Jumat, 14 Mei 2010

Antara Luna Maya, Mesin dan Komentar Spam

CAPTCHAMemang tak mudah untuk bisa memuaskan semua pihak. Yang ada harus memilih. Dan masing-masing pilihan punya konsekuensi dan resikonya sendiri-sendiri. Termasuk urusan dalam perkomentaran di dalam blog.

Dulu salah seorang sahabat blogger saya, Mas Mardianto pernah memberikan saran ke saya agar setting komentar pada blog ini agar dibuat lebih terbuka. Maksudnya, agar tidak hanya pengomentar dari user Google dan OpenID saja yang bisa berkomentar dan meninggalkan jejaknya, tetapi semua user bisa meninggalkan komentarnya.

Saran itu kemudian saya turuti dan tetap saya aktifkan sampai sekarang, karena memang ada benarnya. Semua user, baik blogger maupun non blogger bisa meninggalkan komentarnya. Meski tak jarang pengomentar Anonymous akhirnya sering mampir memberikan komentar negatifnya. Kalau Mas Anis, sahabat blogger saya suka menyebut pengomentar seperti itu sebagai Pengkritik Destruktif.

Kemudian beberapa waktu yang lalu juga ada pengunjung yang mengeluh saat meninggalkan komentarnya di blog ini. Gara-garanya Show word verification for comments atau image anti spam yang bernama CAPTCHA, yang kebetulan saya aktifkan di blog ini telah membuatnya mengeluh karena kurang aksesibel.

Setelah saya pikir-pikir cukup lama benar juga, bukankah anti spam CAPTCHA memang kenyataannya kurang aksesibel dan cenderung membuat ribet pengunjung kalau hendak meninggalkan komentar? Karena tak jarang word image yang muncul sulit terbaca.

Itu adalah kenyataan. Dan blog engine blogspot memang tak seperti blog dengan engine wordpress. Kalau pada wordpress sekali Anda login ke Dashboard Anda, terus berkunjung ke blog-blog wordpress lain, jika hendak meninggalkan komentar bisa langsung ketik komentarnya, tak perlu ribet dengan lebih dulu memasukkan nama, alamat email dan URL atau nama user dan password seperti dalam blogspot. Jadi dengan menambahkan CAPTCHA, sama saja saya sudah memberikan banyak tembok yang perlu dilalui pengunjung untuk sekedar meninggalkan komentar. Alangkah ribetnya.

Akhirnya saya putuskan anti spam CAPTCHA blog ini saya disable.

Baru satu minggu tembok CAPTCHA saya hilangkan dari blog ini, gelombang serangan spam akhirnya menyerang blog ini secara bertubi-tubi. Serangan spam datang menyerang blog saya hampir setiap hari. Dari caranya berkomentar, kata-kata yang ditinggalkan dan tidak adanya jejak yang tercatat dalam statistik blog saya, saya menganalisa penyepamnya adalah bukan manusia, tapi mesin.

Sekedar contoh berikut saya kutip komentar spam yang pernah ditinggalkan spammer dalam blog saya:

From: Anonymous <noreply-comment@blogger.com>
Date: Fri, 30 Apr 2010 00:33:15 -0700 (PDT)
To: <admin@diptara.com>
Subject: [DIPTARA blog] New comment on Antara Luna Maya, Etika dan Keyboard Rusak.

Anonymous has left a new comment on your post "Antara Luna Maya, Etika dan Keyboard Rusak":

[size=72][color=red][url=http://www.goeu.in/go.php?sid=32]Free Ringtones![/url][/color][/size]

[url=http://www.goeu.in/go.php?sid=32][img]http://fastloannow.ru/ringtones/ringtones-18.jpg[/img][/url]

[size=72][color=red][url=http://www.goeu.in/go.php?sid=32]Download Ringtones![/url][/color][/size]

motorola v555 ring tones
dterm i series ringtones
petula clark call me ringtone
polyphonic ringtones for nokia phonex
ill be back ringtone

if i was ur vampire ringtone
free phone polyphonic ringtone samsung
ringtones iusacell
no monthly fee ringtones
iphone ringtone importer
ringtones polyphonic verizon lg
mobile phone ring tones uk
vienna teng harbor ringtone
3588i download nokia ringtone
download rkelly ringtones from zshare
download one ringtone one price
mp3 ringtones verizon
alltel ringtone wipeout
ringtones formula one
lg voyager ring tone from vcast
lg scoop free ringtones alltel
ringtone wallpaper adult uk
sprint and free ringtones
ringtones for nokia 2700
cutting mp3 for ringtone maker freeware

Posted by Anonymous to DIPTARA blog at April 30, 2010 2:33 PM


Hem, tapi untungnya saya mengaktifkan alert email ke Blackberry saya jadi begitu ada komentar spam masuk maka hanya dalam hitungan menit saya bisa langsung delete komentarnya lewat ponsel saya.

