Kamis, 28 Januari 2010

8 Tips Memilih Notebook

Tips Memilih NotebookAda banyak berbagai merk notebook yang ada tersedia di pasaran. Dari mulai merk lokal dengan harga hanya 5 jutaan sampai dengan merk branded dengan harga diatas 10 jutaan. Dengan banyaknya pilihan yang tersedia di pasaran, tentu menuntut Anda agar pintar-pintar serta jeli memilih notebook mana yang paling cocok atau sesuai buat kebutuhan Anda. Definisi cocok antara orang yang satu dengan yang lainnya tentu berbeda-beda. Termasuk cocok buat saya, belum tentu juga cocok buat Anda.

Saya akan memberikan sedikit tips memilih notebook yang bagus, yang sesuai atau bisa mengakomodir semua keinginan Anda. Namun sebelum Anda meneruskan baca artikel ini, jika Anda termasuk yang masih bingung atau belum bisa membedakan antara notebook dengan netbook, silahkan Anda baca dulu artikel saya “Komputer dan ponsel masa depan seperti apa?”

Berikut adalah tips-tips memilih notebook:

  1. Prosesor. Prosesor sebagai otak dari komputer yang menentukan kecepatan akses sebuah komputer merupakan faktor terpenting yang harus Anda lihat. Namun begitu, sebaiknya spesifikasi prosesor ada baiknya Anda sesuaikan dengan kebutuhan atau aplikasi yang akan Anda gunakan nantinya. Kinerja prosesor standar untuk saat ini adalah jenis Celeron atau Core Duo. Prosesor tipe ini sudah cukup memadai untuk penggunaan internet dan aplikasi office. Tetapi bila Anda menggunakan komputer untuk tujuan lebih tinggi seperti untuk mendesain grafis, mengedit video, dan game, pilihlah prosesor berkinerja tinggi seperti dari jenis Centrino, Core 2 Duo, atau keluaran Intel terbaru jenis Core I series seperti i7, i5, dan i3.
  2. Memory. Memory atau RAM (random acces memory), semakin besar memorynya maka akan semakin cepat pula kinerja sebuah notebook. Untuk pemakaian standard, memory dengan kapasitas 1Gb sudah lebih dari cukup. Tetapi bila memungkinkan, gunakanlah kapasitas yang lebih besar, terutama untuk aktivitas mendesain, game, dan video editing.
  3. Batteray. Satu kelebihan notebook dibanding PC desktop adalah dilengkapinya dengan tenaga batteray sebagai catu dayanya. Semakin tinggi daya tahan sebuah batteray notebook akan semakin baik. Secara umum daya tahan batteray notebook berkisar antara 2-3 jam. Jika Anda sering mobile dengan notebook Anda maka pilihan notebook dengan daya tahan batteray cukup lama akan sangat cocok buat Anda. Di pasaran ada notebook yang batteraynya bisa tahan sampai 8 jam. Contoh notebook seri Acer Timeline.
  4. Display Layar. Terdapat dua pilihan layar notebook. Yaitu standard dan model wide screen (sudut lebar). Pilihan dengan wide screen kini lebih populer digunakan pada notebook. Untuk resolusi, format minimal yang digunakan umumnya adalah 1024x 768, khususnya untuk tampilan website.
  5. Harddisk. Data jenis apa yang akan Anda buat dan simpan di notebook, akan menentukan kapasitas yang dibutuhkan. Jika hanya sekedar file dokumen kerja, harddisk dengan kapasitas 60-80Gb sudah cukup. Namun jika Anda gemar menyimpan file lagu MP3, video-vedeo Youtube, dan foto, carilah harddisk dengan kapasitas yang lebih besar lagi.
  6. Optical Disk Drive. Drive Optical yang berfungsi sebagai media simpan alternatif juga perlu Anda pertimbangkan. Dengan pilihan CD/DVD writer, selain memudahkan Anda memutar cakram data, juga membantu Anda memperluas ruang harddisk dengan memindahkan atau membackup data lama ke dalam bentuk cakram CD/DVD.
  7. Konektifitas. Ini hal penting juga yang mesti Anda cek. Adanya koneksi seperti port USB, Bluetooth, port LAN, dan WiFi akan sangat membantu pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat atau jaringan komputasi. Untuk kebutuhan mobile computing, WiFi tentu wajib ada karena memungkinkan anda mengakses internet di wilayah hotspot-hotspot yang sekarang banyak tersedia gratis di Mal, Café, atau area kampus Anda misalnya.
  8. Operating System. Anda perlu menanyakan apakah pembelian notebook sudah include dengan operating systemnya apa belum karena penjualan notebook di pasaran ada yang tidak termasuk dengan operating systemnya alias dijual terpisah. Dan pilihan operating system apa yang sebaiknya digunakan tentu sangat relatif. Jika Anda butuh yang mudah dioperasikan dan yang paling umum digunakan, pakai OS Windows sudah cukup. Tetapi jika Anda butuh notebook yang handal OS-nya, bisa menjatuhkan pilihan pada notebook Mac atau pakai Linux yang terkenal lebih aman untuk berselancar di internet.

