apakah ada yang salah dengan pendapat saya ini? Ataukah Anda termasuk blogger yang belum terdiskripsikan dalam cerita saya ini? Silahkan Anda bisa menanggapi atau menambahkannya, terima kasih.




Bookmark and Share

12 komentar:

  1. Jawabannya Ya... semuanya ada pada saya. Pinginnya seperti apa yang anda paparkan tapi skill dalam bidang ini masih minim?

    BalasHapus
  2. Anda terlalu merendah. Saya suka dengan blogger rendah hati seperti Anda. Blog Anda meski temanya seperti blog yang saya sebut di posting ini tapi blog Anda punya nice pengunjung yang spesifik. Dan kelihatannya, Anda juga punya banyak blog dengan tema yang lain lagi.

    BalasHapus
  3. Kalau tidak berniat ngeblog untuk bisnis online nggak apa-apa kan kalau nulis cuma buat hobi.

    Saya rasa Paman Tyo tipe yang demikian. Bukan diniatkan untuk bisnis online, namun dampaknya sangat besar untuk membangun citra positif beliau. Dan ujung-ujungnya beliau sangat bisa untuk kecipratan rejeki dari kegiatan ngeblog :)

    BalasHapus
  4. Komentar Mas Mardianto ini sebetulnya lebih tepat pada posting saya yang ini: "Benarkah, Personal Branding Seperti Lomba Burung?"

    Saya pun nulis blog buat hobi, Mas. Dan bermimpi bisa jadi seperti Paman Tyo yang bisa dapat penghargaan dari Jerman. Dan mimpi saya yang lain adalah bisa menulis topik apapun termasuk itu yang kurang saya kuasai.

    BalasHapus
  5. Saya jadi malu....soalnya memang tema blog saya sudah sangat umum. Saya cuma berpikir seperti ini:
    1. Setiap saat akan muncul blogger awam dan membutuhkan tuturial blog yang jelas dan sederhana, jadi saya mencoba menulis hal itu dengan bahasa sendiri walaupun dengan saingan yang WAW....,
    2. Menulis lagi apa yang pernah didapat dengan kemasan sendiri saya pikir akan mencegah dari LUPA akan hal tersebut.

    Tetapi bukan berarti saya gak pernah usaha.....(LOL)

    BalasHapus
  6. Terima kasih, Mas Yuda saya sudah diingatkan. Kasus Mas Yuda dan Link Sukses mungkin bisa saya kecualikan. Dan Mas Yuda termasuk blogger yang belum terdiskripsikan dalam opini saya ini. Saya belum berpikir bukankah niat membantu sesama itu baik. Termasuk membantu blogger newbie dengan membuat tutorial blog, meski blog tema seperti itu sudah banyak jumlahnya.

    Terlepas dari niat membantu juga, Saya rasa bermain di Red Ocean juga bagus untuk para master blogger. Hitung2 seperti menguji ilmu SEO kita dengan para master lainnya. Dan Mas Yuda sudah sangat pantas saya sebut master, bukan newbie lagi sehingga tidak masalah kalau harus bermain di Red Ocean.

    BalasHapus
  7. Salam Kenal Pak Joko..

    tulisan ini menurut saya luar biasa. memberikan ilustrasi kepada pembaca, agar tidak berada pada jalur yang terlalu umum.

    namun dilain sisi, memang ada kecenderungan orang lebih menguasai apa yang disukai. sebab mereka lebih menggali apa yg disukai itu.

    jadi perlu pembiasaan diri, agar kemampuan dan ketertarik mengulas tema-tema sentral bisa dilakukan..

    BalasHapus
  8. Terima kasih, Mas Fadly Muin atas pujiannya, dan sudah mampir ke blog saya. Blog Anda juga luar biasa, sangat memotivasi, Mas.

    Betul, Mas. Pembiasaan diri untuk berusaha menulis topik apa saja, itulah yang kini berusaha untuk saya lakukan.

    BalasHapus
  9. Kadang banyak anak memang bisa banyak rejeki. Banyak peluang kalau mau diambil. :)

    BTW, apakah beberapa kata seperti "bisnis online" sengaja diulang dengan teks tercetak tebal via CSS dengan maksud sebagai kata kunci? Mengapa bukan memakai elemen strong saja?

    BalasHapus
  10. Pertanyaan yang sangat Kritis, Mas Dani.

    Kata "Bisnis Online", meskipun tujuan lainnya saya bold adalah untuk memberikan penekanan karena sebagai bahasannya, juga merupakan salah satu kata kunci yang berniat saya bidik.

    Dan saya tak cukup berhasil membidiknya karena kata kunci itu cukup banyak dibidik oleh para pebisnis online. Karena saya menemukan setidaknya ada 1.250.000 hasil pencarian dan ada 11 Adword di Google Co ID pada pencarian kata kunci tersebut.

    Ini suatu bukti bermain di Red Ocean tidak mudah. Thanks Mas Dani untuk koreksi pada CSS-nya.

    BalasHapus
  11. pertama kali saya ngeblog, tujuannya adalah mengumpulkan artikel kesehatan anak, karena waktu itu anak saya baru lahir dan untuk memudahkan dalam pencarian artikel seputar balita akhirnya saya membuat blog dengan posting hasil kopasan dari berbagai sumber. namun lama kelamaan hingga sekarang berkembang dan tidak seperti tujuan semula. jadi ngeblog akan berjalan ssesuai dengan waktu dan tujuan pun relatif akan mudah berubah ketika kita masih dalam taraf belajar. salam pak

    BalasHapus
  12. Tidak ada yang salah kalau akhirnya kita berubah menjadi Matre. Yang penting diawal kita sudah banyak memberi dulu. Jadi sebaiknya jangan dibalik. Belum apa2 sudah mengharap duluan akan dapat money dari blog.

    BalasHapus