Senin, 12 Juli 2010

11 Tips Membuat Judul Artikel Agar Menarik

Tips MenulisSalah satu unsur yang paling penting dalam menulis sebuah artikel kalau menurut pendapat saya, selain isinya yang menarik, yang tidak boleh Anda abaikan adalah pemilihan judulnya. Sebuah judul kalau menurut pengalaman saya menulis atau membuat artikel di blog menempati peran paling penting. Karena sebuah artikel sebelum diputuskan untuk diklik atau dibaca oleh pengunjung biasanya karena diawali oleh ketertarikan mereka karena melihat judulnya yang menarik.

Kalau Anda jeli, coba Anda cermati dan lihat judul-judul artikel di media cetak, blog, maupun media online. Anda bisa lihat judulnya pasti akan memenuhi salah satu unsur atau lebih kriteria yang akan saya utarakan kepada Anda dibawah ini.

Oke, tanpa berpanjang lebar lagi, berikut adalah ke-11 Tips Membuat Judul Artikel Agar Menarik yang merupakan point penting yang harus Anda perhatikan dalam membuat judul sebuah artikel blog agar artikel Anda bisa menarik minat atau dibaca oleh pengunjung:

  1. Buatlah judul yang kontroversial. Judul yang kontroversial sangat memancing rasa keingintahuan pembaca sehingga pemilihan judul ini efeknya sama persis seperti penawaran marketing yang tidak bisa ditolak. Contoh: 10 Alasan Mengapa Saya Tidak Suka BlackBerry.
  2. Buatlah judul yang mengandung kata kunci “Gratis” atau “Rahasia”. Sama seperti point nomor satu sebuah kalimat yang mengandung kedua kata kunci ini membuat pembaca sulit untuk menolaknya. Karena pada dasarnya semua orang suka dan sangat tertarik kalau diberi sesuatu yang gratis dan rahasia. Contoh: Voucher Gratis Dari Google, Mau?
  3. Buatlah judul yang berisi dua pernyataan yang saling bertolak-belakang. Tidak ada hal yang lebih menarik dan bisa memancing rasa keingintahuan pembaca terlebih itu sebuah sodoran tentang fakta dari dua hal yang saling bertolak belakang. Contoh: Inilah 4 Kabar Gembira Dibalik Kenaikan TDL 2010 Atau Bahasa Ibu, Anak Tiri Yang Kini Benar-Benar Dianaktirikan.
  4. Buatlah judul yang berisi persamaan dari dua atau lebih hal yang jauh berbeda. Sebuah persamaan dari dua hal yang jauh berbeda juga tak kalah bisa juga memancing rasa penasaran pembaca untuk ingin tahu lebih lanjut. Contoh: Benarkah, Personal Branding Seperti Lomba Burung? atau Antara Memborong Media, Pangeran Sidharta Gautama dan Film Indonesia.
  5. Buatlah judul yang mengandung point angka di depannya. Pemberian point angka 1, 2, 3 dst di depan judul akan memberikan efek penting, klimak dan lebih menarik yang bisa memancing rasa ingin tahu pembaca daripada point berupa bullet atau tanpa menyebutkan jumlahnya. Contoh: 8 Tips Memilih Notebook.
  6. Buatlah judul yang berupa seperti dialog percakapan. Sebuah tulisan adalah manivesto dari kata atau dialog penulis kepada pembacanya. Dengan menulis berupa dialog memberi kesan dekat, lebih akrab dan menyapa kepada pembaca sehingga pembaca pun akan tertarik untuk membaca artikel Anda. Contoh: Gila, Sejak Kapan di PLN Ada Tawar Menawar?
  7. Buatlah judul yang berisi sebuah pertanyaan retoris. Kalimat retoris adalah pertanyaan yang tak butuh jawaban karena semua orang sebenarnya sudah pada tahu jawabannya. Sebuah pertanyaan retoris secara psikologis seperti berusaha ingin meyakinkan sesuatu kepada pembaca. Dan pembaca biasanya cukup tergelitik dengan pertanyaan retoris seperti ini. Contoh: Benarkah Ide Listrik Gratis Itu Gila dan Tak Rasional?
  8. Buatlah judul yang ada kata atau kalimat pernyataan dari seorang tokoh. Jika ada seorang tokoh disebut-sebut maka itu akan memberikan magnet yang cukup kuat ke pembaca untuk ingin tahu lebih lanjut. Contoh: Alasan Goenawan Mohamad Mengembalikan Bakrie Award Membuat Saya Jadi Sedih.
  9. Buatlah judul yang berisi pernyataan tak setuju kepada seorang tokoh penting. Sama seperti point nomor 8, apalagi ini sebuah pernyataan yang tak setuju dengan seorang tokoh penting, tentu ini akan sangat memancing keingintahuan pembaca. Contoh: Maaf, Pak SBY, Mimpi Anda Terlalu Dini!
  10. Buatlah judul yang mengandung kata kunci yang lagi “in” atau banyak dicari orang saat ini. Kata kunci yang banyak dicari pembaca disamping sangat berperan dalam ilmu SEO, juga sangat menarik bagi pembaca yang lagi hunting mencari berita atau artikelnya. Contoh: Bahkan Kurupsi Itu Sudah Dimulai Dari Recehan.
  11. Buatlah judul yang berisi kalimat yang memuat sesuatu yang mengejutkan. Sesuatu yang mengejutkan bisa bikin kaget pembaca sehingga sangat memancing rasa keingintahuan pembaca untuk ingin tahu lebih jauh. Contoh: Astaga, Uang Saya Raib Dari Rekening BCA.


