Selasa, 18 Mei 2010

5 Tips Mengatasi Blackberry Bengong

BlackBerry BengongBlackberry sebagai salah satu ponsel canggih, sama seperti halnya perangkat smartphone lainnya bukan berarti tak punya kelemahan. Salah satu masalah atau kelemahan yang sering muncul pada Blackberry adalah mengalami kondisi yang disebut Blackberry Bengong.

Ciri-ciri Blackberry Bengong, yaitu sepintas seperti tidak terjadi masalah karena kondisi layar juga masih aktif, menu-menu masih bisa dibuka namun diam saja, alias tidak bisa nge-push email, tidak bisa BBM, dan juga tidak bisa chatting YM atau Gtalk.

Biasanya masalah tersebut terjadi karena ada problem di piranti lunak atau software maupun pada piranti keras atau hardware Blackberry Anda.

Berikut adalah beberapa Tips untuk mengatasi Blackberry Bengong:

  1. Cabut baterai Blackberry langsung tanpa mematikannya lebih dulu. Cabut baterainya dan diamkan minimal 1-2 menit lalu pasang kembali. Fungsi cabut baterai ini sedikit mirip dengan kasus hang yang biasanya sering terjadi pada ponsel biasa.
  2. Lakukan Registrasi HRT. Caranya tekan Menu kemudian Options >> Advanced Options >> Host Routing Table >> Tekan Menu atau logo Blackberry >> Register Now. Fungsi Registrasi HRT ini bertujuan untuk memastikan apakah Blackberry Anda telah terdaftar di jaringan BIS (Blackberry Internet Service) sehingga memicu bisa normal kembali.
  3. WIPE Blackberry. Yaitu melakukan reset manual dengan tekan Options dari Menu >> Security Options >> General Setting >> Tekan Menu atau logo Blackberry >> Pilih menu Wipe Handheld >> Lalu ketikkan tulisan Blackberry. Untuk melakukan ini jangan lupa terlebih dahulu backup data terdahulu pakai aplikasi Blackberry Desktop Manager.
  4. Reset Blackberry. Ada dua cara yaitu Soft reset dengan tekan sekaligus tombol Alt+Shift+Del secara bersamaan. Kedua, Double Soft reset, ini sama dengan efek cabut baterai seperti tips no 1. Caranya pencet Alt+Shift+Del dua kali dalam timing yang tidak jauh berbeda hingga muncul tanda jam pasir.
  5. Lakukan reset dengan bantuan aplikasi QuickPull. Aplikasi QuickPull juga sama berfungsi untuk melakukan soft reset. Bedanya dengan ke-4 cara diatas adalah aplikasi QuickPull yang akan melakukan reset secara otomatis sendiri. Bahkan Anda juga bisa setting atau buat Scheduling Options secara otomatis. Jika Anda belum punya aplikasi ini bisa download lewat Blackberry App World di Blackberry Anda atau download langsung dari browser BB Anda lewat link ini http://www.mobihand.com/product.asp?id=2298&n=QuickPull.
Demikian Tips dari saya, semoga bermanfaat.




Bookmark and Share

7 komentar:

  1. Tipsnya mantap mas, smntara dsmpen dlu coz blm pake BB, trlnjr jth cntrng sm k-touch e329 hp + modem.. sukses ya mas...

    BalasHapus
  2. iya bener kt si mister..
    di keep dulu deh..
    siapa tau taun depan udeh punya BB
    *doh ketinggalan jaman bgt yah??*

    itu si BB suka bengong yah??
    ga takut kesambet apa dia??
    bilangin mas..
    ayam tetangga saya kmrn bengong.. matiiii..
    hehehe
    ga lucu yah??

    udah ah.. mau cari makan dulu..
    laper..

    mau ikut?? tp saya makan haram loh?
    *hasyah dibahas*

    BalasHapus
  3. Info yang menarik mas.
    Tapi sayang, gak pake BB, hehehhe...
    Masih setia sama Nokiyem :D

    BalasHapus
  4. Sip, infonya oke punya mas.
    Tapi, lagi gak punya BB nih, hehehe...
    Ikutan nge'bookmark dulu ah :)

    BalasHapus
  5. MisterXWebz: Ya Mas. Ponsel China sekarang juga bagus2 nggak kalah sama BB.

    Lisha Boneth: Namanya juga orang hamil jadi bawaannya makan melulu. Asal jangan ngidam pingin makan BB aja. He2

    Zippy: Ponsel primary saya juga masih Nokia, Mas.

    Dunia Hape: Oke, terima kasih sudah tertarik untuk bookmark blog ini.

    BalasHapus
  6. @ sist lisha ... gila deeh commetnya ... sumpah aku ngakak baca commentya ... xixixixxixixixixixi...

    BalasHapus
  7. kalo blackberry bengong lemparkan aja ama aye om..hihihi...

    BalasHapus