Tapi mendelete komentar ternyata bukan solusi yang mengenakkan saya, blogger adminnya, karena cukup merepotkan saya. Akhirnya saya putuskan dengan merubah settingnya menjadi pakai sistem moderasi komentar.

Baru satu hari saya aktifkan moderasi, saya mendapat komentar protes dari sahabat blogger saya Lisha. Dia mengatakan keterkejutannya sebab komennya sekarang kok dimoderasi dan bilang jadi takut berkomentar karena takut komentarnya tidak lolos audisi.

He.....He..... Memangnya Indonesian Idol pakai lolos audisi segala?

Dan kini, setelah saya pertimbangkan kembali masak-masak akhirnya saya harus balik lagi seperti semula, tak perlu mengaudisi dulu komentar, tapi tetap perlu memberikan tembok penghalang spam bernama CAPTCHA agar gelombang serangan spam tak kembali menyerang.

Semoga keputusan ini yang paling tepat meski membuat repot Anda para pengunjung blog ini. Sekali lagi saya mohon maaf karena tidak bisa memuaskan semua pihak. Jika Anda ada saran yang bisa memuaskan semua pihak maka saya akan terima masukkannya dengan senang hati.

Satu pertanyaan saya di akhir posting ini buat Anda: Apakah mesin juga suka dengan cewek cantik? Mengapa mesin spammer suka sekali ninggalkan komentar spamnya di artikel saya yang ada foto cantiknya Luna Maya? Hi.....Hi......




Bookmark and Share

17 komentar:

  1. Saya belajar pentingnya Captcha waktu saya masih ngeblog di Friendster. Spam dari sebuah perusahaan jasa pembuatan tesis membanjiri blog saya sampai 100 biji. Edan.

    Akhirnya saya pakai Captcha dan spam itu berhenti. Karena, orang bisa saja kelelahan buat menyepam, tapi robot tidak akan pernah lelah menyepam. Makanya saya bilang, robot lebih berbahaya ketimbang manusia.

    BalasHapus
  2. Benar, Mbak Vicky, CAPTCHA ternyata masih cukup ampuh untuk menghalangi spam robot. Mudah-mudahan kelak tak muncul teknologi robot spam yang bisa menembus CAPTCHA. Semoga!

    BalasHapus
  3. hahahaha.. saya bukan protes mas..
    hanya sedikit was-was..

    wajar doong..

    ya wajar..
    *apa sih??*

    karena saya sadar selama ini sering komen ndak nyambung, ndak mutu dan ndak asik..

    3 hal ini bisa ajah jd alesan buat tidak meloloskan komen saya dan menganggapnya SPAM..
    betapa sedihnya saya bila itu terjadi..

    tapi saya tetap setuju dan tidak melarang dengan moderasi komen..
    hak sepenuhnya pemilik blog..
    palagi klo udah terlalu byk pengunjung.. dan klo smpe pengunjung yang bejibun itu tukang sampah semua, kebayang dong mumetnya si empunya blog nge-dilet2-in sampahan2 itu :)

    so..
    bebaskan dirimu dan blogmu..
    suka-suka kamuuuuuu... :))

    BalasHapus
  4. Bebaskan dirimu. He...He.... Saya sudah berusaha membebaskan diriku.

    Orang boleh saja berpendapat: "Ini blog gua maka suka-suka gua. Mau pasang moderasi, pasang CAPTCHA dll, itu hak gua dong."

    Tapi aku memilih tak mau seperti itu, Lis. Bagiku pengunjung adalah orang yang perlu didengar dan dilayani dengan baik. Termasuk masukan kamu sangat berharga buat blog ini.

    BalasHapus
  5. Secara kuantitas, dalam per hari saya bisa mendapatkan komentar SPAM 50an ke atas. Plugin Akismet di WP lumayan efektif untuk menyaring SPAM. Tapi belakangan server sering error jadi komentar SPAM nyelonong ke daftar komentar yang menunggu moderasi.

