Minggu, 13 Juni 2010

Siluman Internet Itu Bernama BlackBerry

Blackberry StormPernahkah Anda main game Star Wars? Yaitu game perang yang membuat Anda seolah-olah sedang mengemudikan pesawat di luar angkasa. Kemudian pesawat Anda harus melewati berbagai macam ranjau yang siap meledakkan pesawat Anda. Melewati desingan tembakan peluru dari musuh-musuh Anda yang tak henti-hentinya ditembakkan berusaha untuk menghancurkan Anda.
 
Kalau Anda ingin tahu, ada satu strategi agar Anda bisa memenangkan game Star Wars, yaitu pesawat Anda, Anda setting dengan mode Invincibility on sehingga pesawat Anda akan meluncur secara Shield gone, atau invisible tak tampak oleh musuh-musuh Anda. Pesawat Anda akan menjadi tak terlihat atau mirip dengan siluman yang tak bisa terdeteksi.

Berbicara tentang invisible pada game Star Wars tadi saya jadi ingat dengan ponsel Blackberry. Kasusnya hampir sama. Jika Anda browsing internet menggunakan browser Blackberry maka keberadaan Anda sulit terdeteksi. Mengapa sulit terdeteksi? Karena tidak semua aplikasi web statistik bisa melihat dan merekam jejak kedatangan Blackberry.

Kalau Anda pernah membaca artikel saya sebelumnya IP Spy Alert, Tool Penting Untuk Mata-Mata maka Anda akan sulit mendeteksi pengunjung yang datang menggunakan browser Blackberry kalau misalnya Anda berniat untuk memata-matai IP Addressnya. Sulit karena IP Addressnya selalu berubah-ubah terus sebagaimana ciri koneksi internet mobile broadband pada umumnya, juga sulit karena tak semua aplikasi web statistik bisa mendeteksi kehadiran Blackberry.

Beberapa aplikasi web statistik yang saya maksud, yang tak bisa mendeteksi kunjungan browser Blackberry contohnya seperti: Feedjit, Whos Amung, Histats dan Indostats. Khusus untuk AddFree Stats kadang masih bisa terlacak, tapi kadang juga tak bisa mendeteksi kehadiran Blakberry. Aneh memang. Ini sungguh berbeda dengan Opera Mini, walau keduanya sama-sama mobile browser tapi kalau Opera Mini masih bisa terbaca hampir oleh semua aplikasi web statistik seperti diatas.

Saya pernah mereview kehebatan browser Opera Mini dan Blackberry yang dimanfaatkan cukup cerdik untuk promosi marketing operator SMART di artikel Berapa Perkiraan Umur Hidup Anda? Dan juga menulis tentang bagaimana operator Telkomsel berusaha mengarahkan gateway internet pada semua pelanggan Blackberrynya agar lewat kanal data RIM, vendor Blackberry dalam tulisan saya terdahulu. Silahkan Anda baca artikel saya Antara Opera Mini, Blackberry dan Kecerdikan Operator di blog Jabarview kalau ingin melihat detilnya.

Mungkin barangkali ada yang bertanya ke saya, lantas apa keuntungan lebihnya browsing pakai BB dan bisa tak terlihat? Jawab saya, keuntungannya banyak. Keuntungannya antara lain sebagai berikut:

  1. Saat Anda browsing akan lebih aman dari serangan seperti virus, trojan dan program jahat lainnya yang coba disusupkan dalam web yang Anda kunjungi ke ponsel Anda. Mengapa? Karena ada server RIM yang menjadi bemper ponsel Blackberry Anda, yang sekaligus menjadi pemisah seperti layaknya browsing internet menggunakan Proxy.
  2. Beberapa web sewaktu diakses menggunakan Blackberry tampilannya menjadi berubah mobile version secara otomatis meski tanpa dipasangi plugin mobile edition di blognya. Dan muncul beberapa menu seperti Skip to main content secara otomatis sewaktu diakses menggunakan Blackberry. Contoh, blog ini saya samasekali tak memasang plugin mobile edition tapi akan nampak seperti web mobile version saat saya buka menggunakan browser BB.
  3. Sama seperti browsing menggunakan Opera Mini yang mengalami kompresi, pada BB juga hampir sama, server RIM melakukan kompresi data untuk setiap akses data yang lewat servernya sehingga ini sangat mempercepat loading akses web yang Anda buka. Anda bisa lihat pada beberapa seri Blackberry lama dari mulai seri Curve sampai Javelin dan yang terbaru Gemini, masih mengandalkan sinyal GPRS dan EDGE tapi kecepatan aksesnya tak kalah jauh dengan smartphone yang berteknologi 3G dan HSDPA.
  4. Keuntungan keempat, ini sisi negatif, jika Anda berniat untuk berkomentar Anonim misalnya, seperti dalam tulisan saya Lempar Batu Sembunyi Tangan, atau yang lebih dari itu misalnya Anda berniat untuk nyepam maka akan sulit terlacak atau membanned IP Address Anda kalau Anda menggunakan browser BB.
  5. Atau kalau tidak untuk keempat-empatnya diatas, paling tidak Anda juga bisa berkunjung secara diam-diam ke blog orang lain, jika blog itu adalah blog bisnis saingan Anda, tanpa bisa diketahui si admin dari blognya, tanpa memberikan kontribusi impresion dan statistik apa-apa yang mempengaruhi Alexa dan PR blognya karena tak terlacak. He….He…..
Satu lagi kelebihan Blackberry kembali bisa saya review buat Anda. Bagi Anda yang belum pemakai Blackberry, pertanyaan saya apakah Anda tak tertarik untuk menggunakan Blackberry dengan melihat banyaknya kelebihan yang ada pada Blackberry tersebut? Maaf, saya hanya sekedar bertanya, ini bukan promosi. Saya tak dibayar sepeser pun oleh RIM dengan menulis review ini. Hi….Hi….




