Kamis, 03 Juni 2010

Tips Membackup Contact Blackberry Messenger

BlackberryApakah Anda pengguna Blackberry? Dan berencana akan ganti handset Anda dengan seri yang terbaru? Apakah Anda merasa takut dan masih menganggap ganti handset BB itu ribet karena harus ganti PIN, kehilangan data contact, dan harus input ulang contact BBM Anda satu-persatu? Jika jawabannya “Ya” takut dan menganggap ribet, Anda keliru. Karena ganti handset Blackberry ternyata sangat mudah, semudah kalau Anda ganti handset ponsel biasa. Karena semua contact BBM bisa direstore otomatis dari gadget Blackberry Anda. Hebatnya lagi, tanpa bantuan perangkat apapun seperti komputer misalnya tapi bisa langsung restore memanggil data yang tersimpan di RIM, vendor Blackberry.

Namun syaratnya dengan catatan sebelumnya Anda memang sudah melakukan backup data contact BBM Anda ke accout email Anda ke RIM lewat gadget Anda. Atau sebelumnya telah melakukan backup data ke Memory Card BB Anda lebih dulu.

Gimana cara membackup data contact BBM Blackberry Anda? Caranya sangat mudah, jika versi BBM Anda sudah versi 5.0.0.57 (versi terbaru saat saya posting ini) maka Anda tinggal ikuti instruksi pesan yang biasanya dikirim oleh RIM ke chat BBM Anda sewaktu habis upgrade dari versi BBM 4 ke versi 5. Anda tinggal ikuti wizard setup yang diberikan, dan data contact Anda akan aman tersimpan di RIM sampai saatnya nanti bisa Anda panggil sewaktu-waktu lewat email yang Anda daftarkan ke RIM.

Nah, lewat artikel ini saya ingin sedikit meralat pada posting saya "10 Alasan Mengapa Saya Tidak Suka Blackberry", terutama pada poin alasan ke-8 yang berbunyi:

8. Maniak Gadget
Saya bukan tipe orang yang setia dengan ponsel, meskipun juga bukan tipe orang yang sering gonta-ganti ponsel setiap kali ada model baru. Tetapi dengan lebih memilih ponsel bukan Blackberry, paling tidak, saya tidak menemui keribetan seperti pada Blackberry setiap kali akan ganti ponsel karena handset dan simcard seperti sengaja dipasangkan seumur hidup (dilock) sehingga menjadi ribet kalau suatu saat harus ganti ponsel. Tidak seperti ponsel biasa yang tinggal ganti handset, pasang simcard, selesai.

Maaf, saya terpaksa meralat posting itu karena ternyata kini prakteknya tidak seperti itu lagi.

Tips Membackup Contact Blackberry Messenger ini saya tujukan bagi yang awam atau belum tahu saja. Bagi yang sudah tahu Anda bisa melewatkan baca postingan ini. Okey, langsung saja, berikut ini adalah langkah-langkah membackup contact BBM Anda:

  1. Buka aplikasi Blackberry Messenger (BBM) Anda.
  2. Setelah aplikasi terbuka tekan Menu kemudian pilih Options
  3. Pada jendela Options yang sudah terbuka, cari ke bawah pada Contact List, di menu Save a copy of your contact list silahkan tekan Back Up
  4. Ada dua pilihan untuk Back Up Contact List. Pilih salah satu. Yang pertama, Back up files remotely (ini kalau ingin memback up ke server RIM), pilihan ini dianjurkan kalau Anda berniat ingin ganti handset. Lalu lanjutkan ke langkah nomor 6 jika Anda pilih opsi yang ini.
  5. Jika pilihan Anda yang kedua Back up files locally (kalau ini ingin memback up langsung ke Device atau Media Card). Kalau hanya berniat upgrade bisa pilih salah satu dari keduanya, tapi kalau berniat ganti handset, pilih yang ke Memory Card lalu tekan Back up Now.
  6. Jika misalnya Anda ambil langkah nomor 4, setelah itu lanjutkan pilih salah satu email Anda yang ada di listnya lalu tekan enter.
  7. Selesai.

Gimana cara merestore kembali? Jika Anda hanya upgrade software maka langkah-langkahnya seperti langkah diatas. Hanya pada langkah nomor 3, pada Contact List di menu Restore a previously saved copy of your contact list Anda pilih atau tekan Restore. Kemudian muncul dua pilihan: Restore using email dan Restore using a backup file from device. Pilih salah satu sesuai langkah awal Anda tadi memback up di atas.

Khusus yang memback up lewat email ke RIM biasanya akan langsung muncul sendiri wizard setup-nya saat Anda pertama kali mereboot BB Anda sehabis upgrade atau saat ganti handset baru. Hebatnya, pada kasus bila Anda ganti handset baru, yang mana PIN BB Anda juga ikut berubah, jika restore Anda berhasil maka list contact BBM Anda akan tercopi dan muncul sama persis seperti saat pada contact handset lama. Dan teman-teman BBM Anda tidak akan terpengaruh samasekali atas perubahan ini. Nomor PIN Blackberry Anda di contact list teman Anda akan update, berubah dengan sendirinya secara diam-diam tanpa perlu saling menginvite ulang lagi. Ini hebatnya.

Demikian Tips dari saya kali ini. Mudah-mudahan tips ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau ada yang belum jelas, Anda bisa tinggalkan pesan di kolom komentar di bawah posting ini, terima kasih.




Bookmark and Share

4 komentar:

  1. Ah...lagi2 ngebahas blekberi! Gak ngerti saya, Mas!:D Soalnya HP saya jadul banget, nokia 2100, jadi cuman bisa pake sms-an dan nelpon. Tapi saya sedikit bangga juga dengan HP saya ini karena pake lagu Elia Kadam untuk ringtone-nya. Hehe...

    Sekali2 bahas donk gimana cara bikin HP jadul berfungsi kayak blekberi, atau "Tips menelpon mantan pacar agar tak ketahuan istri". Muhahaha...

    BalasHapus
  2. Anis Fahrunisa:
    Wah, saya bukan tukang oprek HP, Mas Anis. He....He.... Jadi belum bisa memenuhi permintaan Mas Anis. Kalau BB karena saya kebetulan pemakai dan sering kutak-katik punya sendiri, sama BB punya teman-teman di kantor jadi bisa saya share pengalamannya di sini.

    Kalau "Tips menelpon mantan pacar agar tak ketahuan istri" ini yang justru saya perlu belajar ke Mas Anis. Hi....Hi....

    BalasHapus
  3. Sip deh, Mas! Nanti kalo saya punya blekberi saya akan jadikan tulisan2 Mas Joko sebagai referensi.

    Bay de wey, tulisan Mas Joko di blog saya soal blekberi menjadi salah satu posting primadona di Google Analytics. hehe...saya jadi malu nih! :D

    BalasHapus
  4. Anis Fahrunisa:
    Masak, Mas Anis? Tapi saya lihat memang beberapa kali jejak pengunjungnya ada juga yang terus mampir kesini. Saya cek di data statistik saya.

    BalasHapus