    Moderasi komentar kayaknya pilihan tepat untuk blog saya, meskipun bukan bermaksud mencurigai. Jadi sewaktu2 server lagi error, komentar SPAM tersebut bisa ditandai sebagai SPAM, meskipun saya kewalahan juga. :)

    BalasHapus
  6. Mantabbb pengetahuannya sob, good info

    BalasHapus
  7. Betul sekali, memang tidak mudah memuaskan semua pihak. 'Pengalaman tentang komentar' yang menarik sekali. Hanya blog kami belum pernah mendapatkan komentar spam, apalagi menghapus spam. Trims sharingnya. Salam sukses.

    BalasHapus
  8. Sedikit nimbrung nih....
    Mudah-mudahan kedepan Blogger menambahkan fiture seperti Akismet di Wordpress yang cukup efektif mengendalikan spam comment, namun sementara ini sepertinya pengomentar harus mampu menebak teka-teki CAPTHA yang tidak bisa dilakukan oleh sang robot meskipun terkadang teka-teki baru muncul setelah salah tebak (he..he..)

    BalasHapus
  9. Anis Fahrunisa: Mendapatkan komentar SPAM 50-an ke atas per hari? Wow, luar biasa! Saya berarti masih sedikit kalau dibandingkan blognya Mas Anis. Jangan-jangan karena Mas Anis banyak masang image cewek cantik seperti Luna Maya sehingga sangat disenangi Spammer. He2

    blog buat bloggers: Terima kasih, sama2, Sob.

    Herdoni Wahyono: Jangan, Mas. Kena spam itu nggak enak. Mudah-mudahan blog Info Seputar Kita tidak diserang Spam.

    Yuda: Ya, kita sama-sama menunggu Mas Yuda. Mudah2an kedepan ada seperti Akismet di WP untuk Blogspot.

    BalasHapus
  10. Spammer, namanya juga usaha mas,hehehe, mungkin mmg resiko punya blog/web, selain captcha mungkin rajin menghapus comment spam mas. matur suwun :p

    BalasHapus
  11. Wah sebagai blogger newbie .. kok malah belum sempat mikir sampe segitu ,, pokoknya seneng aja klo ada yang comement,,, thx inponya berguna banget sob,, mampir balek ya ...thx

    BalasHapus
  12. Lintang: Namanya juga usaha. Betul! Dan saya juga berUSAHA agar memuaskan semua orang, Mas Lintang, kecuali Spammer.

    MisterXWebz: Dengan meninggalkan comment di sini, sama seperti Anda kalau dapat komentar, kali ini Anda juga sudah berbuat untuk menyenangkan orang lain. Dan Insya Alloh saya juga akan lakukan yang sama ke blog Anda.

    BalasHapus
  13. Terima kasih mas, udah mau mampir salam hormat saya, untuk mas diptara yang notabene udah "senior" dibanding saya .. comment diblog saya menambah ilmu bagi saya... Syukurlah selama ini yang tukeran link sama saya tetap saling mengunjungi dan walaupun ada beberapa blogger "senior" yang ga mau kunjung balek, ya terpaksa seperti mas diptara katakan, mohon maaf ya tak remove ... ditunggu kunjungan dan saran-saran berikutnya mas .. tengkiu ... oia sekalian kalau berkenan tukeran link ya mas,, udah saya pasang linknya ...

    BalasHapus
  14. Sama-sama, Mas. Jangan sebut saya senior, ah karena yang lebih senior dari saya masih banyak.

    Untuk tawaran Tukar Linknya saya terima, Mas kalau memang ingin menjalin persahabatan dengan saya. Tapi mohon dipikirkan sekali lagi karena PR blog saya cuma PR 2.

    Link MisterXWebz sudah terpasang. Silahkan dicek ke sidebar blog ini.

    BalasHapus
  15. ya tetep seniorlah, wong saya jg baru ngblog 3 bulan,
    mas .. mas apalah arti PR itu cuma status doang, yang penting pertemanan ... yuuuk

    BalasHapus
  16. hehehe...saya juga dulu salah satu orang yang gatel pengen komen tulisan di blog ini...tapi gak bisa karena khusus buat blogspot ajah... :D

    BalasHapus
  17. MisterXWebz: Terima kasih banyak, Mas untuk uluran persahabatannya yang tulus.

    bukan detikcom: Wah, saya baru tahu sekarang ternyata dulu termasuk Mas Gardino juga yang kesulitan comment. He2

    BalasHapus