Selasa, 08 Juni 2010

Inilah Top 10 Artikel DIPTARA blog

Top 10 artikelHari ini, Selasa 8 Juni 2010 tanpa terasa sudah terpublikasi sebanyak 200 artikel di blog ini. Angka 200 mungkin tak seberapa, tak terlalu banyak kalau pembandingnya adalah blog-blog populer yang rajin sekali diupdate postingnya setiap hari.

Sejak pertama kali blog ini lahir pada tanggal 15 November 2008 lalu, dan sempat mengalami namanya masa-masa sulit, stagnan dalam ngeblog. Masa-masa kritis kehilangan passion untuk menulis di bulan-bulan awal, setidaknya saya sedikit lega, tak menyangka akhirnya hari ini bisa menghasilkan tulisan sebanyak itu. Sampai 200 posting.

Mungkin tak banyak yang bisa saya berikan buat Anda para pengunjung setia blog ini dari tulisan-tulisan saya. Namun izinkan saya sekedar menyampaikan refleksi kepada Anda begini: Seperti yang pernah saya singgung di artikel "Antara Luna Maya, Mesin Dan Komentar Spam", tidak mudah bagi saya untuk bisa memuaskan dan mengakomodir semua keinginan pengunjung, pembaca setia blog ini. Namun bagaimana pun saya tetap harus memilih. Jika saya tak bisa memuaskan semuanya, minimal saya harus berusaha memuaskan mayoritas pengunjung blog ini. Berusaha menulis artikel-artikel yang diminati pengunjung mayoritas tersebut. Itu janji saya, setidaknya untuk 100 artikel kedepan.

Jika Anda bertanya kedepan arah blog ini hendak dibawa kemana? Saya hanya bisa jawab: Saya akan menulis artikel-artikel bertema seperti 10 Besar Artikel Populer di bawah ini untuk memenuhi keinginan Anda. Sekali lagi itu janji sekaligus komitmen saya. Doakan saya, ya agar tetap eksis di dunia blogospher!

Berikut adalah summary Top 10 Artikel yang menjadi Popular Post blog ini sepanjang enam bulan terakhir. Saya urutkan dari urutan yang paling populer dibaca oleh pengunjung:

  1. Tips Memilih AC Hemat Energi. Artikel ini berupa tips-tips dari saya yang saya tujukan buat orang awan yang belum mengerti benar dengan sistem refrigerasi pada mesin pendingin. Saya tak hanya memberi contoh komparasi merk-merk AC terkenal di artikel ini tapi juga membeberkan apa-apa saja yang perlu dilihat pada spesifikasi teknis AC untuk menentukan sebuah AC bisa dikatakan hemat energi apa tidak. Karena kepopuleran artikel ini oleh salah seorang pengunjung sempat dishare ke mayor forum Indowebster.
  2. 10 Alasan Mengapa Saya Tidak Suka Blackberry. Artikel ini berisi sisi lain dari Blackberry yang banyak tidak diketahui orang tentang kekurangan Blackberry. Meski akhirnya saya kemudian memutuskan untuk pakai BB bukan berarti ke-10 alasan tersebut tak relevan lagi, tapi hampir dari ke-10 alasan ini adalah fakta yang sulit ditampik karena demikian lah kenyataannya. Makanya tak heran karena kepopuleran artikel ini tetap bertahan sebagai Pilar artikel blog ini meski telah sekian lama dipublish sejak 10 November 2009 lalu. Dan sempat juga di-share oleh pengunjung ke mayor forum di Kaskus.
  3. Negeri 5 Menara, Sebuah Trilogi Idealis Atau Komersial. Artikel ini sebenarnya boleh dibilang review pendek saya terhadap buku Negeri 5 Menara. Saya mencoba membandingkan Buku ini dengan Trilogi Laskar Pelangi dan Trilogi pada film. Berdasarkan data dari Google Analytics pada blog saya, artikel ini impressinya paling tinggi di SERP Google sehingga meski persaingan kata kunci Buku Negeri 5 Menara cukup ketat, alhamdulillah artikel ini masih mendapatkan trafik pengunjung dari Google yang cukup lumayan hingga artikel ini bisa menjadi popular post blog ini.
  4. 5 pemahaman Watt Yang Keliru. Artikel ini berisi 5 pemahaman tentang watt yang salah, yang paling sering disebut pada orang awam yang kurang mengerti tentang kelistrikan. Saya membeberkan contoh-contoh yang salah tersebut di artikel ini. Artikel ini karena kepopulerannya juga sempat dishare oleh pengunjung ke mayor forum indowebster di sini.
  5. Cara Membobol Bank Dengan Kartu ATM KABA. Saat maraknya kasus pembobolan rekening bank artikel ini saya publish ke blog ini. Bukan karena aji mumpung karena kata kuncinya lagi ramai banyak dicari orang tapi sebelum kasus itu ramai mencuat saya pernah menerima tawaran dari seseorang berupa ATM KABA yang katanya dijanjikan bisa bebas menarik uang di ATM manapun di seluruh dunia tanpa punya rekening. Modus yang ditawarkan ini ternyata persis sama seperti modus pembobolan rekening yang marak diberitakan.
  6. Tips Hemat Energi Listrik Disaat Krisis. Saat lagi maraknya pemadaman listrik di negara kita, artikel ini saya buat. Artikel ini sebagai bentuk kepedulian saya tentang pentingnya menghemat energi listrik agar beban defisit listrik PLN bisa terkurangi. Di artikel ini saya memberikan banyak tips seputar penghematan energi listrik pada peralatan-peralatan listrik rumah tangga. Mungkin karena momennya juga tepat, pas krisis energi sehingga artikel ini banyak dicari dan menjadi popular post blog ini.
  7. 10 Fakta Tentang PLN Yang Perlu Anda Tahu. Artikel ini sebenarnya juga sudah cukup lama saya publish. Saya tulis di bulan November 2009 lalu. Artikel ini saya tulis murni berdasarkan pengalaman saya sebagai Chief Engineer, berisi tantang fakta-fakta pada PLN yang jarang diketahui oleh orang awan.  Sempat dishare oleh salah satu pengunjung dan menjadi Top 10 di Lintas Berita sehingga menyebabkan banjir pengunjung ke blog ini. Karena kepopuleran artikel ini oleh salah seorang pengunjung sempat di-thread juga ke mayor forum di detik forum.
  8. PLN Krisis, Yuk Kita Ramai-Ramai Naik Daya Agar Hemat. Pada artikel ini saya memberikan sebuah analisa hitungan komparasi bahwa ternyata pada listrik rumah tangga R1 daya 900 VA dengan pemberlakuan Tarif Menyala prakteknya pada pemakaian angka KWH dengan angka diatas 150 KWH per bulan, bayarnya lebih mahal dibanding tarif TDL R1 1300 VA sehingga saya menyarankan agar naik daya. Mungkin juga seperti artikel Tips Hemat Energi Listrik, karena momennya juga tepat pas krisis energi sehingga artikel ini banyak dicari dan menjadi populer post blog ini.
  9. Blackberry World Edition Dual Mode Murah. Artikel ini berupa review saya tentang Blackberry World Edition seri 8830 dan Blackberry Tour 9630 . Sama seperti artikel-artikel saya pada umumnya yang mengulas tentang Blackberry, yang rata-rata banyak dicari pengunjung, artikel ini juga termasuk menjadi salah satu artikel populer yang banyak dibaca dan dicari pengunjung.
  10. 9 Kriteria Teman Yang Pantas Diremove di Facebook. Sama seperti artikel tentang PLN, artikel ini juga cukup lama saya tulis di blog ini, sejak Oktober 2009 lalu. Artikel ini berisi tentang tip-tip saya bagaimana seharusnya kita berteman di Facebook. Karena kepopuleran artikel ini sempat secara diam-diam sampai beberapa kali dishare oleh pengunjung ke Facebook dan Twitter. Terakhir sempat di-thread oleh pengunjung ke mayor forum Kaskus.
Itulah deretan ke-10 artikel Diptara blog yang menyandang sebagai Top 10 artikel populer blog ini. Tak lupa dalam kesempatan ini saya mengucapkan banyak terima kasih untuk dukungannya buat blog ini, buat semuanya saja, para sahabat-sahabat blogger saya, dan seluruh pengunjung setia blog ini. Hanya karena Anda saya bisa dan tetap eksis di blogosphere. Tak lupa kritik dan saran, masukan positf dari Anda selalu saya nantikan demi kemajuan blog ini.




