Sabtu, 23 Januari 2010

Blog yang Manusiawi

Human BeingPernahkah anda menonton film Space Odyssey yang mengisahkan perjalanan di suatu daratan atau gurun gersang yang jarang atau hampir sama sekali tidak ada manusia yang dapat kita jumpai? Apakah anda pernah berdiri termangu sendiri di suatu tempat yang sangat asing, berdiri tanpa ada satupun manusia ada di sana, kecuali hanya anda sendiri? Apakah yang akan anda rasakan di sana?

Pertanyaan saya, betahkah anda berdiam diri di sana berlama-lama? Keadaan seperti itu hampir mirip dan dapat disamakan dengan keadaan saat anda berselancar di dunia maya. Benarkah?

Masih tentang pertanyaan tersebut. Manusia adalah mahluk sosial. Kecenderungan seorang manusia adalah hidup berkelompok, bermasyarakat, berinteraksi dengan para manusia lainnya. Tidak ada satu pun manusia yang betah hidup sendiri berlama-lama tanpa berhubungan dengan manusia lainnya. Kalaupun ada itu adalah manusia aneh yang bukan lazimnya manusia.

Itulah serangkaian pernyataan yang menggelitik saya dalam buku Cyber Branding Through Cyber Marketing, yang ditulis oleh Bob Julius Onggo. Ternyata, katanya itu juga berlaku di dunia maya, berlaku pada blog atau website anda. Jika anda seorang blogger betapa perlunya kita memberi sentuhan manusia pada halaman website atau blog di dunia maya agar lebih manusiawi.

Anda masih bingung? Apa hubungan pernyataan manusiawi tersebut dengan blog? Hubungannya apa? Mari saya coba terangkan. Secara psikologis anda pasti merasa takut dan kurang nyaman apabila pergi ke tempat-tempat yang tidak ada orangnya. Blog atau website dibuat untuk dikonsumsi seorang manusia, bukan buat antara komputer dengan komputer, antara mesin dengan mesin. Agar pengunjung manusia —maaf, saya sebut pengunjung manusia karena pada prakteknya memang ada juga pengunjung bukan manusia, yaitu mesin robot Search Engine— betah berlama-lama di blog anda maka buatlah blog anda agar menjadi lebih Humanis atau manusiawi.

Caranya? Pasanglah gambar-gambar atau photo manusia disana. Atau akan lebih baik jika ada photo anda disana. Karena disamping untuk menghilangkan kesan angker tadi, juga bisa membangun TRUST buat para pengunjung blog anda. Dan satu lagi, bisa membuat pengunjung blog Anda akan menjadi bertambah banyak nantinya, percayalah.

Sebagai tambahan, berikut akan saya berikan tips-tips agar pengunjung blog anda agar lebih betah berlama-lama di blog anda:
  • Berikan content yang menarik. Menarik di sini diantaranya adalah contentnya original, lagi Hot News dibicarakan dan memberikan manfaat pengetahuan buat orang lain. Entah berupa informasi, tips dan trik atau hanya sekedar bacaan segar ringan untuk dibaca sambil minum kopi.
  • Pasang video, gambar atau foto anda di halaman blog anda. Ini yang saya sebut dibuat agar lebih Human tadi. Dengan memasang video, foto atau gambar manusia, pengunjung merasa dia tidak sendiri, ada manusia lain yang menyambut dan menemani dia membaca blog anda.
  • Taruhlah Related Artikel di bawah artikel. Related Artikel atau artikel terkait menjadi daya tarik tersendiri seperti halnya cerita bersambung. Jika sebuah topik sangat menarik untuk dibaca seorang pengunjung, maka tentu hal lainnya yang berhubungan dengan topik tersebut akan cenderung dibaca juga.
  • Buat artikel posting trilogi atau berseri. Agar pengunjung betah berlama-lama di blog atau website anda, posting yang berseri cukup membuat orang terus membaca dan ketagihan untuk mengetahui kelanjutan cerita atau artikel Anda.

Demikian sedikit sharing dari saya. Satu pertanyaan saya diakhir posting ini, sudahkah blog anda, anda buat lebih manusiawi?




Bookmark and Share

2 komentar:

  1. Ada-ada aja Nice Ide Mas Joko....
    Terus terang dari teman-2 blogger, Diptara dan Mas Joko satu-satunya teman yang selalu membuat saya terinpirasi dan berpikir untuk "Ber-IDE".
    Thanks.

    BalasHapus
  2. Yuda: Terinspirasi? He2 Bisa aja, Mas Yuda kalau memuji. Sebenarnya yang lebih tepat adalah kita saling menginspirasi. Saya juga banyak belajar dan terinspirasi dari blognya Mas Yuda.

    BalasHapus