Itulah ke-11 tips yang patut Anda perhatikan dalam membuat judul sebuah artikel agar tulisan Anda menjadi menarik. Dan sebuah judul akan semakin menarik bila dalam satu judul tersebut mengandung lebih dari satu point tips diatas. Semakin banyak memenuhi kriteria tipsnya maka akan semakin baik.

Demikian posting saya kali ini. Selamat membuat judul artikel yang menarik. Semoga tulisan ini bermanfaat. Jika ada yang terlewat atau Anda punya tips yang lebih menarik lagi, saya persilahkan Anda menambahkannya di kolom komentar, terima kasih.



Bookmark and Share

11 komentar:

  1. wah mas joko memberikan tips lagi :D
    trnyta ada 11 tips ya..
    kalo ak cuma pas milih judul yg sekiranya d pakai buat keyword google mas,,
    biar bisa nampang d google..
    hahhaa...

    BalasHapus
  2. Phuad:
    Betul, Mas Fuad sama seperti tips saya yang No. 10 sebuah artikel yang judulnya ada keywordnya sangat diperhitungkan oleh Google.

    BalasHapus
  3. Tips yang bagus sekali. Saya juga memperhatikan tutorial-tutorial Photoshop pasti judulnya mulai dengan "How to Create a ..."
    Ternyata memang tujuannya untuk mempermudah pembaca memahami isi artikel hanya dari judulnya saja.
    Masalah keyword google saya pikir tidak perlu terlalu dipikirkan. Algoritma Google akan selalu meniru algoritma berpikir manusia, jadi menulis saja buat manusia dan pasti google juga ikut paham.

    BalasHapus
  4. Jeprie:
    Masalah keyword Google hanya salah satu diantara banyak pilihannya, Mas Jeprie. Yang paling penting adalah menarik pengunjung yang sebenarnya, manusia. Syukur-syukur bisa untuk kedua-duanya.

    BalasHapus
  5. Artikel yang bagus :)
    Beberapa sudah mulai saya terapkan di tulisan-tulisan saya.
    Buat saya, keyword google pun jadi pertimbangan juga selain keunikan judulnya itu sendiri.

    BalasHapus
  6. Adhie//DesainQu:
    Betul, kekuatan judul yang unik selalu memancing keingintahuan pembaca, Mas Adhie. Dan saya sudah membuktikannya sendiri di blog ini.

    BalasHapus
  7. setuju, kemungkinan judul yang menarik tentunyya akan banyak diminati..

    BalasHapus
  8. Thanks gan atas artikelnya. Kebetulan lagi belajar menulis artikel

    BalasHapus
  9. Baru nemukan tips yang bagus di sini gan.. trims bagi2 ilmunya, salam kenal.

    BalasHapus
  10. membuat sebuah artikel memang bisa di katana sangat sulit bangi blogger newbie, seperti yang saya masukkan pada blog saya, pada awalnya banyak banget artikel yang menulis ulang dari blog-blog orang, tapi ternyata ketika saya baca malah jadi tidak saya banget dari tata bahasanya, akhirnya banyak yang saya hapus dan sedikit-demi sedikit mulai belajar menulis dengan gaya bahasa saya sendiiri dengan mengambil tema-tema yang baru di bicarakan banyak orang...

    BalasHapus
  11. saya baru belajar, sangat membantu sekali

    BalasHapus