Demikian sedikit tips dari saya. Jika ada pertanyaan atau ingin menambahkan, Anda saya persilahkan untuk meninggalkan pesan dalam kolom komentar, terima kasih.




Bookmark and Share

17 komentar:

  1. Pakenya AMD ajah atuh...jangan intel melulu...

    BalasHapus
  2. bukan facebook: Wah, ada yang dari perusahaan AMD protes rupanya. He.... He.... Mas Gardino, saya juga tidak dibayar dengan mereview produk Intel, kok. Hi2. Terima kasih, Mas untuk masukannya.

    BalasHapus
  3. hehe.. kalo masalah prosesor kita liat dulu mas penggunaanny..
    disini ak bedakan jd 2,yaitu untuk proeses data ato multimedia..
    untuk proses data (biasany ini untuk org2 yg suka programing) pilih intel mas..
    kalo untuk multimedia lebih baik memakai AMD..
    tpi skg denger2 AMD lebih bagus dr pada intel mas,hhee..

    BalasHapus
  4. Phuad: Wah, semua pada merekomendasikan pakai AMD. Hem, karena selama ini pakai Intel terus jadi menganggap yang lainnya tidak bagus. Ternyata.... malah lebih bagus. Thanks, Mas Fuad infonya.

    BalasHapus
  5. coba pake http://www.telunjuk.com deh, unik tuh search engine notebook

    BalasHapus
  6. Kalo saya pribadi, pada saat membeli Notebook saya compare lagi dengan tingkat kebutuhan saya.
    Berhubung terkadang saya mengerjakan beberapa tugas multimedia, entah itu design banner, jingle iklan dan edit video, banyak teman yang menyarankan AMD saja.

    BalasHapus
  7. Racing Miniatures:
    Ya, sekarang AMD tak kalah dengan prosesor Intel. Bahkan harganya jauh lebih murah. Untuk keperluan multimedia memang lebih baik pakai AMD. Banyak teman yang bilang begitu. Terima kasih poin tambahannya

    BalasHapus
  8. kalau amd banyak yang bilang cepet panas,jadi kalau dipakai lama mendingan intel aja,walau bagaimanapun amd merupakan pecahan perusahaan dari intel,jadi bisa dibilang amd masih sedikit dibawah intel,namun dengan harga yang tentu lebih terjangkau.ingat ada harga ada rupa

    BalasHapus
  9. hokeeehhh menurut guee...... amd ato intel gunanya samaaaaa. jd gak usah berantem, gini aja. kalo ada duit ya pake intel. kalo pas pasan. ya pake amd. oce bos??????

    BalasHapus
  10. Mas mau nanya nich, mnrut mas bagus'n mana prosesor CORE 2 DUO sama CORE I3, tolong kasih saran dan alasanya ? ?
    Trz aph bedanya notebook yg pke OS sma yg ng' ? ?

    BalasHapus
  11. Mikh0 D'w4yan9 k0elHidtz:
    Aduh nama kamu kok susah bacanya :D Secara Teknologi kalau ditanya lebih bagus mana antara CORE 2 DUO dengan I3 tentu saya milih I3 karena sudah menggunakan teknology yang terbaru. Generasi keluarannya, kan sudah beda Mas.

    Tanpa OS berarti masih kosongan belum ada sistem operasinya, Mas. Kalau sudah ada OS sebaliknya sudah terisntall sistem operasi kayak Windowsnya gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nama saya idam mas, trimakasih atas masukannya.

      Hapus
  12. Mas mau nanya lagi nich, kalo antara TOSHIBA dengan SONY Vaio lbih bagus yg mana, ataw mungkin mas punya refrensi lain slan 2 mrek tadi ? ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mikh0 D'w4yan9 k0elHidtz:
      Wah, saya belum pernah pakai notebook kedua merk tersebut, Mas. Keduanya sama-sama merk Jepang. Kayaknya kalau saya cenderung milih yang Vaio. Tapi ada baiknya coba bandingin dari sisi spesifikasi kompare harganya, Mas. Pilih mana yang lebih baik. Itu saran saya.

      Hapus
    2. 0wch gitu ya mas, sekali lagi trimakasih atas saran dan masukanya.

      Hapus
  13. Rekomendasi merk yang bagus tu apa ya ms??!!!
    dengan asal merk, mutu,dengan harganya pula tentunya,,makasih sebelumnya ms

    BalasHapus
  14. Aku:
    Wah, tidak enak kalau nyebut merk. He2... Kalau saya pengalaman hanya pakai Acer selama bertahun-tahun dan saya cukup puas pakai Acer. Hanya sekarang saya mulai melirik pakai merk HP karena kebetulan yang paling pas harga dan spesifikasinya menurut saya

    BalasHapus