Kamis, 08 Oktober 2009

Awas gempa ada di sekitar kita

gempa
Bagi anda yang sering online berjam-jam di depan komputer, entah karena saking asyiknya ber-facebook ria atau lagi asyik bercicicuit ngetweet dengan Twitter, hati-hati ada gempa disekitar kita, siap datang kapan saja, dan itu bisa saja di lokasi tempat anda, maaf, siapa tahu karena saking asyiknya tiba-tiba anda sudah pindah ke alam baka. He... He...Karena sudah terbukti negara kita termasuk salah satu negara yang sangat rawan terjadi gempa karena di negara kita terdapat tiga lempeng benua. Yaitu lempeng Eurasia, Indo-Australia, dan Pasifik yang bila bertumbukan akan menghasilkan gempa tektonik dasyat. Itu baru gempa tektonik, satu lagi masih ada gempa yang disebabkan oleh gunung berapi yang disebut gempa Vulkanik. Indonesia termasuk negara yang mempunyai banyak gunung berapi yang masih aktif yang berpotensi menimbulkan gempa Vulkanik.

Berdasarkan Peta Pusat Gempa di seluruh dunia. Lihat jalur yang ada titik-titik hitamnya. Indonesia hampir semua kepulauannya dilewati oleh jalur gempa, kecuali hanya pulau Kalimantan yang relatif aman dari jalur gempa.

Gempa bumi sebenarnya tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di wilayah-wilayah tertentu diseluruh dunia, sehingga dalam waktu 1-minggu saja dapat terjadi sampai 288 gempa, atau sekitar 41 gempa per hari, seperti terlihat pada peta dibawah ini:

gempa
Tentu saja ini sebuah fakta yang mengejutkan kita semua, ternyata potensi bencana gempa ada dimana-mana dengan frekuensinya yang cukup tinggi. Namun, bagi anda pemakai internet yang sering online, sering asyik browsing, ngeblog, email atau chatting dan ber-microblogging ria, anda tidak perlu kuatir. Ternyata ada sebuah software, saya dapat software ini dari kawan saya dari milis Telematika, yang dapat menampilkan terjadinya gempa dimana saja di seluruh dunia tiap beberapa menit pada komputer kita, dan untungnya kita tidak perlu membayar mahal untuk memiliki software ini karena software ini adalah jenis Open Source yang bebas anda pakai. Terima kasih, Pak Roestam yang sudah ngeshare software ini kepada saya.

Software yang saya maksud ini adalah add-on plugin pada browser terbaik saat ini yang banyak dipakai oleh para netter di dunia. Yaitu plugin buat Si Rubah merah Firefox. Software add-onsnya bernama eQuake add-on. Untuk meng-install add-on software ini, silahkan klik linknya disini

Setelah terinstall, seperti biasanya anda perlu merestart browser Firefox anda agar software ini dapat beroperasi. Setelah itu, pada footer bar disisi kanan bawah akan muncul informasi tentang kekuatan gempa dalam angka skala Richter dan lokasi gempanya berada di kota dan negara mana setiap menit (setting bisa diubah intervalnya). Dari data ini akan dapat dibuat statistik dan pola kejadian gempa dimuka bumi. Bila pola gempa itu berlokasi makin mendekat ke tempat kita tinggal, maka ini merupakan peringatan agar kita bersiap-siap untuk menghadapi terjadinya gempa tektonik di tempat kita.

Hebatnya lagi, software ini bisa menampilkan alert dan bisa disetting kepekaannya sesuai angka skala Richter yang kita kehendaki setiap ada perubahan lokasi daerah yang terjadi gempa. Anda tidak usah terkejut jika tiba-tiba layar windows komputer anda secara tiba-tiba bergetar dan muncul ‘Clap’ seperti jika monitor komputer terkena radiasi ponsel yang berdering karena ada incaming call masuk pada ponsel kita.

Untuk melakukan setting interval waktu maupun kepekaan alert skala Richter gempanya, anda tinggal setting dengan mengklik kanan footer barnya lalu pilih settingnya sesuai pilihan anda. Misal intervalnya dirubah jadi 1 menit. Alertnya dirubah jadi skala 5 keatas.

Dan berikut data kompilasi rincian lokasi gempa tiap jam, hari, dan minggu dapat dilihat di Situs Web US Geoegraphic Survey Earthquake Hazards di URL: http://earthquake.usgs.gov seperti gambar dibawah ini:

gempa
Peta Rincian Kekuatan Gempa yang melanda daratan Pulau Sumatera Barat baru-baru ini dapat dilihat tampak pada peta dibawah ini.

gempa
Demikian, semoga info ini bermanfaat bagi masyarakat Indonesia agar dapat mempersiapkan diri menghadapi gempa yang sewaktu-waktu terjadi dengan jauh lebih baik dan tidak membuat kita jadi terlena.



Bookmark and Share

1 komentar:

  1. memang yah..
    gempa skrg merajalela di negeri ini..
    ternyata terletak digaris khatulistiwa yang konon ktnya jd keistimewaan negara kita dan negara kepulauan membuat negara kita paling diminati sm si gempa ituh *ktnya..
    ahh.. memang kita semua perlu waspada.. mudah2an software e-quake add-on ituh bermanfaat.. saya sih blom install..

    makasih tlah berbagi info loh mas..

    BalasHapus