Kamis, 08 April 2010

Awas, Hati-Hati Dengan iPhone Anda

iPhoneSiapa bilang ponsel Smartphone selalu pintar, aman tidak bisa dibobol Hacker. Siapa bilang produk Apple yang terkenal dengan Operating System Macintosh, iPod dan ponsel iPhone-nya yang terkenal canggih, hebat dan tangguh OS-nya ternyata prakteknya tidak lebih baik dan unggul dibanding ponsel smartphone lainnya seperti ponsel Nokia, Blackberry dan ponsel Android. Kenapa pasalnya?

Kemarin saya mendapat berita yang cukup mengejutkan ini dari milis Telematika. Sebuah email yang ditulis oleh Pak S Roestam, seorang praktisi Telematika dan sekaligus seorang blogger ini mengabarkan berita yang cukup mengejutkan saya. Dan siapa tahu barangkali termasuk Anda juga yang kebetulan sudah menggunakan iPhone sebagai ponsel bisnis Anda. Silahkan Anda baca langsung ke blognya di sini kalau ingin tahu lebih detil. Berikut saya kutip sebagian beritanya dari milis:

HP Pintar (Smartphone) yang paling rawan tingkat keamanannya berdasarkan hasil survey perusahaan nCircle ternyata adalah iPhone buatan Apple Computers. Resiko ini cukup membahayakan bilamana Smartphone iPhone ini digunakan untuk aplikasi bisnis yang memerlukan kerahasiaan data. Perbandingan tingkat kerawanan keamanan bagi iPhone adalah sebesar 57% dibandingkan sebesar 39% bagi HP Android, 28% bagi HP BlackBerry dan 13% bagi HP Nokia.

Dari penelitian, dibuktikan bahwa hacker dapat meng-hack database SMS iPhone dalam waktu 20 detik. Kelemahan keamanan iPhone ini dikarenakan Apple belum memperbaiki fitur enterprise-security dari hardware-nya sejak pertengahan tahun 2009.

Jadi kita perlu memperhatikan tingkat keamanan sebuah Smartphone bilamana akan dipakai untuk komunikasi yang mengandung rahasia bisnis.



Beberapa waktu yang lalu saya juga sempat menulis tentang Blackberry dan mencoba membandingkannya dengan iPhone dan Nokia, bisa baca di artikel 10 Alasan Mengapa Saya Tidak Suka Blackberry, ternyata saya justru mendapat pencerahan karena mendapat respond dari dua orang pengguna BB yang berusaha menyanggah dan mengemukakan fakta lain yang belum saya ketahui. Karena kebetulan kala itu saya belum tertarik untuk menggunakan BlackBerry.

Dan kini, setelah akhirnya saya memutuskan menggunakan Blackberry, saya berkesimpulan, tidak salah kalau BB menyandang predikat sebagai ponsel bisnis cerdas karena feature bisnisnya memang terbukti sangat powerful. Sebut saja fasilitas BBM-nya (Blackberry Mesengger) yang bisa dimanfaatkan untuk chatting conference bisnis untuk beberapa orang sekaligus secara online dari ponsel. Push Email-nya yang ngepush secara realtime, data email dan browsernya yang dienskripsi dan terkompresi serta beberapa keunggulan lain yang saling terintegrasi dengan baik.

Cuma kini saya tak menyangka ternyata justru Nokia, bukan Blackberry atau iPhone yang sempat membuat saya kepincut, yang paling unggul dari yang lainnya dalam hal keamanannya. Nokia ternyata bisa mengalahkan iPhone dan BlackBerry, dan ponsel Android yang menurut beberapa pengamat digadang-gadang pelan-pelan bisa menggeser dominasi iPhone dan Blackberry sebagai ponsel Smartphone yang banyak dipakai orang sekarang ini. Bisa baca hasil surveynya di artikel saya sebelumnya di Operating Open Source, Leader in the Future.

Saya tidak tahu apa yang menjadi alasan perusahan Apple dengan tidak melakukan update security softwarenya sejak pertengahan tahun 2009 lalu. Apakah karena iPhone dibuat untuk menyasar pelanggan non bisnis sehingga hanya mementingkan fungsi entertainment multimedianya saja sehingga kurang peduli dengan sisi securitynya? Mungkin ada yang tahu alasannya?

Pesan saya: Bagi Anda para pengguna iPhone, lewat posting ini tidak ada salahnya saya mengingatkan Anda untuk berhati-hati dengan data penting yang ada di iPhone Anda. Dan bagi Anda yang kebetulan baru berniat untuk membeli gadget perusahaan Apple tersebut, ada baiknya Anda pending dulu keinginan Anda tersebut sebelum ada klaim resmi dari perusahaan Apple mengenai perbaikan security ini.




Bookmark and Share

6 komentar:

  1. waduh gimana dengan Ipadnya? kalau ndak salah sistem operasinya khan serupa dengan Iphone..

    BalasHapus
  2. Boleh jadi OS-nya ya sama, Mas Gardino. Untungnya saya belum pemakai produk Apple. Maklum, saya nggak mampu beli karena rata-rata harganya mahal semua.

    BalasHapus
  3. Berdasarkan bukti kehandalan yang Mas Joko tulis, mungkin seharusya Blackberry bernama Smart Blackberry atau Smart BB. Dan kalau dipikir-pikir kayaknya meningan HP murah sekalian daripada resiko kena hacker database. Eh..tapi gak tahu juga mungkin HP biasa-2 pun bisa kena hacker ya Mas Joko?

    BalasHapus
  4. Kayaknya, sih tetap lebih aman pakai ponsel Java, Mas Yuda. Karena serangan Hacking dan virus lebih banyak menyerang pada smartphone

    BalasHapus
  5. Tpi I-Phone kn keren mas..
    ak pgn pny malahan..
    hehe..
    liat tampilanny aja menggiurkan :D
    haha...

    BalasHapus
  6. Muhammad Noer18 April 2010 10.35

    Wah terima kasih atas masukannya Mas. Sy sendiri sempat berpikir lama mau pilih Blackberry atau iPhone namun pilihan akhirnya jatuh pada produk apple yg memang elegan. Sy buka web apa saja tampil dgn baik termasuk Internet banking. Anyway harus lebih hati-hati dgn security data.

    BalasHapus