Senin, 18 Januari 2010

10 Alasan Mengapa Orang Enggan Ngeblog

MenulisBerbagai macam Alasan akan dikemukakan orang untuk dijadikan argumen jika ditanya mengapa anda tidak mau atau enggan Ngeblog. Atau lebih luasnya lagi mengapa anda tidak mau Menulis. Tenang dulu, anda tidak usah merasa tersindir, merasa gusar apalagi sewot membaca tulisan ini. Karena beberapa diantara alasan yang akan saya kemukakan ini, dulu juga sempat menjadi alasan saya juga saat belum mulai ngeblog tiga tahun yang lalu.

Saya sudah melakukan sedikit riset dan investigasi ke beberapa orang kawan dan mengumpulkan berbagai macam alasan mengapa orang enggan untuk ngeblog. Coba apakah salah satu diantaranya adalah termasuk alasan anda? Silahkan anda simak baik-baik ke-10 point alasan-alasan berikut ini:

  1. Sibuk atau tidak punya waktu. Alasan yang paling gampang buat ngeles dan dapat dijadikan senjata jika ditanya mengapa kita tidak mau ngeblog adalah salah satunya ini, sibuk atau tidak punya waktu. Pertanyaan saya, sesibuk apakah anda? Apakah masih lebih sibuk dari orang seperti Anindya Bakrie, yang meski sibuk dengan segudang aktifitas dan pekerjaanya sebagai seorang CEO tapi masih sempat buat ngeblog. Jika jawaban anda “Ya” saya sangat sibuk sekali maka anda sudah cukup punya alasan kuat untuk menggunakan alasan ini dan tidak perlu untuk repot-repot ngeblog seperti CEO tersebut..
  2. Malu dan kurang PeDe. Saya malu tulisan saya jelek. Saya takut tulisan saya nanti diketawain orang. Saya malu dan kurang PeDe, jangan-jangan nanti ada orang yang lebih pintar dari saya membaca dan mencemooh tulisan saya. Ini juga salah satunya yang menjadi alasan orang mengapa enggan juga ngeblog, karena malu dan kurang PeDe. Kalau menurut hemat saya, ini sebuah ketakutan yang terlalu berlebihan. Ingat pepatah 9 dari 10 kekuatiran hanya 1 yang terbukti benar. Jadi “take easy” aja.
  3. Tidak punya bakat dan hobi menulis. Berbicara hobi, minat dan bakat memang susah kalau menekuni sebuah kegiatan yang sama sekali tidak sesuai dengan kegemaran dan minat kita. Kalau ini yang menjadi alasannya sedikit bisa diterima. Namun ada sedikit analogi yang mirip. Minum jamu memang pahit, tidak meyenangkan tapi beberapa orang tetap membiasakan secara rutin meminum jamu agar tetap sehat meskipun saat meminumnya terasa pahit. Begitupun menulis, buah manisnya akan anda petik nanti saat sudah mulai merasakan betapa banyak manfaat yang bisa kita ambil dengan menulis. Jadi untuk melakukan sesuatu yang positif, berbuah manis apakah anda masih perlu harus punya hobi dan bakat dulu? Bukankah bakat dan hobi bisa kita ciptakan asal anda punya kemauan?
  4. Terlalu perfeksionis. Pada orang-orang perfeksionis, mereka beralasan tidak mau hanya sekedar menulis di blog. Inginnya menulis dan menghasilkan karya-karya tulisan yang hebat, perfect, yang dikagumi banyak orang. Karena adanya tuntutan terlalu tinggi seperti ini, maka mereka tidak mau sembarangan Menulis apalagi hanya ngeblog yang dianggap hanya menurunkan kredibilitas dia karena blog tidak bisa memberi penghargaan tinggi apapun buat penulisnya, beda seperti halnya kalau kita menulis di media atau buku, lebih punya prestise. Benarkah? Anda keliru kalau berpendapat demikian. Tidak sedikit tulisan di blog akhirnya bisa berubah menjadi sebuah karya yang dibukukan dan bukunya laris manis di pasaran. Sebut saja buku Kambing Jantan karya Raditya Dika dan buku Cat Rambut Orang Yahudi karya Cheppy Hakim, mantan KASAU RI, mereka berdua sebelumnya adalah seorang blogger, sebelum akhirnya menjadi penulis buku.
  5. Kurang mengerti pemrograman web dan komputer. Ada pemahaman ngeblog identitik dengan harus mahir dengan bahasa pemrogaman web yang rumit. Makanya sebagian orang tidak mau ngeblog karena alasan seperti ini. Sekali lagi ini juga alasan yang kurang tepat. Anda tidak harus jadi Ahli Komputer yang sangat jago pemrograman komputer kalau hanya sekedar membuat blog. Asal sudah mengerti basic operasional komputer dan internet saja sudah cukup buat modal untuk ngeblog.
