Rabu, 28 Juli 2010

10 Kriteria Tulisan Layak Disebut Sebagai Artikel Pilar Blog

Artikel pilarBagaimanakah sebuah tulisan layak atau pantas disebut sebagai Artikel Pilar sebuah blog? Ciri-cirinya seperti apa sebuah tulisan pantas atau layak menyandang artikel pilar? Maaf, saya lebih suka menyebut artikel pilar untuk tulisan yang punya kualitas daripada menyebut artikel berkualitas. Mengapa? Kalau menyebut berkualitas berarti konotasinya tentu ada yang kurang berkualitas bahkan ada yang bilang tidak berkualitas. Padahal, sejelek apa pun sebuah tulisan, selama itu mengandung pesan dari penulisnya, tentu tak baik mengatakan artikel jelek apalagi tak berkualitas. Yang ada, mungkin hanya artikel yang sedikit kurang menarik saja.

Saya sudah mengumpulkan, setidaknya ada 10 Kriteria Tulisan Layak Disebut Sebagai Artikel Pilar Blog. Kesepuluh kriteria atau ciri-ciri tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Memberi nilai tambah bagi siapa pun yang membaca artikelnya.
  2. Artikelnya bisa mencerahkan atau menginspirasi banyak orang yang membacanya.
  3. Isi artikelnya idealnya tidak hanya dibutuhkan oleh sebagian orang atau komunitas tertentu saja tapi lebih universal dan sangat dibutuhkan dan dicari oleh banyak orang.
  4. Isi atau tema dari artikelnya sangat original, sedikit sekali atau bahkan belum pernah ada yang menulisnya.
  5. Artikelnya banyak dikutip, dibuat rujukan dan di-copas atau dipublish oleh orang lain.
  6. Artikelnya banyak disharing diam-diam oleh pengunjung tanpa Anda minta, ke banyak forum, milis dan social media seperti facebook dan twitter.
  7. Artikelnya tak mengenal masa expired atau tetap relevan sepanjang masa meskipun dibuat cukup lama.
  8. Mengundang datangnya banyak komentar langsung maupun tidak langsung (trackback) dari blogger lain.
  9. Artikel punya hits impression cukup tinggi atau mempunyai data statistik dengan request page paling tinggi melebihi artikel blog Anda pada umumnya.
  10. Halaman atau URL artikelnya berpagerank.

Itulah setidaknya menurut pengalaman saya ke-10 point kriteria tulisan yang layak menyandang sebagai artikel pilar blog. Semakin banyak kriteria itu Anda penuhi di artikel-artikel blog Anda maka akan semakin bagus.

Dan sedikit nyambung dengan artikel saya sebelumnya yang berjudul "6 Alasan Mengapa Anda Perlu Menunda Posting Blog", jika Anda termasuk part time blogger, yang artinya tak bisa ajeg atau rutin update blog setiap hari maka sepatutnya Anda harus bisa mengimbangi berkurangnya intensitas update posting blog Anda dengan menulis sebanyak-banyaknya artikel pilar tersebut di blog Anda agar blog Anda tetap eksis, stabil PR dan alexanya serta tetap punya trafik yang tinggi.

Demikian opini saya. Anda punya pendapat lain atau tambahan? Jika ada, saya persilahkan Anda menambahkannya di kolom komentar di bawah artikel ini, terima kasih.



Bookmark and Share

11 komentar:

  1. Terima kasih mas Joko sudah memberikan tips, dengan melihat kriteria2 tersebut di atas sebagai blogger ternyata jauh seperti yang saya bayangkan,, wew ... harus banyak belajar nih... dan terima kasih lewat artikel-artikel mas Joko banyak membantu saya memahami arti sebuah blog ...

    BalasHapus
  2. Pilar di sini maksudnya apa pak? Jika tidak ada tulisan ini maka blognya tidak berkualitas atau maksudnya adalah tulisan yang berkualitas?

