Jumat, 15 Januari 2010

Kabar Mengejutkan Tentang Google

Google China

Google News! Ada dua kabar yang sangat mengejutkan tentang Google hari ini. Apakah anda termasuk yang sudah mendengar kabarnya juga? Jika belum, ini kabarnya yang pertama: Google rencananya akan hengkang dari negara China. Kabar kedua, mungkin ini berita yang sangat mengejutkan buat para Blogger dan para Internet Marketer. Google secara tiba-tiba Menghapus Page Rank sebagai metode perangkingan website di internet.

Kabar pertama, masalah hengkangnya Google dari China. Saya tidak akan bahas panjang lebar untuk kabar yang ini. Silahkan anda baca sendiri di media online seperti: VIVANEWS, Kompas dan detikcom. Intinya, alasan mengapa Google ingin hengkang dari China adalah karena raksasa mesin pencari itu sudah tidak tahan dengan gelombang serangan yang dilancarkan para Hacker asal negeri tirai bambu tersebut terhadap infrastukturnya. Kedua, ketidaksepakatan dengan pemerintah China masalah permintaan sensor atau filtering hasil pencarian Search Engine Google yang diminta oleh pemerintah China.

Kalau kabar yang kedua, sebenarnya saya sudah melihat ada gejala ganjil yang tidak biasa pada Google Toolbar browser Firefox saya mulai hari Kamis pagi (14/01/2010) kemarin. Setiap halaman website/blog yang saya kunjungi dan buka, termasuk blog ini, tidak muncul angka Page Ranknya, alias blank. No PageRank information available, selalu itu yang muncul di kotak toolbar Page Rank firefox notebook saya. Ada apa ini? Batin saya.

Saya baru 'Ngeh' setelah pagi tadi baca email di ponsel saya. Ada seorang pengomentar dalam posting artikel "Benarkah Backlink dari Blog Dofollow bisa menaikkan PR" memberi informasi kepada saya di kolom komentar kalau Google sudah menghapus Page Rank.

Berikut saya kutip isi dari komentarnya.

"Saya maw menginformasikan ketemen2 bloger yg ada disini kalau sekarang google tidak lagi menggunakan pr untuk menentukkan urutan dalam pencarian. Informasi yg saya dapat ini adalah dari pembahasan forum adsense-id. Jadi lbh baik apa yg dikatakan mas yg punya blog ini, lbh baik kita pusatkan pada penulisan artikel kita!"



Itulah kedua kabar yang sangat mengejutkan tersebut. Saya tidak tahu setelah ini apakah saya menjadi senang apa sedih dengan adanya penghapusan Page Rank ini. Yang jelas, suka cita saya akhir Desember 2009 lalu karena blog ini sudah dihadiahi Page Rank 3 belum genap satu bulan berlalu. Kini rasanya suka cita itu sudah tidak ada gunanya lagi.

Hem, lalu gimana dengan anda? Apakah anda termasuk yang sedih, atau senang dengan Penghapusan Page Rank website ini? Atau, jangan-jangan malah hanya biasa-biasa aja mendengar kabar ini? Oke, saya tunggu pendapat anda.





Bookmark and Share

7 komentar:

  1. klo saya ditanya, senang apa sedih??
    saya jawab "biasa ajahhhhh tuhhh!!"
    hahahaha

    abis selama ini jg nggak gitu perhatian sm persoalan yang satu itu..

    jadi, sesuai himbauan mas untung eh mas Joko sendiri, sebaiknya fokus ke artikel kita sendiri..
    *jgn kyk saya, bykan malesnya drpd rajinnya.. wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  2. wahh informasi baru buat saya mas, bloger baru. makasih mas. sekalian salam kenal juga mas, kinjungai blog saya heee...dari boyolali mas

    BalasHapus
  3. Informasi terbaru yang saya baca dari blog kawan2 blogger lain, katanya, sih tidak dihapus, tapi tepatnya disembunyikan oleh Google dan hanya menjadi rahasia Google sendiri nantinya, tidak diekspose. Namun kalau sekedar cek PR masih bisa pakai bantuan aplikasi pihak ketiga. Saya menggunakan aplikasi Good Keywords.

    Lisa, kalau kamu, sih aku sudah tahu jawabannya pasti itu. Hi2.

    erwinsusetya, terima kasih, Mas Erwin sudah mampir. Salam kenal juga

    BalasHapus
  4. good keyowrd ...bisa dibagi tu ? hehehee

    BalasHapus
  5. Kalau anda berminat dengan aplikasi Good Keyword, silahkan anda bisa download disini

    BalasHapus
  6. Saya sih pakai SEO quake masih keluar tuh mas Pagerank-nya. Dan setahu saya kalau soal PR tidak digunakan sebagai penentu hasil pencarian alias SERP memang dari dulu begitu bukan?

    Jadi memang gak ada hubungannya antara SERP dan PR. Itu kenapa di hasil pencarian SERP sering ditemui posisi satu ditempati sama halaman yang PR-nya lebih kecil dibandingkan dengan hasil di bawahnya. Karena memang google tidak menghitung PR untuk SERP-nya.

    Tapi misalnya, PR itu digunakan untuk kecepatan crawler mengindex halaman kita. Makin tinggi katanya makin cepat pula ke indeksnya. Ini cuma salah satu fungsinya.

    BalasHapus
  7. bukan facebook: Benar, Mas masih keluar kalau pakai aplikasi pihak ke-3. Tapi yang di Google Webmaster sudah dihilangkan termasuk yang di Google Toolbar.

    Kalau berdasarkan pengalaman saya Page Rank hanya salah satu faktor aja, bukan penentu satu2nya yang dipakai Google untuk menentukan hasil pencarian atau SERP-nya.

    Dan PR berpengaruh untuk kecepatan mengindex itu betul sekali. Beberapa kali saya sdh membuktikannya, update posting saya hanya dalam hitungan menit sudah diendus Google. Saya tahu karena ada pengunjung datang dengan kata kunci tertentu lewat SE Google menuju artikel saya tersebut.

    BalasHapus