Bookmark and Share

9 komentar:

  1. Emang mas joko nie kayaknya spesialis blackberry deh ,,,
    Kalau nanti ada kesempatan untuk memiliki blackberry ga nolak mas,
    tapi sementara cukup pake yang ada dulu.. .hehehehe
    masak dobel, dua dong mas pulsannya nanti hihihihih... sperti yg say bilang kemarin, hp saya kebetulan udah bisa bwt modem sekalian, jadi yaaa belum deeeh mas...
    trimakasih ntuk reviewnya jadi tambah ilmu ...

    BalasHapus
  2. MisterXWebz:
    Dengan pakai dua ponsel belum tentu selalu lebih tinggi, lho Mas biaya komunikasinya. Waktu dulu saya belum pakai BB seringkali sms-an. Biaya sms saya lebih tinggi dari biaya voice saya. Sekarang saya jarang sms-an dan lebih banyak pakai BBM dan YM untuk kirim pesan

    BalasHapus
  3. Mas aku blm punya blackberry je ---

    BalasHapus
  4. Benar sekali menurut MisterXWebz, Mas Joko emang specialis Blackberry, lihat aja postingan-2 sebelumnya. Saya pikir perusahaaan BB sangat diuntungkan dengan kehadiran artikel-2 yang ditulis pada Diptara Blog dan sudah sepantasnya perusahaan sekelas BB tersebut memberi penghargaan special buat Mas Joko.

    Satu Lagi, dengan berbagai penjelasan dari blog ini mengenai keistimewaan BB tentu saja saya sangat tertarik untuk memilikinya.

    O ya, Mas kalau kelemahan paling menonjol dari BB itu apa selain harganya yang cikup mahal?

    Thanks.

    BalasHapus
  5. Pangeran Demak:
    Ya, beli, dong Mas! He...He... Saya pikir ada Pangeran Demak Bintoro beneran. Gak tahunya, Mas Lintang.....

    Yuda:
    Kalau kelemahan paling menonjol dari BB, mungkin daya tahan bateraynya, Mas Yuda, yang tak bisa tahan lama. Meski ukuran lama disini sebenarnya relatif dan kurang fair karena pada smartphone lain semacam iPhone dan Nokia jika push email, FB, Twitter dan YM dihidupkan seharian seperti halnya pada Blackberry, juga sama akan cepat drop juga bateraynya. Makanya sangat disarankan bawa travel charge kemana-mana atau bawa kabel USB buat colokan ke notebook atau PC untuk ngecharge.

    Kelemahan lain, saya pernah nulis di artikel 5 Tips Mengatasi Blackberry Bengong. Itu juga kelemahan yang sering dikeluhkan oleh pengguna BB.

    BalasHapus
  6. Untuk sementara ini saya kurang begitu membutuhkan Blackberry. Untuk kebutuhan push email sendiri, saya biasa memakai aplikasi pihak ketiga seperti system seven yang saya install di SE Xperia. Kualitasnya tak jauh beda dengan blackberry yang bisa menerima email secara real time.

    BalasHapus
  7. Rismaka:
    Betul, Seven saya lihat juga tak kalah powerful dengan push emailnya BB, Mas Adi. Sampai saat ini primary ponsel saya, saya masih pakai Nokia E63, saya pasangkan dengan Flash unlimitednya Kartu Halo Telkomsel. Jika saya kebetulan mobile ke daerah dan sinyal AXIS pada BB saya hilang maka saya akan aktifkan SEVEN di Nokia saya.

    BalasHapus
  8. Iya bnar jg ya....saya jg pake 2 ponsel untuk menunjang mobilitas saya.
    Jujur,saya pakai BB 90% untuk pushmail saja dan internet.

    Btw mas...servis BB di jogja dimana ya?

    BalasHapus
  9. Anonim:
    Kalau saya biasanya servis ke BlackBerry Corner yang ada di daerah Gondolayu sebelah Bank Mandiri. Nama outletnya MACELL. Saya tahu tempat servis ini karena dulu direkomendasi dari Grapari Telkomsel.

    BalasHapus