  6. Tidak ada komputer dan akses internet. Kalau alasan yang ini cukup beralasan karena modal ngeblog memang harus ada dua syarat ini. Minimal ada Komputer dan juga punya akses internet. Tapi apakah berarti terus jalan untuk ngeblog sudah tertutup? Tentu tidak. Masih ada beberapa tempat rental komputer seperti warnet misalnya, yang sekarang ini tarif sewanya sudah semakin murah. Hanya dengan biaya Rp 2.500 sekarang ini kita sudah bisa makai internet selama satu jam. Jadi alasan ini juga bukan hambatan untuk ngeblog.
  7. Menganggap hanya pekerjaan yang sia-sia. Banyak orang menganggap ngeblog sebagai perbuatan sia-sia yang tidak bisa menghasilkan benefit apa-apa. Benarkah? Sekali lagi, anda keliru kalau beranggapan demikian. Banyak kepuasan batin yang kita dapat dengan ngeblog ketika blog kita mulai dikenal dan ramai dikunjungi orang. Apalagi tulisan kita bisa bermanfaat buat orang banyak. Kepuasan yang seperti ini tentu tidak bisa digantikan dengan uang manapun di dunia ini. Masihkah anda tetap menganggap ngeblog sebagai sesuatu yang sia-sia? Silahkan baca tulisan saya yang ini, Alasan lain Ngeblog.
  8. Tidak mau berbagi. Menulis identik dengan berbagi. Ada banyak orang yang pintar sekarang ini tapi tidak sedikit yang masih beranggapan jika saya membagi ilmu saya, bukankah itu berbahaya buat diri saya sendiri, karena bisa membuat saya bisa tidak dibutuhkan lagi. Baca tulisan saya Teori Ilmu Silat. Parahnya, beranggapan suatu saat orang lain akan menjadi pesaingnya. Makanya orang enggan ngeblog karena alasan seperti ini. Hem, anggapan yang kurang tepat kalau menurut saya. Saat menulis justru kita menjadi semakin pintar karena otak kita terus dituntut untuk terus belajar dan belajar. Pendeknya, kemampuan kita akan terus upgrade terus. Jadi asal anda terus menambah wawasan, pengetahuan dan skill anda maka anda tetap akan selangkah di depan dari orang lain.
  9. Takut tulisan diplagiat. Di internet memang rawan sekali terjadi Plagiat, pencurian karya, tak terkecuali karya tulisan di blog. Kalau ini yang menghambat anda untuk berkarya buat ngeblog, anda tidak perlu kuatir ada banyak cara untuk melindungi tulisan kita dari orang-orang yang suka memplagiat karya orang lain. Meskipun cara ini tidak menjamin 100% aman tapi setidaknya sedikit bisa meminimalkan karya anda dicontek orang lain. Jika anda berminat boleh minta script ke saya buat melindungi tulisan anda di blog agar tidak gampang di-Copas orang lain. Silahkan email ke saya nanti scriptnya akan saya kirimkan lewat email.
  10. Tidak punya ide buat menulis di blog. Sebelum anda beralasan seperti ini ada baiknya anda baca tulisan saya yang ini Bagaimana Jika Kehilangan Ide Menulis. Atau silahkan baca dulu buku-buku tentang teknik Mind Map, salah satunya karya Tony Buzan, yang begitu banyak di toko buku. Betapa, seandainya anda sedikit mau merenung alangkah banyaknya ide yang bertebaran ada di sekitar kita bisa dieksplorasi menjadi ide sebuah tulisan untuk dimuat di blog. Jadi alasan ini juga hanya sekedar alasan saja sebenarnya.
Demikian beberapa alasan yang menjadi penghambat orang untuk ngeblog. Dan lewat tulisan ini jika anda adalah termasuk salah satunya yang belum ngeblog, saya mengajak anda, ayo mari kita ngeblog agar ilmu kita bisa menjadi manfaat buat orang lain. Bukankah sebaik-baiknya manusia adalah yang bisa memberikan manfaat buat orang lain?

Sekali lagi saya mau mengajak anda. Ayo kita ngeblog!




Bookmark and Share

4 komentar:

  1. padahal kalau mau nyoba ajah...pasti ketagihan

    BalasHapus
  2. Yang sulit yang nomor 3 tuh... tapi sejauh ini saya sih tetep menulis

    BalasHapus
  3. Kangenn ngebloggg T_T
    tpi skg lgi sibuk ngerjain tugas akhir mas T_T
    huhu...
    minta doany bwr lancar ya mas....

    BalasHapus
  4. bukan facebook: Benar, Mas Gardino. Saya juga merasa gatal jari-jari tangan saya kalau tidak menulis. He2. Maaf, untuk script anti copasnya, apa boleh saya share ke orang lain yang membutuhkan?

    Arham: Sampai saat ini saya pun juga sama, merasa menulis juga bukan bakat saya, Mas. Tapi sama seperti anda, saya juga selalu berusaha untuk tetap menulis.

    Phuad: Silahkan selesaikan tugas akhirnya, Mas. Saya tunggu postingnya nanti kalau sudah selesai ujiannya. Semoga sukses, ya ujiannya

    BalasHapus