Sabtu, 01 Mei 2010

Anda Blogger Biasa, Blogger Seleb Atau Blogger Sok Seleb?

Sandra Dewi BlogOpini yang akan saya sampaikan berikut ini sangat provokatif. Berpotensi membuat tersinggung beberapa pihak. Jika Anda kategori orang yang pemarah, sebaiknya jangan Anda teruskan baca artikel ini. Tapi jika Anda tetap memaksa, saran saya: Sebelum Anda teruskan membaca, ada baiknya Anda rilex dulu, tarik nafas Anda dalam-dalam lalu pelan-pelan hembuskan. Ulangi sampai beberapa kali. Jika Anda sudah mulai tenang, lanjutkan. Atau kalau Anda kebetulan merokok, akan lebih baik baca artikelnya sambil merokok agar bisa lebih santai.

Oke, bisa saya mulai? Langsung saja kita bahas, ya. Saya sudah merumuskan 10 kriteria yang bisa menjadi parameter seorang Blogger Seleb. Selanjutnya nanti Anda bisa mengira-ngira sendiri, Anda termasuk blogger tipe yang mana. Blogger Biasa, Blogger Seleb, atau Blogger Sok Seleb.

Berikut point-point kriterianya, silahkan Anda simak:

  1. Punya banyak Fans. Seorang blogger seleb pasti punya banyak fans. Tandanya bisa dibuktikan dengan jumlah penggemar di Fan Page blognya bisa mencapai hampir seribu atau lebih orang penggemar. Maaf, untuk Follower Blog seperti dalam Google Friend Connect saya kecualikan karena kebanyakan biasanya dilakukan karena saling mem-follow saja, bukan follower yang sesungguhnya.
  2. Punya banyak Follower di Twitter. Kriteria yang ke-2, seorang blogger seleb pasti punya banyak pengikut atau Follower di Twitter dengan jumlah sangat banyak. Biasanya mencapai seribuan, bahkan bisa lebih. Tapi ingat, banyak disini saya batasi bukan karena saling mem-follow tetapi rasio Follower dibanding Follow-nya berbanding terbalik. Yaitu lebih banyak followernya ketimbang follownya.
  3. Tidak Perlu Balas Komentar. Salah satu kriteria yang lain, yang bisa dilihat pada ciri-ciri Blogger Seleb adalah jumlah pemberi komentar blognya sangat banyak, diatas 50-an komentar setiap kali postingnya. Dan karena saking banyaknya maka Blogger Seleb tak punya waktu dan perlu membalas semua komentar yang masuk, cukup hanya beberapa komentar yang dirasa perlu dijawab akan dibalas, selebihnya tak perlu dijawab.
  4. Setiap Posting selalu cepat dapat komentar. Masih terkait dengan poin ke-3, ciri blog dari Blogger Seleb adalah selalu cepat dapat komentar. Kalau blog bukan punya Blogger Seleb, biasanya Anda sangat mudah untuk mendapatkan komentar Pertamax. Tapi tidak dengan blog seleb. Sangat susah sekali untuk bisa mendapatkan komentar pertama pada blog seleb.
  5. Jarang Blog Walking. Blogger Seleb adalah trend setter jadi salah satu ciri-cirinya adalah tak akan menghabiskan waktu bloggingnya untuk Blog Walking kesana kemari dan meninggalkan komentar untuk mencari trafik, termasuk jarang sekali membalas kunjungan dan berkomentar ke blog Anda.
  6. Page Rank dan Alexa Rangking blognya bagus. Salah satu parameter blog populer adalah PR-nya tinggi dan angka Alexanya sangat ramping. Ciri-ciri blog seleb adalah PR blognya sudah tinggi diatas PR 3 dan Alexa Rangking-nya sudah melejit tinggi kurang dari 100 ribuan.
  7. Blognya menjadi tempat rujukan banyak blog lain. Di dunia kepenulisan tulisan atau pendapat tokoh selalu jadi bahan rujukan para penulis. Demikian pula di dalam dunia blogging, seorang Blogger Seleb tulisannya akan banyak menjadi tempat rujukan banyak blogger lain, seringkali artikelnya dikutip, di-publish ulang, di-submit ke forum-forum online dan bisa jadi tempat rujukan penulisan sebuah buku.
  8. Sering jadi Narasumber. Dalam banyak kesempatan seorang Blogger Seleb bisa dicirikan dengan kiprahnya yang sering menjadi pembicara atau Narasumber dan dimintai pendapat atau advice-nya oleh banyak kalangan terkait dengan per-bloggeran atau dunia blogosphere.
  9. Terkenal di internet dan di dunia nyata. Kriteria terkenal di dunia nyata saya rasa sudah cukup jelas, sementara terkenal di internet bisa ditandai dengan banyaknya blog, forum-forum mayor, milis dsb yang mereference nama dan blognya di internet. Ini bisa ditandai dengan munculnya banyak link hasil pencarian yang tinggi di SERP (Search Engine Result Page) mesin pencari jika kita ketikkan nama atau blognya di Google.
  10. Menginspirasi dan sudah menjadi panutan banyak blogger lain. Ini ciri-ciri atau kriteria yang paling berat dan jarang bisa dipenuhi mayoritas blogger kalau menurut pendapat saya. Terutama kata-kata yang terakhir, menjadi panutan banyak blogger lain sungguh tidak mudah.
Itulah kurang lebihnya ke-10 ciri-ciri dari seorang Blogger Seleb. Jika minimal setengahnya saja ciri-ciri tersebut diatas sudah ada pada diri dan blog Anda, saya hanya bisa mengucapkan: Selamat Anda layak disebut sebagai Blogger Seleb.

