Sabtu, 24 April 2010

Pengertian dan Sejarah Software Open Source

Open Source SoftwareBarangkali Anda sama seperti saya beberapa waktu yang lalu, yang tidak bisa membedakan apa itu bedanya software freeware dengan Open Source, mungkin artikel ini bisa Anda baca agar Anda bisa menjadi jelas dan bisa membedakan keduanya.

Artikel ini sengaja saya kutip (boleh Anda sebut Copas) dari website SMK RISTEK JAYA Jakarta, karena terus terang disamping menarik, juga maksud saya agar bisa melengkapi beberapa artikel saya sebelumnya yang sedikit mengulas tentang beberapa software Open Source. Anda nanti saya persilahkan baca deretan artikel-artikel saya yang mengulas tentang Open Source.

Beberapa posting artikel saya diantaranya yang mengulas tentang Open Source adalah, baca "Operating System Open Source, Leader in the Future". Kemudian review beberapa software Open Source seperti software Add-On Firefox Pemantau Gempa, Interclue yang bisa dipakai untuk mengintip Anchor Text atau Hyperlink, Open Source Pengukur Kecepatan Internet Bitmeter, dan blog editor SribeFire yang bisa Anda pakai untuk menulis atau update blog.

Nah, langsung saja berikut saya sajikan artikelnya yang mengulas tentang pengertian Open Source. Selamat membaca.

Menurut thesaurus Bahasa Indonesia, kata free bisa diartikan sebagai : bebas, blong, Cuma-Cuma, gratis, luang, meluputkan, membebaskan, terluang. Adapun secara istilah, free adalah kebebasan anda untuk menyalin software serta menggunakannya secara legal dikomputer manapun tanpa harus membayar biaya tertentu.

Adapun Open Source, secara istilah diartikan sebagai prinsip-prinsip dan metodelogi yang bertujuan mempromosikan akses terbuka terhadap tahapan produksi dan desain pada sebuah produk atau sumber daya apapun.

Istilah Open Source lazim diterapkan pada kode sumber (source code) dari software yang dibuat untuk kepentingan public secara umum dengan tidak adanya batasan hak atas kekayaan intelektual. Prinsip ini menyediakan kebebasan kepada user untuk membuat isi sebuah software secara bertahap maupun berkolaborasi.

Dengan munculnya internet, perkembangan dunia software open source sangat cepat, banyak kalangan bahkan menyatakan perkembangan software open source lebih cepat dibandingkan dengan perkembangan software Closed Source.

Model pengembangan open source memungkinkan pengembangan software dilakukan secara parallel dengan tujuan yang berbeda-beda. Metode pengembangan ini berbeda jauh dibandingkan dengan metode sentralistik yang lazim diterapkan di perusahaan pengembang software komersial.

Kata “open source” pertama kali muncul pada sebuah rapat di Palo Alto California. Ketika itu, Netscape yang merupakan pengembang browser Navigator ingin melepaskan kode sumber dari produk dengan nama Mozilla di bulan Januari 1998. Merekan ingin membedakan diri dan menghindari konfrontasi ideologis maupun konotatif dengan istilah Free Software yang dipelopori oleh Richard Stallman. Para penggagas istilah open source adalah : Christine Peterson, Todd Anderson, Larry Augustin, Jon Hall, Sam Ockman, and Eric S. Raymond.

Istilah “open source” ini kemudian menjadi terkenal setelah dipublikasikan oleh tim O’Reilly melalui sebuah event yang diadakan di bulan April 1999. Event ini dihadiri oleh para selebritis IT yang terlibat dalam project-project free open source, seperti Linus Torvallds (penemu Linux), Larry Wall, Brian Behlendorf, Eric, Allman, Guido van Rossum (pembuat python), Michael Tieman, Paul Vixie, Jamie Zawinski dari Netscape, dan Eric Raymond.

Untuk menjaga perkembangan dunia open source, dibentuklah sebuah badan yang disebut Open Source Initiative. Badan ini didirikan tahu 1998 oleh Eric S. Raymond dan Bruce Perens. Definisi open source yang digunakan disini Debian Free Software Guidelines.

Saat ini, perkembangan Open Source tidak hanya terbatas pada dunia IT, namun juga pada beberapa hal sebagai berikut : Pertanian, Kesehatan dan Farmasi, Teknologi, Media, Pendidikan, Pemerintahan dan Kesenian.

Demikian kutipan artikelnya. Mudah-mudahan bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda, terima kasih.




Bookmark and Share

2 komentar:

  1. thanks for the interesting information

    BalasHapus
  2. makasih bermanfaat bnget buat saya ...

    BalasHapus