    Saya pernah menulis tentang cheat game, iseng di situs. Ternyata populer sehingga hitnya bisa melebihi halaman tutorial photoshop. Banyak yang berkomentar, banyak yang copy paste, link back, diskusi. Artikel unik karena tidak ada satu pun situs lain yang membahas selengkap tulisan itu. Lewat artikel itu juga, rank alexa saya bisa naik.

    Tapi masalahnya, ini tidak sesuai dengan tema situs saya dan malah memberi kesan tidak professional. Akhirnya, saya hapus karena memang tidak saya butuhkan. Walaupun tulisan saya itu memenuhi sebagian kriteria di atas, itu bukan buat situs saya. Malah, menurut saya itu sebuah kesalahan. Profesionalisme dan kualitas blog tetap nomor satu.

    BalasHapus
  3. Hehe, Saya menangkap tulisan di atas sebagai Tips SEO yang sangat baik sekali...

    :)

    BalasHapus
  4. MisterXWebz:
    Saya juga termasuk blogger yang berusaha untuk menjadi blogger yang Mister bayangkan itu. Kita masih sama-sama belajar mencari arti sebuah blog, Mister.

    Jeprie:
    Yang saya maksud dengan artikel pilar di sini adalah lebih kepada artikel yang bisa menopang eksistensi atau kelangsungan hidup sebuah blog di dunia maya, Mas Jeprie. Kualitas hanya salah satu aspeknya saja.

    Kalau untuk kasus yang Mas Jeprie kemukakan, jika memang memenuhi banyak kriteria seperti dalam tulisan ini, saya rasa tulisan itu layak juga disebut artikel pilar. Hanya saja mungkin tidak cocok dengan genre blognya Mas Jeprie. Itu pendapat saya.

    ArdianZzZ:
    Boleh dibilang begitu, Mas Ardian. Ke-10 tips dan kriteria di atas adalah ciri-ciri dari blog yang sangat SEO friendly.

    BalasHapus
  5. Artikel juga harus bisa memberi solusi bagi pengunjung.Untuk no 3 memang idealnya begitu,tapi topik tiap blog/web berbeda mas...trims sharingnya Mas

    BalasHapus
  6. trafficsakti:
    Saat ada pengunjung datang dari search engine dengan mengetikkan kata kunci tertentu dan kebetulan kata kunci itu relevan dengan artikel kita, sebenarnya kita sudah memberi solusi informasi itu buat pengunjung.

    Untuk poin 3 saya bilang memang "idealnya" bukan seharusnya. Dan prakteknya, tentu tak mudah, salah satu alasannya seperti kata Anda terbentur oleh pembatasan topik sebuah blog.

    BalasHapus
  7. Mungkin perlu ditambahkan juga bahwa artikel harus sesuai dengan tema situs. Kalau di luar topik walaupun mungkin mengangkar hit dan PR atau alexa akan memberi kesan tidak professional. Kecuali jika memang blognya campur dan tidak punya tema khusus.

    BalasHapus
  8. Setelah menyimpulkan artikel ini saya juga menyadari dan belum bisa sepenuhnya menulis sesuai dengan niche blog saya. terima kasih mas Joko sudah sharing...

    BalasHapus
  9. Jeprie:
    Kalau sudut pandangnya tuntutan profesionalisme buat situs-situs tertentu yang memang konsistensi tema dan kualitas artikel sangat dijaga ketat, saya sependapat, Mas Jeprie. Artikel seperti itu hanya akan menurunkan kredibilatas blog saja.

    Agus:
    Konsisten hanya menulis sesuai niche tertentu memang tak mudah, Mas Agus. Makanya saya lebih memilih tema umum saja di blog saya ini. Blog dengan tema gado-gado.

    BalasHapus
  10. artikel yg menarik mas, jd tau tentang kriteria sebuah artikel pilar.. :)

    BalasHapus
  11. artikel juga harus memberikan manfaat untuk pembaca. terutama blog tutorial

    BalasHapus