Tetapi jika kurang dari separuh Anda belum bisa memenuhi kriterianya tapi kelakuan Anda sudah kemlinti, kemaki, suka nggaya dan Sok Artis seperti ciri-ciri pada nomor 3, 5 dan sering bertindak seperti nomor 8 (sok pintar padahal belum), maka selamat Anda sudah layak menyandang predikat Blogger Sok Seleb.

Mohon maaf jika ada yang tersinggung setelah membaca kata-kata saya yang terakhir diatas. Sebelum ada yang benar-benar menghujat saya, sekali lagi saya mohon maaf. Tulisan ini tidak ada maksud untuk menyindir siapa-siapa, tapi hanya sebagai cermin dan intropeksi diri saya sendiri saja. Dan syukur-syukur siapa tahu berguna buat Anda juga. Jika sama sekali tak berguna, lupakanlah.

Akhirnya, sebelum ada yang bertanya dengan pertanyaan kritis menanyakan saya termasuk blogger yang mana? Saya bisa jawab: Saya hanya blogger biasa yang berusaha agar tidak menjadi Blogger yang Sok Seleb. Jadi tolong tegur saya seandainya menurut Anda saya sudah mulai bersikap Sok Seleb.

Disclaimer: Pemasangan foto Sandra Dewi dalam posting ini samasekali atau tak ada hubungannya dengan Opini ini. Selain hanya relevansi keterkaitan karena Sandra Dewi adalah artis dan kebetulan seorang Blogger Seleb beneran.




Bookmark and Share

15 komentar:

  1. wah saya seorang blogger pemula dan biasa, tapi jarang blog walking juga tuh... semoga saya tidak termasuk blogger yang 'kemaki' ya mas? he he...,

    BalasHapus
  2. Blogger seleb ibarat grup band, yg bikin terkenal justru fans/pengemarnya,andai saja ada blogger yg kemaki, heheeh, saya rasa dia belum siap mental, walau rada kontroversial, blogger seleb sering melakukan kebohongan public kpd pengemarnya. jan ngaya tenan...

    BalasHapus
  3. saya blogger biasanya. dan menikmati status ini :)

    BalasHapus
  4. seleb ga seleb yang penting ngeblog... feel free to write...
    -yg pasti ini komen dari blogger non-seleb ;)-

    BalasHapus
  5. Pujiono Abuzuhasna: Dengan berkunjung kesini Mas Puji sudah termasuk yang masih suka menjalin silahturahim dan nggak termasuk blogger kemaki itu, Mas.

    Lintang: Kebohongan publik? Wah, saya baru tahu yang seperti ini.

    Fanz: Sama. Saya juga blogger biasa, Mas.

    alice in wonderland: Sing penting ngeblog. Betul itu. Masalah seleb gak seleb bukan urusan kita

    BalasHapus
  6. Semula saya mengira diri saya blogger sok seleb. Tapi setelah saya membaca kriteria di atas, saya putuskan: Saya bukan blog sok seleb.

    Malah saya putuskan, bahwa saya adalah seleb yang sok ngeblog!

    Hahahahah.. *ketawa a la Pahlawan Bertopeng*

    BalasHapus
  7. Ha Ha Ha jadi ketawa baca komen Mbak Vicky.Kalau saya malah artis beneran. Artis tapi bukan Seleb apalagi sok seleb, cuma artis biasa yang sok ngeblog.Hi2

    BalasHapus
  8. Mas Joko ni iso wae nyindir yo..? Aku nih penginnya jadi blogger narsis tapi bertolak belakang sama kepribadianku he he...jadi blogger biasa siapa nyangka nantinya jadi luar biasa.

    BalasHapus
  9. ahaha....
    mas joko ni ada2 aja..
    Blogger seleb,wkwkw...
    tpi moga2 ak bkn termasuk d dalemny..
    wkwkw...
    nice mas :D

    BalasHapus
  10. Gustin: Siapa tahu nanti jadi luar biasa beneran. Tinggal nunggu waktu aja, kan Mas Agus?

    Phuad: Namanya juga ada-ada aja, Mas Fuad ya selalu ada aja yang begitu. Yang penting kita berdua, mudah2an tidak ikut2an sok seleb. He2

    BalasHapus
  11. aduuh jadi malu nie.. blogger biasa sih.. tapi jarang blogwalking :">
    blog nya masih baru sih.. jadi masih bingung

    btw, artikelnya bagus2 lhooo :)

    BalasHapus
  12. Blogwalking itu nggak wajib, kok tapi kalau ada waktu bisa disempatkan untuk nambah-nambah teman

    BalasHapus
  13. Semua itu kembali ke diri masing2 gan,,,

    Tidak ada seleb atau artis!!!

    BalasHapus
  14. Pretty nice post. I just stumbled upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed browsing your blog posts. In any case I’ll be subscribing to your feed and I hope you write again soon!

    BalasHapus
  15. gak add blogger seleb atw sok seleb....yang ada juga BLOGGER TEMPLATE DESIGNER . . . . it's Real

    BalasHapus