Bookmark and Share

10 komentar:

  1. wah blogny sukses mas ya..
    tulisanny banyak d share d forum2...
    salut dah XD mantab..
    tulisanku baru sekali d share d kaskus, hehe...

    BalasHapus
  2. wah keren...banyak yang di publish di tempat lain. Saya baca dulu satu-satu deh

    BalasHapus
  3. Jempol lima deh buat mas Joko deh, yang satu pinjem mas joko ych :D, kalau punyaku yang paling populer tukeran link wkwkwkwkwkwkw, karena paling banyak komentarnya, tapi karena ternyata banyak syarat yang harus diperhatikan dalam pertukaran link makanya aku sembunyi'in, malah pernah aku tukeran link sama orang, udah aku pasang 1 bulan, eeee aku ingetin beberapa kali, ga ada respon, ya terpaksa dihapus, (kok jadi ngelantur komennya ya)...
    Hehee sukses ya mas, aku share ke FB ya artikel hari ini...

    l
    l
    v
    With Smile
    MisterXWebz

    BalasHapus
  4. Phuad:
    Terima kasih, Mas Fuad. Sukses juga buat blog catatanku net.

    bukan detikcom:
    Silahkan dibaca, Mas Gardino. Mudah-mudahan bermanfaat artikelnya.

    MisterXWebz:
    Jangan terlalu berlebihan gitu, Mas. Saya jadi malu. Terima kasih, Mas sudah membantu mempopulerkan blog ini.

    BalasHapus
  5. Negeri 5 Menara... aku ingin sekali membaca buku ini.. :D

    BalasHapus
  6. Wah.., sudah mencapai postingan ke 200 ya..? Semoga tetap semangat menulis ya.

    BalasHapus
  7. catatan kecilku:
    Saya sampai sekarang juga belum kesampaian untuk membaca buku itu, Mbak.

    the others:
    Jumlah posting saya tak seberapa kalau dibanding dua blog, Mbak Reni. Terima kasih, Mbak sudah mampir.

    BalasHapus
  8. Wah jadi kepingin spt mas Djoko, famous je.....

    BalasHapus
  9. Apa mas ya resepnya, bagi bagi dong ------ biar famous to famous spt mas djoko...-----

    BalasHapus
  10. Lintang:
    Famous itu panganan opo, to? He...He... Bisa aja minta resep ke saya. Maaf, kulo nembeh ajar ngeblog Mas Lintang.

    BalasHapus